≡ Menu

Canon 90D vs Canon 7D II

Meski sekarang yang lebih trendy kamera mirrorless, tapi Canon tetap memperbaharui lini kamera DSLRnya, yang terbaru di tahun 2019 yaitu Canon EOS 90D. Kamera ini digosipkan menggantikan Canon 80D dan 7D II sebagai kamera semi profesional untuk berbagai jenis fotografi terutama untuk foto aksi.

Bagian belakang 90D menunjukkan desain yang sedikit berbeda

Perbedaan antara 80D ke 90D tentunya cukup banyak, tapi 90D juga ternyata punya kelebihan dibandingkan 7D II yang kastanya lebih tinggi tapi sudah berusia 5 tahun. Diantaranya adalah punya sensor 32MP banding 20MP, 90D juga punya LCD touchscreen yang bisa dilipat dan putar.


90D juga sudah dilengkapi bluetooth dan wifi, memudahkan untuk transfer foto, dapat merekam video sekualitas 4K tanpa cropping, kapasitas baterai yang lebih besar (1300 vs 670 foto), dan shutter electronic 1/16000 detik.

Lalu apakah 90D lebih segalanya daripada 7D mk II? Ternyata tidak juga, untuk fotografer sports atau aksi, sepertinya 7D masih punya keunggulan, contohnya nafas buffer JPG yang tak terbatas, sedangkan 90D hanya 58 foto, dan kemudian melambat.

Bagian belakang 7D mk II, 7D lebih kokoh tapi lebih berat kurang lebih 200g dari seri Canon 80D/90D

Kedua, 7D mk II punya 2 card slot SD card, berguna untuk backup atau overflow, dan jendela bidiknya lebih besar, dengan 65 titik fokus dibanding 45 titik di 90D sehingga lebih memudahkan untuk komposisi.

Jadi Canon 90D tidak sepenuhnya dapat menggantikan 7D mk II sebagai kamera paling cepat dan tangguh. Tapi 90D merupakan kamera yang cukup baik sebagai pengganti 80D, cocok sebagai kamera untuk hobi maupun bekerja asal bukan untuk jenis fotografi yang ekstrim.


Bagi teman-teman yang ingin belajar atau mengikuti kegiatan fotografi, silahkan memeriksa jadwal di halaman ini.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+

{ 2 comments… add one }
  • Uge September 27, 2019, 9:47 pm

    Begini suhu enche; secara sangat kebetulan postingan ini sesuai dengan apa yang saya fikirkan belakangan ini, ya.. kedua kamera ini yg bikin saya susah tidur. hehe. saya rencana mau beli kamera semi-pro. pilihan saya mengerucut di 2 pilihan di atas. Diantara keduanya yg lebih disarankan untuk foto Prewed dan Wedding sekaligus yg mana ya? lalu alasannya apa? terima kasih sebelum dan sesudahnya.

    • Enche Tjin September 29, 2019, 11:51 pm

      90D saja, saya pikir di saat skrg satu2nya alasan pilih 7D II kalau fokusnya ke sports photography atau wildlife, tapi kalau prewed, portrait, 90D lebih modern fitur2nya, lebih memudahkan dan cukup cepat kinerjanya. Selain itu ada juga yang mirrorless seperti Canon EOS R, itu juga menarik buat bekerja.

Leave a Comment