≡ Menu

Photo Story dyptychs : Tenun Lurik

Masih dalam rangka workshop photo story yang diselenggarakan beberapa waktu lalu di Yogyakarta, yang salah satunya mengunjungi pabrik Mie Lethek, kami mengunjungi empat tempat tenun Lurik. Disana saya melihat beberapa penenun sedang bekerja, tapi tidak terlalu banyak karena saat itu hari Minggu. Di samping alat tenun, ada meja dan bangku yang dimanfaatkan penenun untuk meletakkan segelas teh atau kopi yang akan dinikmati saat istirahat. Bagi saya ini menarik, jadi saya sandingkan saja foto penenun yang sedang bekerja dengan minumannya.

Penyandingan dua foto dalam membuat photo story dinamakan Dyptychs. Istilah ini berasal dari bahasa Yunani, dimana Dyp berarti dua, dan tych artinya lipat. Biasanya dua foto yang disandingkan berkaitan, tapi tidak sama, kadang bisa jadi sesuatu yang kontras/berbeda/berlawanan, atau foto pertama melukiskan keseluruhan pemandangan, foto yang kedua adalah detail/close-up.

Foto-foto diatas dibuat dengan mengunakan kamera Leica SL dan lensa SL 24-90mm dengan cahaya apa-adanya.

Jika ingin mengetahui lebih jauh tentang membuat Photo Story, teman-teman bisa membaca buku Photo Story Handbook dalam Bahasa Indonesia, karangan Taufan Wijaya. Bukunya bisa didapatkan di Ranafotovideo.com.

Bagi yang ingin mengikuti kegiatan tour dan workshop fotografi, boleh hubungi kami di 0858 1318 3069 / infofotografi@gmail.com. Terima kasih atas perhatiannya.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 5 comments… add one }
  • Ardian Kusuma April 15, 2017, 7:16 am

    Ini dimana om?

  • yudi April 14, 2017, 9:13 pm

    sedikit melenceng dari topiknya pak… menurut saya pribadi warna leica ini antara canon dan nikon, tidak terlalu lembut tapi tidak juga terlalu tajam.. ini menurut pendapat saya pribadi… hehe….

  • Nuzul April 14, 2017, 1:05 pm

    Ko maaf mau tanya ko,, saya mau cari lensa macro untuk kamera sony saya, kebutuhan untuk stilllife dan food photography, tapi saya bingung Ko mau ambil yang sony Fe 50mm f2.8 macro atau yg sony FE 90mm f2.8 macro untuk stilllife dan foto makanan!!
    Saya sih suka yang FE 90MM F2.8 MACRO, tapi apa gak kepanjangan yaa ko kalou pake Focal length 90mm untuk stilllife dan foto makanan???
    Terima kasih!!!

Leave a Comment