≡ Menu

Tips kapan mengunakan zoom di Huawei P20 Pro

Di awal-awal perkembangan kamera ponsel, lensa yang tersedia biasanya hanya satu, dan biasanya lensa lebar ekuivalen sekitar 28mm ekuivalen kamera film/fullframe/35mm format.

Salah satu kelebihan ponsel Huawei P20 Pro ini adalah modul lensanya ada modul kamera telefoto 3x zoom (ekuivalen 81mm) dengan bukaan f/2.4 dan sensor gambar 1/4″. Modul kamera dan lensa ini memang tidak sebaik yang kamera utama yang resolusinya 27mm f/1.8 dan sensornya 1/1.7″, tapi jauh lebih baik menangkap detail daripada digital zoom ponsel dengan satu kamera yang sebenarnya cuma cropping saja.

Saat jalan-jalan ke Eropa beberapa saat lalu, fitur 3x zoom ini sering saya gunakan untuk memotret detail. Meski bukaannya tidak besar, tapi untuk segala suasana tetap oke, yang penting kita megangnya kokoh, setelah menekan tombol jepret, jangan langsung menggerakkan kamera, tunggu sejenak supaya kamera bisa menangkap foto yang tajam.

Beberapa contoh hasil zoom kamera ini yakni:

Foto diatas saya buat di dalam Katedral Cologne (Köln Dom). Supaya proporsinya pas, saya berdiri agak jauh dari subjek dan mengunakan zoom supaya subjeknya tidak terlihat kecil.  Jika saya mengunakan lensa kamera utama, maka saya harus agak dekat dan mendongakkan kamera ke atas sehingga terjadi distorsi yang berlebihan.

Untuk street photography juga bisa, terutama bagi yang agak pemalu, motretnya dari jauh hehehe 🙂

Untuk pemandangan saat trekking, hiking juga asyik, karena kadang kita tidak bisa maju lagi karena depan kita jurang atau danau.

Kesimpulannya, saya menilai pilihan modul 3x zoom ini sudah baik karena cukup berbeda dengan lensa kamera utamanya yang 28mm. Harapan kedepan-nya modul lensa ini makin diperbagus lagi dengan mengunakan sensor gambar dan bukaan yang lebih besar. 🙂

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment