≡ Menu

Panduan memilih filter untuk kamera mirrorless

Liburan sudah hampir tiba, akhir-akhir ini, saya mendapatkan banyak pertanyaan seputar filter. Sebelumnya sudah pernah dibahas untuk penggunaan filter CPL dan ND. Buat yang masih bingung untuk membeli ukuran filter yang tepat buat lensanya, terlebih dahulu dicek dulu seluruh diameter filter untuk lensanya. Ukuran diameter lensa biasanya tertulis di depan lensa diawali dengan tanda ø.

Lensa Panasonic Lumix 12-32mm yang memiliki diameter filter 37 (ø37)

Lensa 15mm yang memiliki diameter filter 46 (ø46)

Setelah itu, mulailah kita mencari ukuran filter yang cocok. Jika kita memiliki beberapa lensa dengan ukuran yang berbeda-beda, tentunya kita harus membeli beberapa keping filter. Menurut saya, hal ini sangatlah boros. Hehehe.. Maklum agak pelit.

Cara hematnya adalah dengan membeli kepingan filter dengan diameter yang paling besar terlebih dahulu, kemudian yang lainnya tinggal memakai step up ring. Biasanya, lensa-lensa untuk kamera mirrorless ukurannya lumayan imut, sehingga sulit sekali untuk mencari filter yang cocok. Umumnya filter untuk kamera DSLR paling kecil berukuran 52mm. Untuk kasus lensa saya, seharusnya saya membeli filter ukuran 46mm, kemudian membeli step up 37 ke 46. Namun karena filter 46mm susah dicari, akhirnya saya membeli filter 49mm dan tinggal menambah 2 step up ring.

Saya sendiri memilih filter Variable ND karena tergolong mudah dan praktis (ekonomis pastinya). Dengan ND2-400, satu keping filter ini bisa diubah ubah tingkat gelapnya dari 1 stop sampai 8 stop.

Filter Variable ND 49mm yang sudah dipasang dengan filter step up 37-49.

Meskipun mudah dan lebih murah (daripada membeli kepingan filter yang fix gelapnya misal 3 stop, 6 stop, 10 stop), tentu saja kualitasnya tidak semaksimal kepingan filter yang tidak bisa diubah ubah tingkat gelapnya. Sama halnya dengan kualitas lensa fix(prime) yang lebih bagus dari lensa zoom.

Penampakan terakhir untuk lensa filter size 37mm dan sudah bisa langsung dipakai untuk hunting.

Teman-teman yang memiliki lensa kit Sony 16-50mm tidak perlu kuatir juga karena ada step up 40.5 ke 49.

Selain itu, untuk lensa-lensa Sony yang tergolong unik diameter filternya (62mm ataupun 72mm) bisa langsung mencari filter terdekat yang lebih mudah dicari seperti ukuran 67mm atau 77mm, kemudian baru dihubungkan dengan step up filter yang sesuai.

Bagi teman-teman yang ingin mendapatkan step up ring ataupun filter CPL dan ND yang sesuai, bisa menghubungi saya di 0858 1318 3069 atau bisa email di infofotografi@gmail.com.

About the author: Iesan Liang adalah seorang penggemar fotografi yang aktif berkontribusi untuk acara Infofotografi. Salah satu buku karangan Iesan adalah Kursus editing dengan Adobe Lightroom. Temui Iesan di Instagram atau Google+

{ 6 comments… add one }
  • Iid May 21, 2017, 2:09 am

    Artikelnya bagus sangat membantu menjawab kegundahan saya selama ini..
    ø max lensa mirrorless berapa ya?

    • Iesan Liang May 21, 2017, 5:37 pm

      tergantung dari masing masing lensanya juga. mgkn bisa coba dicek pengennya invest ke lensa apa dulu. 🙂

    • Enche Tjin May 22, 2017, 9:54 pm

      Variasi sekali, sebagian lensa yang kecil 40an, sebagian lagi yang full frame seperti Sony FE bisa mencapai 82mm (seperti DSLR).

  • Paul Yahya May 18, 2017, 1:46 pm

    mencari stepup filter cukup rumit bagi saya yg byk pake lensa jadul RF yg sering lbh kecil dr 45mm, blm apabila dgn tambahan gadget timbulkan vignette- contoh saya blm berhasil cari cara pasang cpl /nd di voightlander 15mm…

    • Enche Tjin May 18, 2017, 7:35 pm

      Tentang Voigtlander 15mm, setau saya Benro ada bikinin filter holdernya. [link]. Kalau berminat yang seperti ini saya bisa bantu.

      Solusi lain di gergaji built-in hoodnya, tapi sayanglah hahaa..

Leave a Comment