≡ Menu

Leica V-Lux 5 : Kamera superzoom untuk explorer

Leica V-Lux 5 adalah jenis kamera superzoom yang mengunggulkan rentang zoom yang lebar dari jarak fokal wide angle 25mm sampai super telefoto 400mm. Lensa kamera ini punya bukaan yang lumayan besar yaitu f/2.8 di wide anglenya dan f/4 di telefoto-nya. Kamera ini tidak bisa tukar ganti lensa.

Kamera ini memiliki desain seperti kamera DSLR yaitu dengan adanya jendela bidik di bagian tengah dan atas kamera, dan ditandai dengan grip pegangan yang dalam. Layar LCD-nya bisa diputar dan dilipat memanjakan fotografer dan videografer yang suka memotret dengan sudut yang sulit, atau senang selfie dan vlogging. Meskipun demikian, ukurannya tidak sebesar kamera DSLR pada umumnya dan bobotnya relatif ringan, hanya 812 gram, sudah termasuk baterai dan memory card.

Fotografer yang sudah berpengalaman akan menyukai banyaknya kendali di fisik kamera, diantaranya ada dua dial di bagian atas kamera, dan ada tujuh tombol FN (function) yang bisa dikustomasi sesuai kebutuhan dan kebiasaan penggunanya.

Kinerja kamera relatif cepat, kecepatan autofokus untuk subjek bergerak sangat cepat dan kecepatan foto berturut-turut dapat mencapai 12 foto, tapi akan melambat menjadi 7 foto per detik jika mengunakan mode autofokus kontinyu (AF-C) untuk tracking subjek bergerak.

Kelemahan kamera ini yaitu body-nya belum weathersealed, jadi untuk motret di kondisi cuaca buruk dan berdebu harus berhati-hati. selain itu jika kita motret di kondisi backlight, misalnya mengarahkan lensa ke matahari, bisa memunculkan flare. Kualitas gambar yang dihasilkan dari kamera ini tidak sebaik kamera dengan sensor yang lebih besar seperti four thirds,APS-C dan full frame terutama di kondisi kurang cahaya, tapi cukup untuk sosial media dan cetak foto yang tidak terlalu besar (60cm).

Tiga foto dari atas mengunakan jarak fokal zoom lensa yang berbeda-beda dari lokasi yang sama: 75mm, 156mm dan 188mm.

Dibandingkan dengan kamera pendahulunya Leica V-Lux Type 114 yang pernah saya bawa ke Tibet, kamera ini memiliki beberapa peningkatan yang cukup penting, diantaranya layar LCD-nya lebih bagus resolusinya dan touchscreen. Jendela bidiknya juga lebih besar sehingga lebih nyaman mengunakannya saat di kondisi outdoor. V-Lux 5 juga sudah mendukung USB charging via powerbank & laptop, dan juga sudah ada bluetooth dan compatible dengan aplikasi Leica Fotos, sehingga mentransfer foto jadi lebih mudah, cepat, dan hemat energi.

Kesimpulannya, Leica V-Lux 5 ini saya rekomendasikan bagi yang suka jalan jauh dan ingin kamera yang memiliki lensa dengan rentang zoom yang luas, jika dibandingkan dengan kamera DSLR/mirrorless dan lensa wide dan telefotonya tentunya jauh lebih memberatkan.

Foto atas: 25mm (terlebar). Foto bawah: 400mm (zoom sampai mentok).

Tonton juga video review saya di Youtube untuk melihat lebih banyak contoh hasil foto dari kamera ini.

Jika ingin memesan kamera Leica V-Lux 5 ini atau produk Leica lainnya, bisa hubungi kami di WA 0858 1318 3069 / infofotografi@gmail.com Kamera terjamin asli dengan harga terbaik dan garansi resmi Leica Indonesia dan Internasional.

Spesifikasi Leica V-Lux 5

  • 20 MP 1″ type sensor
  • Video 4K (24, 25, 30 fps) Focus Stacking & Post Focus
  • Lensa ekuivalen 25-400mm f/2.8-4
  • Monitor 3″ (1.24 juta titik) touchscreen
  • OLED viewfinder 2.36MP / 0.74x magnification
  • Kinerja autofokus kurang lebih 90 milidetik
  • Kinerja foto berturut-turut 12 fps / 7 fps (AF-C)
  • USB Charging
  • Kapasitas baterai 440 gambar

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment