≡ Menu

Tips Komposisi dalam Food Photography

Makanan adalah sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Tanpa kita sadari, sebagai penggemar fotografi ataupun sebagai fotografer profesional, kita sebenarnya sangat dekat dengan objek fotografi yang bernama makanan. Di era semakin berkembang pesatnya sosial media seperti sekarang, banyak orang meski mereka bukanlah penggemar fotografi/fotografer profesional sering mengupload foto-foto makanan di berbagai jejaring sosial yang mereka gunakan. Ada istilah: “Difoto dulu baru dimakan!”

Dalam tulisan kali ini, saya ingin berbagai kepada pembaca Infofotografi tentang komposisi dalam memotret makanan. Saya sengaja memberi banyak contoh makanan mulai dari camilan dalam bentuk biskuit, cake, mie instan, hingga pudding. Dengan banyaknya contoh makanan dan beragam komposisi, saya berharap para pembaca Infofotografi dapat memperoleh sedikit gambaran ketika ingin memotret makanan.

Berikut beberapa contoh komposisinya:

komposisi-food-photography-kopi

Pada foto diatas dan dibawah ini, saya memotret camilan berupa biskuit dengan komposisi rules of third. Sketsa garis komposisinya ada di foto sebelah kanan.

komposisi-mie

Di foto di bawah ini, saya sengaja menyusun biskuit camilan dengan bentuk menyerupai tumpeng. Dalam foto ini saya menggunakan komposisi segi tiga.

komposisi-biskuit

Pada contoh foto-foto dibawah. Saya menggunakan contoh komposisi yang sama yaitu diagonal. Yang perlu diperhatikan dari komposisi diagonal adalah kita jangan memiringkan kamera kita membentuk sebuah diagonal, tetapi kita yang harus mengatur objek kita sesuai dengan diagonal frame di kamera kita.

komposisi-chicken-wing

Pada contoh foto selanjutnya saya menggunakan komposisi dead center. Komposisi ini dilakukan dengan cara membagi frame foto menjadi 4 bidang yang sama besar, lalu meletakkan makanan tepat di tengah-tengah persinggungan garis yang membagi ke 4 bidang.

komposisi-dead-center

Foto dibawah ini saya buat dengan komposisi elips. Komposisi ini adalah komposisi yang paling mudah dalam food photography. Jika kita menemukan makanan di mangkok/ piring kita bisa langsung menerapkan komposisi ini. Komposisi elips bisa pula dipadukan dengan komposisi rules of third.

komposisi-soto

komposisi-melon-rujak

Selamat makan dan Salam Fotografi!

Albertus Adi Setyo adalah fotografer profesional yang juga mengajar fotografi di Infofotografi dengan topik creative flash untuk liputan, produk dan portrait, juga workshop creative water effect.

{ 5 comments… add one }
  • Andry Yusuf Ruhiyat July 15, 2016, 6:46 am

    Wah saya baru tahu ada komposisi lain selain “Rule of Third” mas 😀 ternyata ilmu saya masih dangkal dan harus banyak belajar sepertinya hehe.

    Saya sangat tertarik dengan komposisi segitiga yang menggunakan contoh tumpukan biskuit, saya jadi berfikir bagaimana jika komposisi ini digunakan pada makanan lain mas hehe pasti akan sangat menarik. Mungkin potongan Pizza adalah salah satu makanan yang tidak perlu penataan ulang ya jika menggunakan komposisi segitiga. Bentuknya juga sudah segitiga hehe

    Oiya mas, saya mencantumkan link ke artikel ini dari tulisan saya di blog pribadi guna menambah referensi bagi pembaca saya seputar komposisi lain selain “Rule of Third” yang sudah saya bahas 🙂 Berikut artikelnya, semoga berkenan : http://www.tentangfotografi.com/memotret-makanan/

  • anto October 16, 2014, 6:58 pm

    Saya kadang dapat job motret makanan, selama ini masih pake nikon d3100 dgn lensa kit 18-55mm, 2 strobe pro 500E + soft box + tripod, saya mau investasi lensa yang bisa fleksibel untuk motret makanan & portrait. Ada 2 pilihan yaitu : afs 85mm f/1.8 + filter close up atau afs 105mm f/2.8 micro, saya sengaja investasi lensa full frame karena besok kalo upgrade ke D610 lensa tsb msh bisa di pake..mohon sarannya mas, trims..

    • Enche Tjin October 16, 2014, 11:28 pm

      Saran saya sih lensa makro aja sekalian

  • Senoadjie October 16, 2014, 6:58 pm

    Mas hence, Mau tanya agak technis sedikit.Apakah electronic analog ( …..”…… ) pada control panel tetap muncul seterusnya, Baik pada posisi Exposure Mode S, M, maupun A.Kalau enggak perlu bagaimana mematikannya (Turn Off). Kalau memang harus terus muncul enggak apa2.Saya menggunakan Nikon D200, speed light Sb600.terima kasih mas.

Leave a Comment