≡ Menu

Cara membuat Preset Manual WB di kamera DSLR Nikon

Di bahasan sebelumnya saya menulis tentang akurasi warna dalam fotografi, dan salah satu cara untuk mendapat foto yang warnanya akurat adalah dengan memilih White Balance (WB) di kamera yang tepat. Selain memilih Auto WB atau simbol-simbol WB yang ada, kita bisa juga melakukan membuat Preset WB secara manual, guna mendapat hasil yang lebih akurat lagi. Syaratnya kita mesti punya obyek putih untuk menjadi bahan pengukuran.

Custom WB Nikon

Kali ini saya akan bahas langkah demi langkahnya, mulai dari kamera DSLR Nikon pemula (D3000 dan D5000 series) :

WB measure

  1. Siapkan obyek putihnya, paling gampang adalah selembar kertas putih kira-kira ukuran A4. Letakkan kertas ini dibawah sumber cahaya yang akan kita pakai untuk memotret nantinya.
  2. Ambil kamera, dalam hal ini DSLR Nikon pemula, lalu masuk ke menu WB, pilih Preset Manual lalu tekan panah kanan.
  3. Pilih Measure, lalu tekan OK. Nanti muncul pertanyaan untuk overwrite existing data, pilih saja OK.
  4. Fotolah kertas yang sudah kita siapkan, pastikan semua bidang hasil foto harus berwarna putih. Kalau sulit untuk mendapat fokus, pakai saja manual fokus.
  5. Setelah foto diambil, tampil tulisan Data aquired. Setelah itu kita sudah bisa mulai memotret normal karena setting WB sudah disesuaikan dengan sumber cahaya yang dipakai, sehingga hasilnya sudah akurat dan konsisten selama sumber cahayanya masih sama.

WB nikon pemula

Catatan :

Bila kita sudah punya foto kertas putih untuk pengukuran Preset WB sebelumnya, saat memilih WB Preset Manual tidak perlu Measure lagi. Cukup pilih Use photo, lalu tekan kanan dan akan muncul foto yang tadi diambil. Pilih fotonya (arahkan ke This image atau Select image tergantung foto yang ada) lalu tekan tombol OK. Harap diingat foto yang bisa dipakai adalah foto yang diambil dengan sumber cahaya yang sama dengan tempat kita akan memotret. Kalau sumber cahayanya beda, kita harus foto/measure ulang.

Di DSLR Nikon kelas menengah canggih seperti D7000 keatas, langkahnya agak sedikit berbeda, walau prinsipnya sama saja.

WB pre

Langkahnya adalah :

  1. Tekan dan tahan tombol WB.
  2. Putar roda belakang sampai muncul PRE di layar (dan di pojok kanan bawah LCD kecil), dan muncul juga tulisan d-0.
  3. Sambil tetap menahan tombol WB, putar roda depan untuk memilih d-0 sampai d-4 (kita tentukan sendiri hasil pengukuran nanti mau disimpan di data bank nomor berapa).
  4. Lepas tombol WB yang tadi ditahan.
  5. Tekan dan tahan lagi tombol WB sampai tulisan PRE mulai berkedip, lalu lepaskan tombol WB. PRE akan terus berkedip selama 6 detik.
  6. Saat pre berkedip, arahkan kamera ke kertas putih lalu ambil foto. Jangan kuatir, hasil fotonya memang tidak muncul di monitor.
  7. Lihat LCD kecil, kalau ada tulisan Good berkedip artinya proses tadi berhasil. Kalau gagal tulisannya adalah no Gd berkedip.

Nikon_D600 custom WB

Tipsnya, saat memotret kertas putih tadi, hindari ada bayangan yang mengganggu pengkuran. Selain kertas putih bisa juga pakai kertas abu-abu yang cukup terang atau pakai greycard. Walau ada cukup banyak langkah yang mesti ditempuh sebelum memotret, tapi hasilnya bisa akurat dan konsisten dibanding Auto WB atau preset lainnya. Selamat mencoba..

Yuk ikuti kelas kupas tuntas DSLR Nikon bersama kami di infofotografi, supaya bisa memaksimalkan kamera yang sudah kita punya.

About the author: Erwin Mulyadi, penulis dan pengajar yang hobi fotografi, videografi dan travelling. Sempat berkarir cukup lama sebagai Broadcast Network TV engineer, kini Erwin bergabung menjadi instruktur tetap untuk kursus dan tour yang dikelola oleh infofotografi. Temui dan ikuti Erwin di LinkedIn dan instagram.

{ 29 comments… add one }
  • Adam November 17, 2017, 7:20 pm

    Haloo om Erwin..
    Saya mau bertanya mengenai Manual Presset Dslr Nikon D90, dengan objek yang saya ambil daun berwarna hijau. Saat mengambil gambar/foto posisi matering ekposure berada tetap diposisi 0 atau sebaliknya under/over ekposure ?
    Terimakasih om Erwin..

  • Mochammad Arfan March 14, 2017, 3:34 pm

    om mau tanya, jika akan memotret makanan di dalam kondisi ruangan cafe apa baiknya WB di setting manual ya om ? atau auto saja? terima kasih

    • Erwin Mulyadi March 14, 2017, 4:41 pm

      Atur aja WB-nya sesuai warna lampu di cafe, umumnya ke simbol Tungsten/Incandescent atau 3200K.

  • rizky yoga August 24, 2016, 10:00 am

    Om mau tanya.. saya punya d5100 ex kakak saya. Mau saya carikan lens TAMRON 18-200 Di II XR.. apakah bisa auto fokus om? Atau hanya manual

    • Enche Tjin August 25, 2016, 9:19 am

      Bisa kalau lensanya untuk Nikon karena di dalamnya ada motor fokus.

  • Saepul April 18, 2015, 2:20 pm

    Om..
    Untuk exposure matering nya harus pas?
    Apa gk masalah klo over atau under?
    Trimkasih.

    • Enche Tjin April 18, 2015, 6:33 pm

      Exposure sebenarnya fleksibel, tidak perlu selalu pas di titik nol. Sesuai kesukaan saja.

      • rudi firmansyah December 9, 2015, 9:25 am

        Om mau tanya dong, cara mengatur speed, f, dan iso di layar nya gmna yahh, udah diatur tapi gak da perubahan dilayarnya, pas udah difoto baru kelihatan perubahannya… aku pake nikon 5200 d…

        • Enche Tjin December 9, 2015, 10:33 am

          Kamera dslr seperti Nikon D5200 memang gak punya exposure simulation seperti kamera dslr Canon atau mirrorless.

        • Erwin Mulyadi December 9, 2015, 11:10 am

          jangan pakai live-view, karena gak ada simulasi eksposur di mode manual

  • Muzakkar Awal September 9, 2014, 11:30 pm

    mas, kenapa kalau sudah ngambil foto displayx berkedip di warna putihnya?

    • Enche Tjin September 10, 2014, 4:37 pm

      Bagian putih menandakan area tersebut terlalu terang/putih. Tidak mempengaruhi hasil fotonya.

  • dimaz August 27, 2014, 3:14 pm

    gan ada comunitasnya gak buat fotografi ini?
    ane di surabaya, lebih tepatnya di perbatasan surabaya – sidoarjo gan…
    thank’s

  • dimaz August 27, 2014, 3:11 pm

    ada gak buku panduan untuk semua itu?
    saya juga mau tanya soal preset otomatis untuk kamera canon
    camera ane isinya masih standart kayak hanya ada beauty skin dll gitu gan…
    tolong pengarahannya gan…
    thank’s

  • Syahril June 16, 2014, 7:42 pm

    Salam pendatang baru Mas, websitenya bermanfaat sekali karena banyak pelajaran fotografi didalamnya dan detail sekali. Saya mau tanya Mas ada gak settingannya jika kita ingin nama pemotret tercantum didalam setiap foto yang kita ambil, seperti format tanggal dan jam. Terimakasih,

    • Enche Tjin June 17, 2014, 8:44 am

      Senang dapat membantu, ngomong2 Kameranya apa ya?

  • lukman hakim muali May 3, 2014, 7:59 pm

    salam kenal dari yg baru buka buka website mas.terimakasih atas ilmu ilmu yg sudah dan banyak d sampaykan dalam berbagay judul dan artikel,by pengemar fotografi

  • anto April 1, 2014, 7:22 pm

    Untuk foto group acara pernikahan di panggung apakah juga disarankan pake preset WB? apa cukup auto WB aja mengingat ada lampu video yg berwarna kuning, saya kesulitan dalam koreksi warnanya di photoshop, trimakasih..

  • anto April 1, 2014, 10:26 am

    Mas untuk setelah ganti WB ke preset lalu untuk Set Picture Control lebih cocok yang mana untuk foto manusia? saya pake vivid tapi warna cenderung merah, untuk set standard, neutral & portrait warna agak kusam dan pucat, trimakasih..

    • Erwin Mulyadi April 1, 2014, 6:07 pm

      Selama tidak merubah Hue/color tone sih pada dasarnya mau pakai yg standard/neutral/portait sama saja, yg beda kan cuma saturasi dan ketajaman aja. Kalau vivid itu terlalu pekat saturasinya jadi tidak disarankan kecuali mau menonjolkan warna bajunya.

  • ary March 28, 2014, 11:14 pm

    gan ada gak preset otomatis untuk nikon yang kayak milik canon yang ada preset beauty skin ?

    • Enche Tjin March 29, 2014, 7:55 pm

      @ary gak pernah dengar sih

      • rizky yoga August 24, 2016, 12:52 pm

        Om mau tanya.. saya punya d5100 ex kakak saya. Mau saya carikan lens TAMRON 18-200 Di II XR.. apakah bisa auto fokus om? Atau hanya manual

        • Enche Tjin August 24, 2016, 4:19 pm

          Biasanya kalau Tamron untuk Nikon sudah ada motor fokus di body lensanya, jadi aman untuk kamera Nikon yang mana saja.

  • Rifqi Faqihy March 27, 2014, 3:41 pm

    saya udah coba dan hasil ‘GOOD’, tapi Mas saya pengen tau maksud angka” d-0 – d-4 itu apa ya? terima kasih

    • Erwin Mulyadi March 28, 2014, 1:36 pm

      d-0 sampai d-4 itu semacam bank data, jadi kita bisa simpan berbagai hasil pengukuran yg berbeda. Misal kita punya ruang kerja di studio, simpan ke d-0 jadi setiap memotret disana ya tinggal set WB ke Pre d-0. Lalu bila kita juga sering memotret di tempat lain, misal suatu cafe yg setiap saat lampunya sama, kita ukur WB di cafe itu lalu simpan jadi d-1. Saat lain waktu datang lagi ke cafe itu tinggal set WB d-1, dan seterusnya.

  • widya March 27, 2014, 11:57 am

    Mas, kalo saya motretnya pake RAW / NEF apa perlu nyeting WB lg ga.? Slama ini saya pake autoWB tapi motretnya pake NEF.

    • Erwin Mulyadi March 27, 2014, 2:12 pm

      @ Anto : outdoor bisa juga, tapi biasanya lebih perlu yg indoor atau mixed lighting. Untuk lampu studio sebaiknya buat satu preset dgn cara yg sudah dijelaskan diatas, hasilnya akan lebih netral daripada pakai daylight.
      @ Widya : RAW memang bisa atur WB belakangan, tapi untuk akurasi warna tetap lebih baik diset di awal. Ingat saat kita atur WB belakangan, itu artinya dilakukan dalam proses editing, dan ini dipengaruhi oleh monitor juga. Kalau monitor tidak dikalibrasi maka walau pakai RAW warnanya bisa salah juga.

  • anto March 27, 2014, 10:31 am

    Mas itu WB buat settingan outdoor atau indoor ya?saya kalo motret orang di studio pake WB direct sunlight(matahari) karena kalo pake auto warna malah jadi pucat(saya pake JPG bukan RAW), jadi kalo praktek motret kertas putih cara diatas untuk studio pake lampu studio jg ya mas? saya pake strobe pro 500e + softbox, kamera saya nikon d3100, trimakasih..

Leave a Comment