≡ Menu

Untung rugi mengisi daya baterai kamera via port USB

Belakangan ini semakin sering dijumpai kamera baru dengan sistem in-camera charging, atau cara pengisian daya baterai kamera dengan memasang kabel USB seperti ponsel. Hal ini sangat berbeda dengan cara yang lebih umum kita kenal, yaitu melepas baterai dan memasangnya pada charger yang disediakan dalam paket penjualan. Sudah tentu kamera dengan sistem USB charging ini tidak lagi menyediakan charger khusus, melainkan hanya adapter daya listrik dan sebuah kabel USB. Kita akan bahas apa untung ruginya.USB charge

Dari sisi keuntungan, yang paling menarik adalah standar USB itu sendiri membuat kita tenang saat bepergian. Walau kabel USB kamera tertinggal di rumah, kita masih bisa pinjam kabel USB milik ponsel yang colokannya sama (perkecualian ada beberapa kamera Panasonic yang membuat standar konektor berbeda yang tidak kompatibel dengan kabel USB biasa). Soal kemungkinan adanya perbedaan tegangan dan arus untuk setiap adapter daya, hal ini saya anggap masih dalam batas aman, karena umumnya pengisi daya masa kini sudah didesain standar (perbedaan arus seperti 500 mA atau 1 A akan menentukan kecepatan pengisian baterai saja).

Kamera mirrorless dengan baterainya

Kamera mirrorless dengan baterainya

Bagi yang sering memakai kamera mirrorless tentu merasakan betapa cepatnya baterai kameranya habis. Maka itu sistem pengisi daya USB lebih cocok karena lebih mudah untuk mengisi daya dimanapun, dan tidak selalu harus bertemu colokan listrik. Misal saat kita hendak memindahkan foto di kamera dan menghubungkan kabel USB dari laptop, maka sambil memidahkan data juga sekaligus bisa mengisi daya baterai kamera. Belakangan penggunaan powerbank juga mulai marak untuk mengisi daya baterai kamera khususnya bagi yang travelling dan sulit menemukan sumber listrik. Satu hal yang kita perlu ingat, kamera harus dalam keadaan mati/off baru bisa diisi daya, sehingga selama proses pengisian kita tidak bisa memakai kamera (walau demikian saya menemukan ada beberapa kamera yang tetap bisa on/hidup saat diisi daya, jadi saya bisa memotret sambil mengisi via powerbank; tidak disarankan untuk ditiru, hanya dalam keadaan mendesak saja).

Tertulis jangan memakai kamera saat sedang saat mengisi daya

Tertulis pada poin 3 : jangan memakai kamera saat sedang saat mengisi daya

Lalu apa kerugian cara ini dibanding cara yang lebih umum yaitu melepas baterai dan memasangnya di charger khusus? Pertama adalah sulit mengisi baterai cadangan. Dengan memiliki charger khusus, kita bisa mengisi beberapa baterai secara bergantian. Di sistem pengisian via USB ini, kalau punya baterai cadangan jadi agak repot untuk mengisinya secara bergantian, apalagi bila kamera harus off saat sedang mengisi daya. Kedua adalah potensi rusaknya port USB di kamera dalam jangka panjang bila saat kita memasang / melepas kabel ke kamera cenderung kasar. Port yang rusak bisa jadi akan bad contact atau tidak nyambung, atau bahkan akan punya potensi terjadi hubungan pendek arus yang bisa merusak sistem kamera.

Chargder untuk Samsung NX ini sifatnya aksesori tambahan

Charger untuk Samsung NX ini sifatnya aksesori tambahan

Lalu adakah solusinya bila kamera anda berjenis USB charging? Tips dari saya adalah selalu pasang dan lepaskan kabel dengan hati-hati, sebisa mungkin selalu gunakan adapter daya listrik dan kabel yang disediakan dari paket penjualan. Bila anda tetap lebih suka mengisi daya dengan cara biasa, coba cari tahu di toko apakah dijual charger untuk baterai yang ada di kamera anda sehingga anda punya pilihan dalam mengisi daya baterai kamera.

———————————————————————————

Untuk mengenal lebih jauh fitur-fitur di kamera kita (DSLR, mirrorless, prosumer), ikuti saja acara Kupas Tuntas Kamera Digital.

About the author: Erwin Mulyadi, penulis dan pengajar yang hobi fotografi, videografi dan travelling. Sempat berkarir cukup lama sebagai Broadcast Network TV engineer, kini Erwin bergabung menjadi instruktur tetap untuk kursus dan tour yang dikelola oleh infofotografi. Temui dan ikuti Erwin di LinkedIn dan instagram.

{ 50 comments… add one }
  • sugeng July 5, 2019, 10:54 pm

    mau tanya om. kemaren sy beli kamera second nikon D3. ketika sya tes foto2 dan ketika gambarnya mau kita pindah ke laptop nanti untuk kita uplod ke medsos fb/ig kita. namun ketika mau sya pindah memakai kabel data USB dari port kamera ke laptop/komputer. namu knapa ya d laptop gk muncul /kebaca.?

    kalo boleh tau gimana ya caranya memindahkan foto2 tersebut ke laptop/ hp. karena nikon D3 Kartu memakai memori jenis CF. memori yg besar itu.

    mohon infonya om. trimks

    • Enche Tjin July 8, 2019, 9:46 am

      Pakai Card reader yang bisa baca CF Card mungkin bisa

      • sugeng July 9, 2019, 11:03 pm

        trimk banyak om. atas infonya..

  • jodi May 14, 2019, 6:46 am

    apakah fuji XA5 berbahaya jika di cas menggunakan port usb ?

  • Yogi April 6, 2019, 1:02 pm

    Omm klw kamera Nikon b500 carjer nya ap

  • alfi denyanto massang December 24, 2018, 9:31 pm

    Kalao eos m3 bisa charging via usb ga ya ?

  • Cut Nurmalasari December 21, 2018, 10:20 am

    Charger kamera fuji ku rusak, yg rusak kepala charger nya, kabel nya masih berfungsi. Kalau misal aku charge kamera dengan kepala charger hp, dengan besaran amper in put dan out put nya sama aman ga buat kamera ? Untuk jangka panjang

    • Adit October 20, 2019, 8:16 am

      Tolong bantu dijawab dong.. Kasusnya sama seperti saya . Terima kasih

  • Rk November 1, 2018, 1:51 pm

    Mau nanyak kira² canon 600d bisa cas pake USB gakk mass?

  • amir October 3, 2018, 1:45 am

    Om mau tanya kenapa Nikon d3100 ada notif,baterai ini tidak bisa digunakan ,padahal sebelumnya bisa,dan saya udah beli baterai baru pun masih ada notif seperti itu,mohon bantu kalo tau sebab dan cara mengatasinya.terima kasih

  • jennie jisoo August 27, 2018, 3:41 pm

    om apakah charger kamera nikon bisa untuk semua series?

    • Enche Tjin August 27, 2018, 9:17 pm

      Beda2 sesuai baterainya meski bbrp type kamera share baterai yg sama.

  • arya adiputra August 21, 2018, 9:04 pm

    om mau nanya, rencana mau make DSLR Live Streaming game. nah untuk batre biar ga repot copot charge pasang, apa bisa langsung ng – charge melalui usb?? canon eos 550D. atau mungkin perlu aksesoris lain om?

  • Sylvia Young Cita August 19, 2018, 4:30 pm

    Om, kalo dslr canon 1300d bisa charger dengan usb juga ga 9m??

  • Andrerae July 25, 2018, 3:47 pm

    Om saya punya handycam jvc gz-e100bag charger hilang,lalu saya beli kabel usb nya kok ga hiduphidupbya

  • Eneng July 12, 2018, 2:26 pm

    Mengapa baterai dslr nikon d3100 tidak mau dicopot setelah 1 bulan tidak dipakai dan kameranya juga mati. Apakah ada kebocoran atau semacamnya?

    • Erwin Mulyadi July 13, 2018, 4:02 pm

      Sepertinya baterainya kembung tuh, agak repot karena gak bisa dilepas, biasanya akibat pakai baterai KW / non ori.

  • putro May 18, 2018, 9:55 pm

    om kalo camera olympus E-500 di cas usb bisa atau tidak?

  • Indra fitrian April 1, 2018, 2:12 pm

    Om, saya entry level pengguna mirrorless alpha 6000 dr sony, saya mw tanya apa boleh charge langsung ke kamera pake charger handphone saya yang ukuran ampere nya lebih besar semisal 2A supaya pengisian jadi lebih cepat ? Soalnya charger bawaan cuma 0.5A ngisinya jd lama banget butuh 4-5 jam dr 0-100% klo pake bawaan om, boleh gk om ngecharge pake charger smartphone yg ukurannya lebih besar dari charger bawaannya ? Thanks om

    • Enche Tjin April 1, 2018, 7:57 pm

      Kalaupun bisa, baterainya akan cepat aus (gak bisa dipakai lagi) karena dipaksa isi lebih cepat.

      • Michael April 3, 2018, 10:09 pm

        Om, sya mau tny. Saya pernah ngecas hp pake charger sony nex 6, walau ngecasnya jadi lebih lama, tp habisnya juga lebih lama. Kok bs gitu ya?

  • Irga December 9, 2017, 5:35 am

    Kak kenapa yah DSLR nikon B 500 kalo di charger baterai nya selalu ngurangin sendiri

  • farisy November 23, 2017, 9:24 pm

    numpang nanya nih mas, kalo pakai sony mirrorless nex 5 trus kita mau record video dlm durasi yg lama apa bisa ya kalo powernya di supply langsung via usb (kalo battery habis biar kamera standby terus gitu), atau ada cara lain tanpa harus mematikan dan bongkar battery??
    mohon pencerahannya….

  • Feli June 27, 2017, 8:24 pm

    Boleh cas kamera sony alpha 5100 pakai charger samsung fast charging gak?

  • muhamad fatah June 26, 2017, 5:01 pm

    Gan dslr fuji film xm-1 ga bisa charger via usb ya?

  • Septy May 20, 2017, 9:52 pm

    Terimakasih infonya. Di artikel ini terdapat foto kamera panassonic lumix. Kalau boleh tanya untuk panassonic lumix gf8 bisa tidak ya di charge menggunakan power bank? Terimakasih

  • Zoelyn Huang April 3, 2017, 8:29 pm

    Bole tny? Pny sy fujifilm xa3, chargeny lgsng ke kamera;dia kdg charge ny bermslh, kdg bs bisa masuk, kdg gkbisa msk, kdg msk pun hrs tahan in kabel ny br bisa isi batre, itu masalah colokan chargenya atao batre nya ya?

    • Erwin Mulyadi April 4, 2017, 11:34 am

      Kemungkinan kabel atau malah colokan USB di kameranya. Udah coba pakai charger lain? Ada baiknya juga punya charger eksternal jadi tidak melalui kamera, seperti baterai di DSLR.

  • Azka March 19, 2017, 7:12 am

    Mas saya baru ambil eos m3 , untuk charge langsung fia usb apa bisa, misal dengan powerbank..?? Terimakasih

  • Vivi February 17, 2017, 9:30 pm

    Mas mau tanya canon m3 cara buat ngeces pamak usb gimana yaaa

  • Ririn Yuzarni February 11, 2017, 12:18 am

    Mau nanya Mas Erwin,,
    Mirrorless yg bagus dgn harga terjangkau bagusnya merek apa ya Mas? Saya tertarik bgt dgn penggunaan efek bokeh, lebih bagus pake lensa fix atau prime dgn ukuran yg brapa ya Mas ?
    Terakhir Mas, hehe.. Ada gak ya Mas, mirrorless harga 5 jutaan dgn spesifikasi yg memadai trmasuk menyediakan lensa2 di atas? Apakah FUJIFILM X M-1 udh memenuhi kriteria saya Mas? ( walau harganya di atas 5 jt katanya.. )
    Trima kasih banyak Mas Erwin,, mohon sekali tanggapan dan ilmunya..

    • Erwin Mulyadi February 11, 2017, 1:10 pm

      Kamera populer murah meriah salah satunya EOS M10. Tapi kalau mau yg lebih kumplit ada M3 dan kalau mau fix bisa pasang lensa DSLR EOS pakai adapter, atau ada juga lensa mirrorless EF-M 22mm.

      Fuji X-M1 juga udah oke, cuma saat ini orang lebih cenderung langsung ambil X-T10 aja sekalian.

  • Wulan Kenanga August 3, 2016, 9:47 pm

    Terima kasih untuk artikelnya, gan.Saya baru dalam fotografi dan baru juga memiliki fujifilm xa2. Tadi saya mencoba charge mirrorless saya dengan powerbank dalam keadaan mati maupun hidup, tidak bisa mengisi. Saya lihat lampu pada powerbank tetap mati. Apa memang mirrorless jenis ini, tidak bisa dicas dengan powerbank?

    Dan lagi, saya berencana membeli baterai cadangan. Sayangnya, saya lihat harga cukup mahal. Ada beberapa baterai yang harganya relatif murah. Semisal, Wasabi. Apakah tidak masalah menggunakannya?

    Terima kasih sebelumnya, mohon maaf karena saya benar-benar butuh pencerahan.

    • Enche Tjin August 4, 2016, 8:34 am

      Gak semua kamera bisa dicharge langsung dengan powerbank, termasuk XA2. Baterai yang murah tentunya punya kelemahan seperti kapasitasnya sedikit, daya tahan di masa depannya kurang.

  • Dar April 6, 2016, 10:55 am

    Thank you sharingnya Mas.
    Charnge langsung seperti itu ada dampak langsung ke kameranya ga sihhh Mas? untuk jangka panjang yahhh.
    di Sony A6000 juga tidak disediakan chargernya.

    Supaya awet jangka panjang apakah sebaiknya beli changernya?
    Untuk pemakaian sehari hari saja.
    Mohon sarannya.

    • Erwin Mulyadi April 6, 2016, 4:18 pm

      Memang disarankan beli chargernya, selain lebih kuat daya pengisiannya, juga mudah untuk charge baterai kedua/cadangan.

      • Jutawan hartono October 29, 2018, 12:34 am

        Sorry om saya mau tanya saya punya camera canon 1300D nah kendala nya begini karin sempet pake battre sampe drop total,nah ketika saya lepas dan charge battre nya beberapa jam hanya berkedip orange dan tidak penuh2 itu kendala apa ya om padahal belum setahun,tolong solusi nya om trims

  • muhammad azhar July 22, 2015, 9:46 pm

    klo charger menggunakan powerbank itu boleh gak sih mas???
    klo kamera mirorless itu kan cepet habis batrenya, nah saya mau pergi ke gunung selama 4 hari. kan kalo batre kamera mirorles itu cepet habis, saya niatnya mau bawa powerbank untuk charger. menurut mas gimana?? apa boleh charger dengan powerbank??

  • feurbach March 21, 2015, 1:23 pm

    nice article, nice to sharing…..

    • izzati nurasyiqin February 8, 2017, 1:28 pm

      boleh ke kalau camera nikon d3100 charge guna usb cable?

Leave a Comment