≡ Menu

Bagaimana cara cari uang dari fotografi?

Sudah punya kamera yang cukup canggih, sudah belajar fotografi, mengapa tidakmemanfaatkan ketrampilan tersebut untuk cari uang/duit dari fotografi?

Beberapa waktu yang lalu, saya dan Erwin berbincang-bincang tentang apa saja yang bisa dilakukan jika kita memiliki ketrampilan fotografi.

  1. Jasa fotografi
    Sebagai fotografer bisa menawarkan jasa fotografi, misalnya foto wedding/pre-wedding, foto portrait, foto keluarga, foto liputan, bahkan foto liburan. Foto produk seperti makanan dan fashion.
  2. Foto komersil / Iklan
    Biasanya menawarkan ke klien seperti perusahaan atau institusi pemerintahan. Untuk bisa menawarkan ke klien yang tingkatnya lebih tinggi, biasanya kita perlu tim, perlu portfolio, pengalaman dan mungkin juga sertifikat kompetensi atau sertifikat fotografer profesional.
  3. Sebagai pegawai / staf dokumentasi
    Di berbagai perusahaan, sering dibutuhkan fotografer untuk mengisi pegawai tetap seperti di media cetak atau online, juga bisa di perusahaan yang punya divisi komunikasi atau Humas, yang semakin membutuhkan fotografer terutama di era sosial media saat ini. Kami sendiri di Infofotografi sering diminta untuk melatih pegawai tetap untuk “melek” kamera dan fotografi supaya hasil foto liputan mereka lebih bagus.
  4. Menjual foto lewat penyedia stok foto
    Kita bisa mengunggah foto kita ke penyedia stok foto seperti Stockphoto, 123RF, dan lainnya. Jika ada yang membeli foto yang kita unggah, akan mendapatkan komisi. Sebagian besar sifatnya part time, tapi ada juga yang full time, tapi yang full time harusnya memahami kebutuhan pasar akan foto yang dibutuhkan, foto yang dibutuhkan sering kali bukan yang keren sekali / indah sekali. Lebih ke konseptual seperti terutama untuk kebutuhan perusahaan.
  5. Bisnis edukasi & sekolah
    Seperti yang kita jalanin selama 10 tahun belakangan adalah menjadi guru fotografi, yaitu menyelenggarakan kelas-kelas fotografi, editing secara rutin. Untuk bisa sukses di bisnis edukasi, dibutuhkan karakter pengajar yang sabar, dan bisa menjelaskan hal rumit dengan bahasa yang sederhana. Bisa juga sebagai guru di sekolah atau kampus jurusan fotografi, broadcasting, desain komunikasi atau multimedia.
  6. Penyelenggara tour fotografi
    Kami juga sering menyelenggarakan tour fotografi, dimana di lapangan instruktur/pemandu akan membantu peserta untuk memotret untuk mendapatkan foto yang baik. Diperlukan pribadi yang berkemampuan mengorganisir dan bekerjasama dengan baik untuk bisa menjalankan tour fotografi secara rutin.
  7. Fotografi sebagai penunjang bisnis lain
    Fotografi bisa digunakan menunjang bisnis lain, misalnya bila kita menjual produk seperti fashion, makanan, keterampilan fotografi bisa dimanfaatkan untuk membuat foto yang menarik dari produknya sehingga meningkatkan penjualan produknya.
  8. Membuat Youtube / Blog
    Membuat konten Youtube tentang fotografi, jika menjadi populer dan banyak pemirsanya, bisa jadi mendapatkan penghasilan dari iklan atau deal dengan brand-brand yang berhubungan dengan fotografi seperti kamera, lensa, aksesoris, software dll atau jadi influencer dan ambassador.

Pada intinya, setiap usaha yang berkaitan dengan fotografi tidak mudah dan tidak semuanya bisa berhasil, dan yang sudah berhasil pun belum tentu bisa berkelanjutan (sustainable), terutama dalam iklim ekonomi saat ini. Untuk bisa sukses membutuhkan berbagai tahapan, dimulai dari menguasai teknik fotografi yang baik.

Tips terakhir adalah kita harus mempertimbangkan berbagai sumber penghasilan (multiple income sources). Jika kita hanya mengandalkan satu sumber (avenue) misalnya jasa foto wedding saja, bagaimana penghasilan kita saat bukan musim wedding? atau saat persaingan meningkat? Jika kita punya berbagai sumber penghasilan tentunya akan lebih baik dan lebih stabil.

Perbincangan ini secara lengkap bisa disaksikan juga di Youtube Infofotografi

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 1 comment… add one }
  • Apris January 7, 2020, 5:04 pm

    tambahan koh.. Job Photo Alkena di sekolah sekolah … hehehe..

Leave a Comment