≡ Menu

Sony A7 mk II Review singkat

Sony A7 mk II merupakan kamera mirrorless bersensor full frame pertama yang memiliki 5 axis stabilization. Kualitas gambar Sony A7 mk II sama persis dengan A7 karena megunakan sensor yang sama. Kualitas gambarnya sudah setara dengan kamera DSLR canggih seharga 15-25 juta.

Saya belum berkesempatan mencoba kamera ini jangka panjang. pertama kali mencobanya 30 menit saat launching di Singapore, dan kemudian sempat mencoba selama satu minggu. Karena padatnya kegiatan mengajar, saya belum sempat hunting foto dengan kamera ini. Sehingga belum bisa memberikan review secara menyeluruh.

Perbedaan terbesar dari desain Sony A7 mk II terletak di bagian atasnya.

Perbedaan terbesar dari desain Sony A7 mk II terletak di bagian atasnya.

Secara desain fisik, ukurannya lebih tipis dari kamera DSLR pada umumnya. Hal ini karena tidak ada cermin dan prisma jendela bidik optik di dalam kamera. A7 mk II termasuk kamera yang cukup padat dan kokoh. Bahannya dari logam magnesium alloy, dan karena ada stabilizer di dalam badan kamera, ada peningkatan berat yang cukup signifikan dibandingkan dengan Sony A7 generasi pertama.

Berat A7 adalah sekitar 400 gram sedangkan A7 mk II bobotnya 599 gram. Sebagai info, 599 gram ini kurang lebih setara dengan kamera DSLR pemula. Meski bobotnya nambah, tapi jika dibandingkan dengan kamera full frame lain seperti Canon 6D, Nikon D610, Sony A7 mk II masih lebih ringan sekitar 150 gram.

Secara desain, saya lebih suka Sony A7 mk II daripada seri A7 yang lain karena grip/genggamannya lebih dalam, dan posisi tombol shutter lebih padat. Bagi yang tangannya tidak terlalu besar, akan nyaman saat memegang kamera ini. Tapi bagi yang tangannya agka besar, mungkin jari kelingking akan menggantung. Dengan pindahnya tombol shutter kedepan, maka di bagian atas kamera ada tempat kosong, dan Insinyur Sony secara bijak menambahkan sebuah tombol custom jadi totalnya 2 (C1, C2).

Fitur baru Sony A7 mk II

Highlight utama A7 mk II adalah 5 axis stabilization. Fitur ini membuat lensa apapun yang dipasangkan ke kamera akan mendapatkan keuntungan stabilizer, sehingga kita dapat mengunakan shutter speed yang lebih rendah saat memotret tanpa mengakibatkan gambar buram karena getaran tangan kita masuk ke foto.

Percobaan singkat yang saya lakukan dengan lensa Sony Zeiss 55mm f/1.8, saya bisa menahan dengan cukup konsisten sampai 1/15 detik (kira-kira 2 stop). Kadang-kadang saya bisa membuat foto yang tajam dibawah  1/15 detik, tapi tidak konsisten. Kadang buram, kadang tajam.

Saya juga pernah mencoba dengan lensa Sony E 24mm f/1.8. Dengan lensa ini saya bisa menahan sukses secara cukup konsisten sampai 1/2 detik (4 stop). Dan dengan lensa Sony FE 70-200mm f/4 OSS, saya bisa mendapatkan sekitar 4 stop (1/10 detik) di 70mm.

Tentunya hasil ini bukan hasil uji laboratorium yang intensif, hasil ini akan sangat bervariasi tergantung dari fotografer dan kondisi lapangan. Tapi pada intinya, image stabilization 5 axis di Sony A7 mk II sangat membantu terutama yang memotret dengan lensa yang tidak memiliki OSS-nya.

Meski sudah mengunakan lensa dengan fitur OSS, dengan memasangkan ke kamera ini juga akan mendapatkan keuntungan, terutama bagi yang sering motret close-up atau makro karena ada fitur ini akan menstabilkan pergerakan kamera X dan Y (naik turun) dan Roll (berputar).

Kinerja autofokus ada peningkatan, terutama deteksi fasa yang lebih cepat dan mirip dengan Sony A6000. Tapi deteksi fasa ini hanya bekerja di bagian tengah saja. Dalam tes Lock-on object tracking di ruangan, kinerja Sony A7 mk II cukup baik, tapi tidak cukup untuk subjek bergerak sangat cepat seperti olahraga/satwa liar.

Kinerja autofokus sedikit lebih baik dari Sony A7 di kondisi gelap, tapi masih kalah dari Sony A7s. Untuk fokus subjek bergerak cepat, pilihan Sony SLT A7 mk 2 yang mengunakan modul AF dedicated masih lebih baik atau kamera DSLR lainnya.

sony-a7mk2

Sony A7 mk II merupakan kamera yang hampir sempurna untuk format full frame. Ukurannya relatif ringkas tapi padat. Genggamannya lebih enak daripada kamera A7 lainnya. Tapi memiliki beberapa kekurangan yakni relatif sedikit berat untuk standar kamera mirrorless. Autofokus phase detection terbatas ditengah saja, dan penggunaan baterai lebih cepat habis.

Kamera ini cocok untuk fotografer yang sering mengunakan lensa lama atau lensa yang tidak memiliki stabilizer. A7 mk II juga cocok untuk fotografer yang suka travel light tanpa tripod tapi tidak ingin mengkompromikan hasil foto.

Kelebihan A7 mk 2

  • 5 Axis stabilization sangat membantu untuk pemakai lensa fix/prime tanpa stabilizer
  • Desain genggaman yang baik
  • Banyak pilihan kustomisasi untuk tombol dan dial
  • Autofokus lebih cepat dan Lock-On cukup akurat untuk subjek yang bergerak 1-15km/jam
  • Kualitas gambar sangat baik dan seimbang antara Megapixel dengan kemampuan low light.
  • Posisi tombol shutter yang lebih baik
  • Bahan kamera lebih baik dan tidak mengkilap (matte)
  • Banyak fitur video termasuk picture profile dan S-log Gamma 2.
  • ISO S-log gamma2 mulai dari ISO 800 daripada 3200 di A7s, mengurangi kebutuhan memakai filter ND.
  • Jenis baterai sama dengan seri A7 dan kamera mirrorless Sony lainnya, jadi bisa tukar-tukaran.
  • Mount lensa sudah diperkuat untuk menahan beban lensa telefoto/panjang.

Kelemahan A7 mk 2

  • Saya berharap body kamera 75-100 gram lebih ringan
  • Kecepatan buka-tutup masih relatif lambat dibandingkan sistem DSLR, yaitu sekitar 1-2 detik
  • Autofokus masih tidak secepat kamera DSLR canggih/Sony A6000 saat tracking subjek bergerak cepat
  • Baterai cepat habis (makanya diberikan satu baterai ekstra)
  • Tidak disediakan external charger (bisa dibeli terpisah)

Perbedaan fisik Sony A7 dan Sony A7 mk II

—-

Yuk ikuti acara kupas tuntas lensa dan test drive lensa-lensa Sony E-mount – 4 Juli 2015.
Daftar 0858 1318 3069 / infofotografi@gmail.com

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 93 comments… add one }
  • Djhuna adhitya April 12, 2019, 10:45 pm

    Om mau tanya?
    Saya pengguna canon 7D
    Mau upgrade kamera
    Klo buat foto prewedding
    Sony A7 mark2 canon 6d
    Bagusan mana om?

    • Enche Tjin April 12, 2019, 11:10 pm

      Saya cenderung ke Canon 6D, alasannya ke warna, kekokohan, kinerja, batere. Kalau mirrorless perlu dana lebih besar, A7III misalnya, itu lebih bagus dari 6D.

  • IMA April 3, 2019, 2:15 am

    Om nanya jg nih, sy pake sony a7ii + procore iv + sigma art 35 ngurangin kualitas foto gak?? Masalahnya sy gak punya lensa sony, semua for canon. Maklum baru pindah ke sony sarannya dong om

  • ramli March 28, 2019, 10:10 am

    Om, lebih tajam mana lensa sony 18-105mm f4 PZ G OSS vs 18-200mm f3.5-5.6 le oss ?

    • Enche Tjin March 28, 2019, 10:55 am

      Sekitar sama, tapi yang menentukan lebih ke apakah mengunakan lensa ini buat foto/video. Kalau utamanya untuk foto dan travel, 18-135mm lebih enak karena lebih ringan dan pendek, kalau video 18-105mm menarik karena ada powerzoom dan bukaannya konstan f/4.

  • Inay December 22, 2018, 4:31 pm

    Om Enche Tjin, Mohon sarannya Om, saya sudah memiliki Nikon D7100 dan beberapa Lensanya. Dan saya berencana mau ganti. Apakah Wort it saya ganti dengan dengan Sony A7ii ini? Atau tetap di Nikon D7100 dengan lebih banyak bermain di Lensa Lensanya nanti. Mengingat kebutuhan saya untuk Wedding, Portrait dan Travelling juga. Dan kedepannya ingin belajar videography juga.
    Terima kasih. Sukses selalu Om.

    • Enche Tjin December 23, 2018, 9:25 am

      Kalau kerja yang fotonya banyak seperti wedding, mendingan memang DSLR atau kalau mau mirrorless yang lebih canggih seperti A7III, Sony generasi kedua masih kurang tahan banting dan kinerja agak pelan dan baterai cepat aus.

      • Inay December 24, 2018, 11:19 am

        Baik, Terima kasih untuk Saran nya om Enche Tjin.

  • Aidin December 9, 2018, 11:24 am

    Om kalau update filware sony a7ii apa kekurangan dan kelebihannya mohon sarannya

  • Naim October 31, 2018, 1:15 pm

    Permisi Koh Enche
    Saya mau tanya. Saya bermain di landscape, sport, wedding, wild live dan HI photography. Nah, saya mau upgrade gear saya nih. Pilihan saya antara Sony a7II dan Nikon D610. Mana yang lebih cocok koh? Terima kasih.

    • Enche Tjin November 1, 2018, 6:48 am

      Untuk banyak jenis fotografi D610 lebih fleksibel, pilihan lensa juga banyak dan beragam harganya. Kalau travel, portrait/HI saja A7 cukup, tapi tidak cukup untuk motret sport/aksi cepat atau untuk liputan wedding.

  • Ari October 25, 2018, 12:14 pm

    Mau tanya dong mas,sony mirrorles yg di bawah 20jt yg sudh video 4k itu sony mirrorles apa yh?

  • Ade October 4, 2018, 11:26 pm

    mau tanya om, pas ambil video pake sony a7ii, kenapa gambarnya ngeblend ya?
    jadi berbayang gitu gambarnya. tolong solusinya apakah bisa dinormalkan kembali video yang udah jadi?
    thank you

  • Bagas September 26, 2018, 8:57 am

    kalau untuk kebutuhan film/Wedding vidio gimana om ? seberapa pentingkah fullframe(a72) untuk vidio di banding apsc (a6500)mengingat sudah hampir akhir taun ini om , makasih

    • Enche Tjin September 26, 2018, 12:50 pm

      Kalau banyak low light bagus A72. Kalau A6500 bagusnya autofokusnya lebih canggih.

  • Agung Hidayah July 25, 2018, 4:12 pm

    Om.. Saya pengguna Sony a6000
    saya sering gunakan untuk foto & Video Travelling dan kadang buat project Film pendek

    dan rencana mau upgrade ke A7ii,
    A7ii di kondisi low light sudah bagus belum ya?
    Kalo di bandingin sama a6500 emang kualitas video lebih bagus dari A7ii
    Tp saya bosen kalau model bodynya kyk a6000 juga
    pengennya yg full frame kaya A7ii

    Saya harus gimana om?:(

    • Enche Tjin July 25, 2018, 9:14 pm

      A7II kalau low light lebih bagus dari A6500, tapi kalau autofokusnya.

  • Muhammad Rezha May 18, 2018, 4:05 am

    Koh.. saya punya budget buat a6500 tp pengen fullframe a7ii, kira2 gmn Koh?

    • Enche Tjin May 18, 2018, 3:50 pm

      Harus bijak memilih sesuai budget dan kebutuhan, kalau keinginan gak ada habisnya kalau dituruti.

  • Awik Baidawi April 4, 2018, 1:45 pm

    Samakah lensa A6000 dengan A7 Mark ii ?? karena aq sdh punya 3 lensa Sony E-mount dg berbagai ukuran yg biasa aq pakai di A6000, dan rencananya mau beli juga yg A7 Mark ii

    • Erwin Mulyadi April 4, 2018, 4:19 pm

      Lnsa untuk A6000 itu lensa Sony E, dan meski bisa dipasang di A7 tapi nanti kena crop. Saran : untuk A7 cari lensa Sony FE.

  • Wahyu Adji February 10, 2018, 6:44 pm

    Permisi koh mau tanya, sy saat ini pakai 7D mk 2, rencana mau upgrade ke Fullframe tp berhubung dana terbatas, opsi sy beli second 5D mk 3 atau beli baru A7 mk 2, nah pertanyaan saya, utk hasil/kualitas gambar dan performa, lebih bagus A7 mk 2 atau 5d mk 3 ya ?

  • Putri February 7, 2018, 6:55 pm

    Om enche mohon sarannya saat ini sebagai pewarta saya pakai canon 60d, 70-200 f4 dan 10-22 tp ingin upgrade ke a7ll + 28-70nya. Lalu apakah untuk kemampuannya sudah mumpuni disemua jenis fotografi? Terimakasih om

    • Enche Tjin February 7, 2018, 10:20 pm

      Ukurannya lebih kecil, tapi A7II agak kurang gesit untuk jurnalisme.

  • Rizky December 26, 2017, 9:44 am

    Om mau nanya nih, lebih bagusan mana sony a7ii atau a6500 buat kebutuhan bikin film pendek dan foto

  • Kenny gida December 23, 2017, 12:14 am

    Koh saya mau minta saran, saya pakai kamera sony a7 mark ii, saya mau beli lensa fix untuk sony bedanya carl zeiss sama sony carl zeiss apa?

    • Enche Tjin December 23, 2017, 1:16 am

      Sony Zeiss dirancang, dibuat dan didistribusikan oleh Sony, sedangkan Carl Zeiss for Sony dirancang, dibuat oleh Cosina dan didistribusikan oleh Zeiss.

  • Oktav December 22, 2017, 8:13 am

    Om sony a7ii bisa subtitusi pake baterai sony apa yang kapasitasnya lebih besar dari standar? Trus aman ga ya? Thx

    • Enche Tjin December 22, 2017, 11:27 am

      Sepengetahuan saya gak ada. Karena keterbatasan ukuran.

  • Fheny December 21, 2017, 12:41 pm

    Koh mohon masukannya..kamera yg bgus buat wedding canon 6dii atau sony 7ii?

    • Enche Tjin December 21, 2017, 5:08 pm

      Dari fisik dan kinerja enak 6Dmk2 buat kerja di portrait/wedding.

  • Fahri November 26, 2017, 5:24 pm

    Misi bang enche,kalo wedding bagusan mana sony a7 II atau nikon D750, dan lensa recomendet buat wedding apa bang enche?

    • Enche Tjin November 28, 2017, 12:10 am

      Nikon D750 lebih tangguh dan cepat. Lensanya bisa macam2 tapi yang fleksibel 24-120mm f/4 dan 50mm f1.4

  • danielGT October 26, 2017, 9:15 am

    om mau tnya… buat kualitas hasil foto… kalo camera sony … pake adapter .. nex terus pake lens canon.. hasil nya jadi kurang ga ko? ?makasih

  • Liga pramana September 28, 2017, 6:49 pm

    Om mana yang lebih bagusan
    Sony A7ii vs canon 6d???

  • Joshua Naftalie July 19, 2017, 11:50 am

    Om.. lebih milih 6D + 70-200mm f/2.8 atau sony a7ii + canon 70-200mm f/2.8 ? Untuk foto big event dgn lighting, pre wedding, dan wedding. ( Lebih ke acara indoor om)

  • Haniffawwazh June 30, 2017, 8:50 am

    Ko, lebih baik upgrade sony a6300 ke a7ii atau tambah lensa seperti 18-105 f4?

  • Michael Janry June 24, 2017, 11:49 am

    Om mau tanya mending 5d mark iii dengan lensa 24-70

    Atau sony a7ii + lensa canon 24-70

    Untuk digunakan foto produk dan prewedd. Hasil lebih bagus mana om ??

    • Enche Tjin June 24, 2017, 11:52 am

      Kalau untuk wedding foto mendingan kameranya 5D mk III dan 24-70mm karena merknya sama, jadi lebih pas. Sensor kameranya sama-sama full frame dan generasinya tidak terpaut jauh, jadi hasil tidak banyak berbeda.

  • Hari hermawan triwiguna May 19, 2017, 10:37 pm

    Om enche izin mau tanya
    Menurut om enche canon 6d – sony A7ii untuk video bagus mana yah
    Berniat focus membuat video

  • Glory May 2, 2017, 8:06 pm

    Sony a7ii atau fujifilm xt2? Diliat dr sgala sisi (body&spek) Untuk memulai belajar fotografi pro dan serius. Alasannya knp? Thx koh

  • moch miftah May 1, 2017, 2:03 pm

    untuk a7 mark 2 , lebih baik mana pilih lensa FE 85 mm 1.4 atau FE 50 1.8 untuk portrait dan foto produk? tp juga untuk kebutuhan video.

    • Enche Tjin May 3, 2017, 10:57 am

      Keduanya bisa, 85mm f1.8 FE secara kualitas lebih baik.

  • ulil amri April 25, 2017, 3:19 pm

    Om…boleh minta masukan…pilih canon 6d atau sony a7ii untuk wedding photography ya….makasih sebelumnya

    • ulil amri April 25, 2017, 3:47 pm

      Oiya om..dengan mengesampingkan masalah boros batterynya…

      • Enche Tjin April 28, 2017, 9:09 am

        Sony A7 II cukup baik, kualitas gambarnya sudah diatas 6D. Cuma ya itu, batterynya siap2, karena kalau di Canon 1 baterai, Sony mesti 3, siapkan 6 baterai deh biar aman kalau pakai Sony he he he.

  • Dedy December 31, 2016, 12:07 pm

    Halo mas
    Mana yang lebih bagus untuk video malam hari?
    Dan apakah kecepatan autofokus Sony a6000 berbeda jauh dengan Sony a7 ?
    Terimakasih

  • Fam Faisal December 17, 2016, 3:40 am

    Mau nanya ko, batas maksimal ISO nya biar ga dapet noise untuk di kisaran berapa?

    • Enche Tjin December 17, 2016, 9:37 pm

      Dibawah 1600 noisenya hampir tidak ada atau sedikit.

  • bagus November 17, 2016, 9:57 am

    halo mau tanya soal a7 karna gak sanggup bli a7II ehhehe
    menurut om untuk foto dokumentasi dan foto weding apakah bagus a7 itu?dan bukaan iso 6400 pas malam hari apakah kelihatan noicenya?thx

    • Enche Tjin November 17, 2016, 10:28 am

      Sebenarnya gak begitu cocok untuk dokumentasi yang panjang seperti wedding. Karena baterai dan kinerjanya terbatas. ISO 6400 pasti ada noise, meski demikian, jika dibandingkan dengan kamera dengan sensor yang lebih kecil, lebih bagus yg A7.

  • dhefuz November 14, 2016, 6:58 am

    Koh,saya mau tanya.
    Sony A7 dengan lensa kit FE 50mm F1.8 apa bisa menghasilkan gambar blur dan bokeh yg bagus?
    Dan Lensa Zoom yg Rekomended utk Sony A7 apa aja ya untuk acara Hunting,Prewed?
    Trims koh…

    • Enche Tjin November 14, 2016, 2:02 pm

      Bisa lensa 50mm blur cukup oke. Lensa zoom cukup banyak yang bagus2, seperti Sony GM 24-70mm f/2.8, GM 70-200mm f/2.8.

  • Triono March 24, 2016, 6:55 pm

    Malam ko enche,
    Rekomendasi flash buat sony a7 dong ko,
    Trimakasih

  • Hendra March 20, 2016, 5:47 pm

    Om mau tanya..
    Klo sony a6000 dipasangkan dengan lensa full frame, semisal Sony Zeiss FE 24-70mm f/4 OSS atau Sony FE 16-35mm f/4 OSS. Hasilnya bagaimana om?

    Tujuannya nanti kalo mo guna kamera basis ff tetap bisa gunakan lensa yang sama.. 🙂

    Mohon sekali arahannya, untuk membantu saya ambil keputusan antara a6000 dg a7ii
    Mksi

    • Enche Tjin March 21, 2016, 12:28 am

      Boleh juga hasilnya bagus, cuma lensanya agak besar kalau dipasang di Sony A6000.

  • Dede February 18, 2016, 11:21 pm

    Om Enche, Mohon pencerahannya, untuk sony a7 mk II, Lensa apa yg rekomended untuk foto prewed, foto model dan traveling ? Fix FE 55mm F1.8 atau FE 24-70mm f4 ? saya bingung di bukaannya, apa di F4 udah dapet bokehnya ? atau mungkn ada lensa rekomendasi yg lain? Budget baru bisa beli 1 lensa, terimakasih, mohon responnya

    • Enche Tjin February 19, 2016, 12:39 am

      Karena full frame, di f4 dan 70mm bagian yang gak fokus sudah blur. Lensa zoom seperti 24-70mm lebih fleksibel dari 55mm.

      • Dede February 19, 2016, 8:12 am

        Maaf tanya lg sedikit, kalau di lensa FE 24-70mm pada zoom 70mm bagian yg ga fokus sudah ngeblur, apakah saat di zoom antara 30-50mm blurnya dapet jg y? karena di review sblmnya om bilang kalau fullframe lbh dapet blurnya ketimbang apsc. Terimakasih

        • Enche Tjin February 19, 2016, 8:17 am

          Iya, bisa juga tapi tingkat blurnya berbeda tentunya. Kalau pernah pakai kamera format APS-C, 24-70mm f/4 itu seperti 16-50mm f/2.8

          • Dede February 19, 2016, 8:27 am

            siap..sy udah ada bayangan..terimakasih sarannya om enche

  • fajar January 25, 2016, 9:14 pm

    mohon sarannya jika ingin memotret wildlife atau binatang menggunakan mirrorless sony, lebih rekomen yang mana?

    • Enche Tjin January 25, 2016, 11:54 pm

      Sony A6000 dan lensa Sony FE 70-200mm f/4 OSS.

      • Aji Ferdiansyah November 25, 2018, 8:33 am

        Om a6000 kan itu apsc, tpi klo dipakein lensa fe 70-200mm itu apakah ada crop kah atau gimana gtu? Karena dari mounting lensanya ajah beda.

        • Enche Tjin November 25, 2018, 8:19 pm

          Gak kena crop, tetap dapat gambar 24mp, bedanya kalau dipasang di kamera fullframe lebig sempit/tele sudut pandangnya. Mountnya (lubang kamera) nya sama, E-mount.

  • Joehan Ardhi January 12, 2016, 9:34 am

    Om mau tanya. Saya pengguna Canon dan sedang menggandrungi pembuatan video. Namun karena Canon tidak 5 Axis Stabilizer, maka saya memutuskan untuk nambah 1 kamera lagi. Menurut Om Enche, lebih baik ambil Sony A7ii BO dan menggunakan Adapter EF-Sony (jadi saya bisa memakai lensa2 Canon saya) atau ambil Olympus OMD EM 5ii kit 12-40mm f/2.8 PRO? Bingung soalnya harganya juga jatuhnya hampir sama.

    • Enche Tjin January 12, 2016, 11:13 am

      Lebih baik yang Sony A7mk2 menurut saya, hasil videonya lebih sinematik, sedangkan yang olympus hasil videonya lebih terasa digital.

  • Aditama January 11, 2016, 9:39 am

    Review lensa full frame nya sony udah ada ko?

  • Tony Setiawan December 15, 2015, 6:36 am

    Maaf Om Enche mohon inputannya. Apakah memungkinkan Sony A7 dipasangkan dengan lensa manual, kalau memungkinkan bagaimana kualitas hasilnya? Makasih ya Om…

    • Enche Tjin December 15, 2015, 9:46 am

      Bisa, dengan adaptor, kualitas gambarnya tergantung kualitas lensa yang dipasang.

  • aziz zun November 23, 2015, 8:02 pm

    Bos..konsul nich…untuk liputan humas pemerintahan…mending pilih mana bos…antara sony A7 mark 2 apa canon 6D

    • Enche Tjin November 23, 2015, 10:30 pm

      Mantap A7 mk II menurut saya 🙂

  • Freddy November 18, 2015, 6:59 am

    om enche, jika dikasih pilihan lebih bagus A7 atau A6000 ya?
    Soalnya saya lihat refiew A6000 autofokusnya lebih mantap. Disisi lain A7 menang di full freme, pasti nya hasil foto lebih smoot. Jadi binggung. ditunggu sarannya ya, terima kasih om enche

    • Enche Tjin November 18, 2015, 9:17 am

      Tergantung apa yang diprioritaskan dan juga budget. Sony A7 hasil fotonya memang lebih tajam detailnya, tapi menuntut lensa Sony FE yang kualitas dan harganya lebih tinggi. Sedangkan A6000 unggul di kecepatan dan keringkasan.

  • Alloy September 17, 2015, 3:56 pm

    Om, kalau untuk video, ditempat gelap ada noise nya tidak ya, terimakasih

    • Enche Tjin September 18, 2015, 10:52 pm

      Kalau gelap sekali dan memakai ISO tinggi ada bintik2 kedap kedip

  • Roni wicaksono August 12, 2015, 9:46 pm

    Om, mau tanya…
    Klo sony a7ii dipasangkan dengan lensa apsc, semisal sony e 18200 LE jadinya bagaimana om?

    • Enche Tjin August 13, 2015, 9:02 pm

      Megapixelnya jadi cuma 10 MP saja.

      • lev July 13, 2017, 10:36 pm

        jadi kalo a7ii dipasangin canon ef 50mm stm yg terpakai cuma 10MP aja om?
        mohon infonya.

        • Enche Tjin July 13, 2017, 10:44 pm

          50mm stm itu bisa mencakupi full frame, jadi 24MP bukan 10MP.

          • lev July 13, 2017, 10:54 pm

            wah thanks om infonya!

Leave a Comment