≡ Menu

Mendingan beli filter UV atau lens hood?

Beberapa saat yang lalu, saya mendapat pertanyaan dari pemirsa di Youtube Infofotografi yaitu:

“Mending beli lens hood atau filter UV?

Agus Syariffudin

Sebelum menjawab, kita perlu mengetahui apa fungsi filter UV dan lens hood. Karena keduanya adalah hal yang berbeda dan memiliki fungsi yang berbeda.

Filter biasanya berbentuk bulat dan di pasang di depan lensa. Filter UV yang bagus bening dan populer dari era kamera film. Filter UV berfungsi menyaring cahaya dan mencegah sinar ultra violet yang dapat mempengaruhi hasil gambar di era kamera film.

Hasil foto bisa kebiruan dan keunguan terutama saat digunakan di dataran tinggi. Di era fotografi digital, filter UV tidak begitu diperlukan karena sensor kamera digital tidak peka terhadap cahaya UV. Jadi pakai filter atau tidak kualitas gambar tetap sama.

Pemula harus berhati-hati dalam memilih filter. Jika mengunakan filter yang kualitas rendah, itu sama saja dengan memotret dibalik kaca yang kotor, hasil gambarnya akan tidak tajam dan tidak kontras.

Lens hood adalah aksesoris yang dipasang di depan lensa. Kadang kita harus beli terpisah, tapi sering juga sudah dipaketkan saat pembelian lensa.

Lens hood Leica SL 16-35mm

Fungsi lens hood adalah untuk melindungi bagian depan lensa. Beberapa tahun lalu, saat hunting foto, kamera saya sempat jatuh karena tripod saya tersenggol, tapi karena adanya lens hood, bagian depan lensa terlindungi, hanya lens hoodnya jadi somplak.

Fungsi kedua dari lens hood lainnya yaitu untuk mengurangi munculnya flare/suar, terutama saat menghadap sumber cahaya yang intensitasnya kuat dan juga cahaya dari samping.

Jadi menjawab pertanyaan Agus, menurut pendapat saya, keduanya penting, tapi jika budget kita terbatas, lebih baik memprioritaskan pada lens hood, jika ada budget yang cukup, belilah filter yang berkualitas tinggi sehingga tidak ada penurunan kualitas gambar.

Artikel ini juga bisa ditonton di Youtube


Ikuti kegiatan belajar fotografi Infofotografi. Pantau terus jadwal kami di sini.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 2 comments… add one }
  • Zulfian September 12, 2019, 5:35 pm

    Mau nanya om saya punya omd em5 mark ii dan lensa 12-40 f2.8, mending up ke omd em1 mk ii memakai lensa tsb atau ttp pakai em5 dan beli lensa 7-14 f2.8 pro, terimakasih

    • Enche Tjin September 12, 2019, 8:42 pm

      Tergantung kebutuhan sih, kalau banyak foto yang lebar seperti arsitektur dan landscape mungkin bagusan ke lensa, tapi kalau butuh kecepatan dan ketangguhan kameranya yang di upgrade.

Leave a Comment