≡ Menu

Belajar fotografi pakai kamera DSLR pemula atau langsung yang canggih?

Sering saya mendapatkan pertanyaan apakah sebaiknya pemula dalam hobi fotografi sebaiknya membeli kamera DSLR pemula atau yang canggih sekalian? Saya pribadi menyarankan membeli kamera untuk pemula terlebih dahulu meskipun kita memiliki dana yang cukup untuk kamera yang lebih canggih.

Alasan dari calon pembeli yang ingin membeli kamera yang canggih biasanya karena tidak mau ganti-ganti kamera di masa depan, tapi teknologi kamera terus berkembang, upgrade kamera di masa depan tidak terelakkan, namun, bagaimana kita bisa tahu bahwa kamera canggih sasaran kita akan memenuhi kebutuhan fotografi kita?

Biasanya, calon pembeli peduli dengan kualitas gambar yang dihasilkan. Kamera canggih dianggap dapat membuat foto dengan kualitas yang lebih bagus. Sebenarnya, jika dikaji dari kualitas gambar, perbedaan antara kamera DSLR pemula dengan kamera canggih yang memiliki ukuran sensor gambar yang sama tidak berbeda atau tidak jauh bedanya. Kamera DSLR Canon 550D, 600D, 60D sampai 7D kualitas gambarnya kurang lebih sama. Dalam hal ini, teknik fotografi dan kualitas lensa lebih menentukan kualitas gambar.

KELEBIHAN – KEKURANGAN KAMERA DSLR PEMULA

Kamera pemula memiliki antarmuka desain yang lebih sederhana dan ilustratif. Misalnya di Nikon D3200 atau D5200, kita bisa melihat ilustrasi bukaan lensa saat mengganti nilai bukaannya (f). Angka-angkanya juga lebih komplit, misalnya shutter speed ditulis 1/100 detik dan angka bukaan lensa  f/8. Di kamera canggih, nilai shutter speed disingkat menjadi 100 dan bukaan lensa menjadi 8.0

Ada panduan dan peringatan juga. Misalnya di kamera DSLR pemula Canon, setiap mengganti mode kamera atau fungsi kamera, akan muncul sedikit ulasan tentang mode dan fungsi kamera tersebut. Di kamera DSLR Nikon pemula, ada peringatan jika setting yang kita tetapkan akan menyebabkan subjek foto terlalu gelap atau terlalu terang.

Tentunya, DSLR pemula juga memiliki lebih banyak fungsi AUTO-nya yang akan mencoba menyesuaikan setting kamera terbaik dengan subjek foto/pemandangan. Keuntungan lain dari kamera pemula adalah biasanya ukurannya relatif  ringan dan ringkas.

Antarmuka Nikon D5200 yang ilustratif. Gambar bukaan/diafragma akan membesar dan mengecil sesuai dengan nilai F yang disetting.

Antarmuka Nikon D5200 yang ilustratif. Gambar bukaan/diafragma akan membesar dan mengecil sesuai dengan nilai F yang disetting.

KELEBIHAN – KEKURANGAN KAMERA DSLR CANGGIH

Sebenarnya, langsung membeli kamera digital yang canggih juga dapat mengantarkan kita ke tujuan kita. Keuntungan dari langsung membeli kamera digital canggih adalah memiliki badan kamera yang lebih kokoh. Biasanya dibuat oleh bahan plastik yang lebih keras atau logam magnesium alloy. Ada LCD tambahan membantu untuk melihat setting-setting kamera dengan cepat dikondisi apa saja, gelap ataupun terang. Kamera canggih juga biasanya memiliki kinerja lebih cepat, dan daya tampung buffer foto berturut-turut yang lebih lapang. Baterai yang digunakan juga lebih besar sehingga dapat memotret lebih lama sebelum mengganti baterai/cas.

Kekurangannya, kamera canggih lebih sulit dipelajari karena lebih sedikit panduan di kamera, penulisan setting biasanya disingkat-singkat dan dilambangkan dengan simbol-simbol saja, sehingga pemula perlu lebih banyak mengingat/menghapal. Tombol-tombol dan menu item yang banyak juga dapat membuat pusing.

Bagi yang hanya ingin mengunakan kamera tanpa mempelajari dasar fotografi, tentunya tidak tepat membeli kamera yang sangat canggih, karena fungsi otomatisnya tidak banyak atau malahan tidak ada sama sekali. Contohnya Nikon D700 dan D800 tidak memiliki mode Full Auto / Scene Mode. Di lain pihak, kamera Canon 5D mark III tidak memiliki lampu kilat terpasang, yang kadang-kadang praktis digunakan untuk memotret subjek dalam posisi backlight.

Cari fungsi Auto di kamera DSLR canggih Nikon D800? Sayang sekali, gak ada tuh, yang ada tombol2 fungsi lainnya.

Cari fungsi Auto di kamera DSLR canggih Nikon D800? Sayang sekali, gak ada tuh, yang ada tombol2 fungsi lainnya.

REKOMENDASI

Kamera digital saat sekarang perbaharuannya juga cepat, setiap kali produsen kamera membuat kamera baru yang lebih canggih, kamera lama turun harga, dalam setahun, kurang lebih penyusutan harga kamera bekas sebesar 20% pertahun. Dengan mengunakan kamera DSLR pemula terlebih dahulu, kita dapat menghemat. Saat kita sudah menguasai fotografi dan siap untuk upgrade, kita bisa membeli kamera yang lebih tepat sesuai yang kita butuhkan. Tidak semua orang membutuhkan kamera canggih, dan orang yang membutuhkannya, memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Secara alami, kita akan mengetahui kamera canggih yang kita perlukan dari pengalaman yang didapatkan saat mengunakan kamera pemula.

Maka itu, saya sarankan bagi yang baru ingin belajar untuk mengunakan kamera pemula terlebih dahulu, setelah menguasai semua tombol, fungsi, menu kamera dan mempelajari teknik fotografi yang baik baru upgrade ke kamera yang lebih canggih. Dengan demikian perjalanan belajar fotografi kita lebih mulus jalannya. Bagi yang sudah terlanjur memiliki kamera DSLR canggih, jalan memang lebih terjal, tapi jangan menyerah meskipun perlu lebih  semangat lagi untuk belajar.

Jangan lewatkan jadwal belajar fotografi, editing dan tour infofotografi.

ISO 80, f/2.8, 1/190 detik, Ricoh GRD IV , editing monochrome sepia via Adobe Lightroom

Jalan berbatu-batu dan terjal, tapi masih bisa ditempuh, semangat! – ISO 80, f/2.8, 1/190 detik, Ricoh GRD IV , editing monochrome sepia via Adobe Lightroom

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 235 comments… add one }
  • eforis martinus October 5, 2017, 8:22 am

    mat pagi om, sy punya camera nikon d5200, dan sedikit punya masalah dan sy bingung, sy senang sekali jika ambil foto dengan manual, dan masalahnya mode exposure kamera selalu auto, dulunya jika sy putar mode pilihan selalu sesuai dengan yang sy putar, nah sekarang tampilannya tetap auto. mohon sulusinya..

    • Erwin Mulyadi October 5, 2017, 2:08 pm

      ISO auto-nya aktif mungkin? Coba cek di Shooting Menu>ISO sensitivity setting>Auto ISO set ke OFF

  • alexander April 25, 2017, 9:36 am

    om…lensa apa yg cocok buat efek bacground blur ya om…saya menggunakan kamera nikon d5300 mohon saran nya om

    • Enche Tjin April 28, 2017, 9:05 am

      Ada beberapa pilihan, yang tidak terlalu mahal, lensa Nikon AF-S 50mm f/1.8G

  • jones tarigan August 23, 2016, 1:56 am

    ko,,,,, saya punya kamera nikon d5200, adakah buku panduan cara penggunaannya?

    • Enche Tjin August 23, 2016, 8:01 am

      Untuk D5200 kami tidak punya.

  • toni August 2, 2016, 1:57 pm

    Koh, sy pny gear nikon d3300, kok d mode manual ga bisa ubah aperture ya? Atau memang spt itu?

    • Enche Tjin August 2, 2016, 11:01 pm

      Bisa, tahan tombol exposure compensation yang simbolnya seperti plus minus, lalu putar roda belakang.

  • Usman June 28, 2016, 7:09 am

    Koh, sekarang sy pakai nikon d3300 udah setahun. Sy mau upgrade body, kira2 seri berapa yg cocok ?. Budget 15jt dan sy penghobbi. …

    • Enche Tjin June 28, 2016, 8:09 am

      Diatasnya ada Nikon D5500, sisanya bisa buat lensa. Atau kalau mau maksimalin budget ada D7200.

      • Usman July 5, 2016, 12:44 am

        Ohh iyah bang, semisalnya sy up ke d5500 lensa apa yang wajib untuk street photography dan potrait ? Sekarang punya lensa 50mm f1.8g dan 55-300mm f/4.5. Mohon saran yang mantap.

  • rizal March 10, 2016, 10:15 pm

    Bang,, Sy punya Nikon DSLR bru mau blajar fotografi.. Sy punya Nikon D3200,, rncananya mau beli lensa, bagusnya lensa yg bgimana bang kisaran hrgax brpa.. mhon ptunjuknya

  • rama February 22, 2016, 10:08 pm

    ko, mending pilih canon 600d atau nikon d3300 untuk pemula?

    • Enche Tjin February 22, 2016, 11:34 pm

      Saya rekomendasikan D3300 untuk fitur yang lebih baru dan kualitas gambar yang lebih baik.

  • rusmayanti dewi January 24, 2016, 9:45 am

    Om mau tanya kalo untuk nikon d3200 spya bisa ngambil gambar d outdoor dengan jelas gmna ya ? Kalo fto d outdoor selalu blur trus :-/

  • ayunda January 13, 2016, 5:13 am

    om mau Tanya..gmn cara pengaturan pada camera Nikon d3200 agar background sempurna dan gambar terlihat jelas

  • ayunda January 13, 2016, 5:11 am

    om mau Tanya…gimana cara pengaturan pada camera Nikon 3200d agar bias background blur dan gambar lebih jelas/tajam

  • vijes November 27, 2015, 8:30 am

    gimana ngatur gambar nya om biar bagus..saya belum terlalu paham

  • Beza November 24, 2015, 10:38 pm

    Om saya mau tanya, saya pakek kamera Nikon D5200, kalau untuk foto acara pernikahan yang bagus pakek lensa apa ya om…mohon pencerahannya…trims…

    • Enche Tjin November 25, 2015, 12:34 am

      Banyak juga sih, tergantung budget juga, kalau memenuhi saran saya Sigma 17-70mm f/2.8-4 C atau 17-50mm f/2.8 OS HSM.

  • ajip prayoga November 17, 2015, 2:41 pm

    Om saya punya dslr 1200d gimana caranya kpengen bisa bokeh pake lensa kit !

    • Enche Tjin November 18, 2015, 9:20 am

      Sulit, karena lensa kit bukaannya tidak besar, tapi boleh coba juga, petunjuknya di artikel ini.

  • Galih W November 13, 2015, 11:12 am

    Salam sukses om enche,
    Saya pengguna D3000 tapi sudah hilang entah diambil siapa, hehehe
    sampai sekarang masih dalam tahap pembelajaran karena kepingin buka usaha wedding photography karena ibu saya penata rias pengantin & saya juga membatu untuk dekorasi tempat.

    Untuk kamera baru yg sesuai untuk wedding, mana yang lebih cocok antara D5200 kit baru atau 700D/650D second? budget saya cuma cukup untuk itu.

    Jadi harapan saya, bila saya segera memulai bisnis, maka dapat segera menabung lagi untuk beli yg fullframe (jadi punya 2 untuk jaga2)
    Mohon saran ya om enche…trims

  • Dwiki Bayu October 11, 2015, 5:51 am

    Om enche mau tanya kamera nikon D5200/5300 itu masuk kamera pemula atau bukan?

    • Enche Tjin October 12, 2015, 7:59 am

      Iya, benar, keduanya termasuk pemula. Nikon D7xxx baru semi-pro

      • setyo November 3, 2015, 7:37 am

        Mau nanya om, untuk keawetan pemakain, dan pengambilan gambar awet mna ya om nikon mirror dgn nikon mirrorles, kalo saya denger kmaren nanya d toko kamera untuk dslr setiap kali 10 000 jepretan dia ganti sensor apa bnar om itu, tolong minta d jelaskan, terimakasih

  • adellia September 11, 2015, 10:29 pm

    Om mau tanya nih sy kan pemula , gmna cara ganti efek di kamera 1100D

    • Enche Tjin September 14, 2015, 9:58 am

      Coba cek di menu kamera “creative filter”

  • Ali Akbar May 10, 2015, 4:39 am

    makasih banyak om, terang bgt infonya hehe

  • Ali Akbar May 9, 2015, 6:51 am

    Makasih bgt om hehe, oiya om lensa yg bagus buat mountain apa om? yg menurut om bisa buat colornya menarik

  • Ali Akbar May 8, 2015, 7:22 am

    Makasih atas sarannya om, oiyaa om itu 1dx klo mau beli didaerah mana ya om? dan nama tokonya apa?

    • Enche Tjin May 8, 2015, 9:44 am

      Saya bisa bantu melalui toko ranafotovideo.com atau hub saja 0858 1318 3069. Bisa kirim ke alamat juga. Daerah Jakarta Pusat.

  • Ali Akbar May 8, 2015, 12:14 am

    satuu lagi om, canon 1d x udh sampe ke Indo ape blom om? klo udh harganya berapa dan lensa yg cocok buat si dia apa om? thnks

  • Ali Akbar May 8, 2015, 12:06 am

    Om mau nanyak nih, kan dirumah ada 60d sma 600d nah yg 60d itu udh berdebu dan mau ganti yg lebih canggih nah minta saran dong om lebih baik canon d x 1 yg bisa nyepret 61/detik ato yg 6d seri III yg bisa nyepret 41/detik

    • Enche Tjin May 8, 2015, 3:16 am

      Kalau mementingkan kecepatan dan kekokohan ya Canon 1DX, kalau ingin yang agak ringkas/ringan Canon 5D mk III.

    • liza July 8, 2015, 6:49 am

      600d jual.ke aku aza,

  • Putri Wilujeng May 6, 2015, 7:56 am

    Ko, saya siswi SMA di Malang. Saya baru belajar fotografi. Malang kotanya banyak daerah bukit/hutan. Nah, kira-kira kamera yang cocok bagi pemula spt saya yang tujuannya belajar landscape apa ya? Kalo canon apa kalo nikon apa? Makasih..

    • Enche Tjin May 8, 2015, 3:38 am

      Sebenarnya gak ada kamera merek tertentu yang bagus untuk jenis fotografi tertentu. Jadi lebih tergantung dari prioritas fitur2nya dan budget saja.

  • ayyu April 24, 2015, 7:35 pm

    om kalo mau nambah efek di dslr nikon D3200

    • Enche Tjin April 25, 2015, 1:41 am

      Setau saya gak bisa

  • afifah April 19, 2015, 7:37 pm

    Ko knapa d3200 hasilnya kurang tajam, tlng solusi setingan iso dan apa lgi yg perlu d stel
    Alnya di stel 1/80 f80 iso 800 tu gak tajam hasil

    • Enche Tjin April 21, 2015, 2:32 am

      ISOnya kalau bisa jangan terlalu tinggi, usahakan ISO 100, bukaan f/5.6

  • history April 9, 2015, 10:52 pm

    untuk pemula .. canon 1200d cocok ngga ?? .. minta artikel pembelajarannya dong om

  • ASHARUDIN April 8, 2015, 10:41 am

    om, kalo mau mempelajari fitur camera canon 1100D gimana ?
    fitur nya bikin pusing:D

Leave a Comment