≡ Menu

Kamera DSLR terbaik 2013

Dalam kategori kamera DSLR terbaik tahun ini, saya membagi kategori kamera menjadi dua kelas berdasarkan ukuran sensor gambarnya (full frame dan APS-C/crop sensor).

Persaingan di kamera DSLR full frame agak melempem tahun ini karena di tahun lalu, sudah banyak kamera full frame yang diluncurkan baik dari Canon maupun Nikon. Di tahun ini hanya ada dua yaitu Nikon Df dan Nikon D610.

Nikon Df (tinjauan-opini) terkenal karena desainnya yang menyerupai kamera film dengan sensor kamera flagship Nikon yaitu Nikon D4 yang piawai untuk memotret di tempat yang sangat gelap. Nikon Df  dibuat khusus dan dijual dengan harga premium (lebih tinggi dari spesifikasinya), mengambil fitur dari berbagai kamera dan menambahkan tuas dan roda dial retro. Kualitas badan kamera sebagian dari logam tipis dan sebagian dari plastik berkualitas tinggi. Harganya hampir $1000 lebih mahal dari Nikon D610. Nikon Df tidak bisa merekam video.

Dilain pihak, Nikon D610 mirip sekali dengan Nikon D600 (review) yang diluncurkan tahun lalu tapi dengan beberapa peningkatan dan perbaikan. Secara umum, Nikon D610 memiliki kualitas foto yang lebih baik dan fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan Nikon Df, harganya juga lebih terjangkau.

Nikon Df (kiri), Nikon D610 kanan

Nikon Df (kiri), Nikon D610 kanan. Ukurannya hampir sama tapi desain dan harganya beda

Di kamera APS-C lebih ramai, yaitu Nikon D7100, Canon 70D, Nikon D5300 dan Pentax K3. Di kategori ini, Pentax K3 unggul. Kamera flagship Pentax ini paling unggul dari fitur dan kualitasnya dibandingkan kamera-kamera DSLR lainnya. Ulasan Pentax K3 bisa dibaca disini.

Pentax K3 unggul dari kamera lain dari kecepatan (8.3 foto berturut-turut), ketahanan badan (magnesium alloy anti cuaca buruk, suhu ekstrim), ukurannya lebih ringkas, dan hasil foto tajam (tanpa filter AA), punya peredam getar (shake reduction) di badan kamera, dan harganya masuk akal ($1075 body only, $1400 dengan lensa 18-135mm WR). Salah satu inovasi menarik dari Pentax adalah efek filter AA bisa dihidupkan untuk mengurangi efek moire yang muncul saat memotret tekstur/pola yang rapat dan untuk merekam video.

Pentax K-3 spesial warna perak

Pentax K-3 spesial warna perak

Anti beku

Anti beku

Bagi yang telah memiliki koleksi lensa Nikon, Nikon D7100 mungkin lebih tepat, kamera ini memiliki sensor gambar 24MP tanpa filter AA yang mampu menghasilkan foto yang sangat detail dan tajam (dengan lensa berkualitas tentunya). Fitur yang tadinya dimiliki kamera DSLR kelas atas Nikon seperti 51 titik autofokus juga dipasang dan ukuran layar LCDnya sedikit lebih besar dari kamera penerusnya, Nikon D7000.

Bagaimana dengan Canon? Jagoan Canon satu-satunya tahun ini adalah Canon 70D memiliki inovasi baru yaitu hybrid sensor yang membuat autofokus lebih cepat saat mengunakan layar LCD belakang saat memotret. Sangat membantu saat merekam video subjek yang bergerak, tapi kualitas gambarnya tidak ada perubahan signifikan dibandingkan dengan kamera keluaran 4-5 tahun yang lalu.

Similar Posts:

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+

{ 5 comments… add one }

  • vinetta Desember 27, 2013, 4:22 pm

    Pentax K3 unggul di body & kecepatan.
    Nikon d7100 unggul di image quality.
    Canon 70d cm unggul di video.

  • Adhil syahalam Februari 6, 2014, 6:27 pm

    Koo bagusan D7100 apa canon 60D ?

    • Enche Tjin Februari 6, 2014, 6:42 pm

      @Adhil Nikon D7100

  • Adhil syahalam Februari 7, 2014, 9:05 pm

    Makasi info nya ko, thnk’s.

  • Emhasila Februari 17, 2014, 8:38 pm

    Sedih deh kamera favorit saya Fujifilm XE2 gak kepilih. Hehe….
    Oya, teman-teman yang juga pengen tau Top 10 Kamera Prosumer Terbaik 2013 versi Emhasila, monggo baca di link ini : http://m.kompasiana.com/post/read/623536/1. Saran dan kritiknya sudah pasti ditunggu.

Leave a Comment