≡ Menu

Review 7Artisans 35mm f/1.2 untuk kamera Fuji

7artisans saat ini cukup aktif dalam merilis lensa lensa manual berbukaan besar dengan harga murah dan compact untuk beberapa kamera mirrorless. Salah satu lensa yang saya coba adalah 35mm f/1.2 untuk Fuji. Lensa ini juga tersedia untuk kamera Sony E-mount APS-C.

Banyak kelebihan lensa ini yang menyebabkannya populer akhir-akhir ini, yaitu, bukaannya sangat besar, compact, harga terjangkau, dan jarak fokal lensanya cukup bervariasi, dari fisheye, 35mm, dan 50/55mm.

Bukaan yang sangat besar (f/1.2) memudahkan untuk memotret di kondisi yang sangat gelap misalnya malam hari, dan sekaligus membuat bagian yang tidak fokus menjadi blur/bokeh. Jarak fokal 35mm di kamera APS-C berarti sekitar 50mm (35 x 1.5), cocok untuk berbagai jenis fotografi terutama portrait, food, product, sampai street photography.

Secara desain, mengikuti klasik manual fokus lensa 1960-an, materialnya dari logam, bagus dan mulus. Sayangnya cat marka jarak fokus bukan di ukir dan di isi, jadi seiring penggunaan bisa jadi luntur.

Ring bukaan di lensa tidak ada click-stop-nya, keuntungan bagi yang mengunakan lensa ini untuk video, karena saat menerangkan atau menggelapkan scene terlihat mulus.

Kualitas gambar yang dihasilkan lensa ini seperti lensa jadul 60-an. artinya di bukaan f/1.2 hasilnya soft/tidak tajam dan sedikit glow (berpendar), tapi saat di stop down ketajaman lebih tinggi tapi tetap tidak begitu kontras.

Karena bukaannya besar, lensa ini bagus di kondisi gelap seperti contoh foto-foto. Bukaan f/1.2 memberikan ruang tajam yang tipis, bagian yang tidak tajam tidak begitu fokus.

Lensa ini cocok untuk portrait. Saat mengunakannya ada kesan nostalgia. Bagi pemula yang memiliki budget terbatas, lensa ini akan memberikan pengalaman mengunakan lensa manual fokus dengan harga yang terjangkau, karena lensa autofokus biasanya berukuran lebih besar dan harga beberapa lipat lebih tinggi.

Contoh foto dibawah mengunakan Fuji X-T20 dengan lensa 7Artisans 35mm di bukaan terbesarnya (f/1.2).

Kiri: film simulation Pro Neg Std, kanan Provia (keduanya dengan f/1.2).

Spesifikasi lensa

  • Bukaan: f/1.2-f/16
  • 35mm (ekuivalen 52.5mm di ff)
  • Jarak fokus minimum: 35 cm
  • Bilah diafragma: 9 bilah
  • Desain optik: 6 elemen dalam 5 grup
  • Manual fokus
  • Filter: 43mm
  • Berat: 150 gram

Contoh foto lain di situs resmi 7Artisans.

Bagi yang ingin membeli lensa ini, kami bisa membantu. hubungi Iesan di 0858 1318 3069. Yang ingin nyicil juga bisa (via Bukalapak/Tokopedia).

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 4 comments… add one }
  • adhi September 17, 2018, 6:47 pm

    maaf ko…saya newbie, minta sarannya kl di bandingkan dg meike 35mm f1.7 bagusan mana hasilnya….terima kasih sebelumnya….

  • Subaidi August 11, 2018, 5:08 pm

    Maaf oot, kok. Saya punya budgetb8 jutaan. Mohon saran kamera antara panasonic g7 dan canon 750d. Pemakaian vlog dan foto sesekali. Thanks

  • Carnadi August 11, 2018, 10:16 am

    Support lah….buat .. Koleksi dan kebutuhan…. Membantu penghoby maupun Prof. dngn budget bersaing…

Leave a Comment