≡ Menu

Review tas kamera Kata Bag ReportIt Pro Light (PL) 10

Tas Kata ReportIT PL (Pro Light) 10 dirancang dengan mempertimbangkan fungsionalitas dan kepraktisannya daripada keindahan desainnya. Tas kamera ini berbentuk kotak yang terlihat sederhana, bahannya ringan tapi protektif. Kapasitas tas kamera ini cukup besar, yaitu dapat memuat kamera DSLR dengan lensa telefoto zoom 70-200mm f/2.8 terpasang dengan lens hood terbalik dan dua lensa tambahan atau flash. Tablet ukuran 10 inci atau ultrabook juga bisa masuk dan memiliki kompartemen sendiri.

Ilustrasi peralatan yang bisa dipasang di dalam tas

Ilustrasi peralatan yang bisa dipasang di dalam tas

Ada dua cara untuk mengakses kamera dan lensa di dalam tas, yaitu dengan membuka ritsleting dibagian atas tas atau membuka buckle tas. Adanya akses langsung ke tas sangat memudahkan untuk menukar lensa atau mengambil aksesoris.

Salah satu fitur favorit saya adalah toblerone, yang melindungi saat kamera jatuh dan saat ditaruh di tempat yang kotor atau berair. Toblerone memungkinkan tas berdiri tegak saat ditaruh di meja, atau lantai. Ada juga spine guard yang melindungi bagian depan tas dari benturan.

Busa (padding) yang melindungi isi tas berwarna kuning khas KATA, memudahkan kita untuk mencari peralatan di dalam tas dalam kondisi cahaya yang kurang baik. Keseluruhan padding bisa dilepas dari kamera membuat kameranya lebih ringan dan bisa digunakan untuk menyimpan hal-hal lain selain kamera.

Saat ke Ciwidey, Jawa Barat beberapa waktu lalu, saya memuat Kamera DSLR dengan lensa 70-200mm, 16-35mm, kamera mirrorless Nikon J3 dengan dua lensa. Dengan muatan sepenuh itu, tas memang terasa agak berat. Tapi setelah jalan sekitar 2-3 jam, bahu saya tidak sakit, mungkin karena gecko strap-nya yang menyesuaikan bentuk sesuai dengan bahu saya dan meredam sebagian berat tas.

gecko-strap

Gecko Strap, mencegah sakit bahu

Tas kamera ini dirancang dengan pemikiran matang oleh desainernya. Bagi saya tas kamera selempang ini hampir sempurna. Cocok untuk reporter, travel photographer yang menyukai akses cepat untuk meraih yang dibutuhkan. Kekurangan utama yang saya rasakan cuma satu, yaitu tidak ada tempat khusus untuk botol air. Hal ini dikarenakan bagian sisi tas ini untuk memperkuat tali tas supaya tidak jatuh karena beban berat yang diisi.

Ilustrasi dua cara mengakses tas

Ilustrasi dua cara mengakses tas

Plus minus

+ Ringan tapi perlindungannya tinggi
+ Fleksibel, padding bisa dilepas
+ Raincover dua sisi untuk hujan dan panas
+ Gecko strap anti-slip yang menyesuaikan bentuk bahu
+ Mudah mengakses isi tas
+ Warna dalam tas kuning
+ Ada ruang untuk tablet atau netbook
+ Bisa diselipkan ke trolley koper dengan mudah
– Desain kotak terlihat agak kaku
– Tidak ada tempat untuk botol air

Spesifikasi tas KATA Report 10 PL
Dimensi luar: Tinggi: 30cm, Lebar: 30cm, Tebal: 19cm
Dimensi dalam: Tinggi: 26cm, Lebar: 26cm, Tebal: 12cm
Berat: 0.76-0.98 kg

Sekilas tentang KATA
KATA bag adalah merek tas kamera yang terkenal atas kualitasnya bahan tas yg bermutu dan tahan banting. Sebelumnya, KATA bag berpengalaman dalam membuat tas untuk kebutuhan militer. Saat ini, KATA memiliki koleksi produk tas yang cukup lengkap dari yang berukuran kecil sampai koper hardcase untuk fotografer profesional.

Untuk memesan tas KATA ini, bisa langsung lewat toko online Ranafotovideo atau hubungi 0858 1318 3069

Menunggu waktu untuk check-in di Coffee Bean

Menunggu waktu untuk check-in di Coffee Bean

Menjelang naik pesawat menuju KL dari Siem Reap, Kamboja

Menjelang naik pesawat menuju KL dari Siem Reap, Kamboja

kata-report-it-pl10

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 13 comments… add one }
  • ibra February 24, 2016, 2:31 pm

    Pak enche,

    lbh detail dong mengenai tripod,
    saya berpergian dgn tripod yg lmyan besar. ukuran standard vanguard yg durable. bukan carbon bukan jg travel tripod. bagaimana mensiasatinya? trmksh.

  • rudi juniantoro March 30, 2015, 8:18 am

    Om, Kata PL 10 dgn isi 70-200 terpasang, 17-55, macro 100, charger, filter, masih cukup ya…?

    • Enche Tjin March 30, 2015, 9:10 am

      Cukup, pas-pasan. Kalau mau lebih lega, ada tas Report PL20

  • ridwan March 28, 2014, 12:47 am

    keren tas nya , jadi pengen nich

  • Irwan November 19, 2013, 10:38 pm

    Mau tanya om, kl tas Kata ReportIt Pro Light (PL)10 dibandingkan dengan Lowepro Stealth Reporter 550AW…, Mana yg lebih nyaman di bahu kalau dipakai lama. Di kisaran harga yg sama Lowepro Stealth Reporter 550 AW sepertinya lebih banyak fitur & muatnya nih.
    Saya lihat2 beberapa review katanya keamanan & proteksi Kata Reportit pada bagian atas tas kurang terlindungi, ya ?
    Apakah tas Kata ReportIt PL10 masih ada space utk menyimpan charger baterai, ketika sudah terisi penuh dengan bodi kamera,lensa & flash ?
    Terima kasih

    • Enche Tjin November 20, 2013, 6:30 pm

      @Irwan saya gak pernah pakai Lowepro Reporter 550AW jadi gak bisa berkomentar tentang kenyamanan paddingnya. Tapi yang KATA ini pengalaman saya sangat bagus karena gecko strapnya menyesuaikan bentuk bahu kita. Kalau soal proteksi, bagian atas KATA memang tidak ada busa/paddingnya, tujuannya supaya bisa cepat waktu buka ritsletingnya dan langsung akses ke dalam tas kamera. Menurut saya sih gak masalah, yang penting sisi tas dan bawah.

      Soal ruang untuk charger, tergantung dari lensa yang dibawa seberapa banyak dan besar. Kalau 1 lensa besar, 1 lensa sedang, 1 lensa kecil/flash dan charger muat. Kalau kurang besar juga ada versi PL-20 dan 30. Kalau bagi saya KATA PL 10 cukup dan cukup fleksibel dalam memuat kebutuhan saya saat traveling.

  • roffe November 6, 2013, 6:36 pm

    om gmna caranya mengatasi foto pemandangan & potrait..warna langit tampak biru tidak putih..tanpa filter CPL..?

  • Chris November 4, 2013, 3:35 pm

    Berapa ya harga tasnya ko Enche Tjin ? Mohon infonya.

    • Enche Tjin November 4, 2013, 3:47 pm

      @Chris harga tasnya 1.47 jt, lengkapnya bisa dicek di sini.

Leave a Comment