≡ Menu

Panasonic Lumix G9 vs G95 apa bedanya?

Kamera Lumix G9 belakangan naik daun lagi karena harganya sudah turun ke Rp17.5 juta dari Rp22.99jt saat peluncuran dua tahun yang lalu (2018), dan mendapatkan firmware update baru. Sedangkan Lumix G95 adalah kamera yang baru diluncurkan bulan April tahun lalu (2019). Harga G95 body-only sekitar Rp14.99jt, tidak terpaut terlalu jauh bukan?

Kiri: Lumix G95, Kanan G9

Pertama-tama kita harus kenal dulu kalau G9 yang 1 digit kelasnya diatas yang G95 (dua digit). Jadi G9 dibuat untuk tingkat yang lebih pro. Jadi punya kelebihan di kualitas body, misalnya grip lebih besar, ada top LCD screen, baterai yang lebih besar kapasitasnya, jendela bidik yang lebih besar, dan punya dual memory card slot.

Kinerja kamera juga lebih unggul G9, misalnya kecepatan foto berturut-turutnya bisa mencapai 20 fps dengan electronic shutter, 9 fps dengan mechanical, sedangkan G95 mentok di 9 fps, dan 6 fps dengan continuous shooting. Untuk stabilizernya, G9 juga lebih kuat (6.5 stop dibanding 5 stop).

Dari segi video, G9 unggul di kemampuan merekam 4K tanpa crop, sedangkan yang G95 ada 1.28x crop, tapi kelebihan G95 yaitu bisa rekam tanpa batas waktu.

Bagi yang ingin kamera seringan mungkin, G95 lebih unggul karena fisiknya lebih kecil dan lebih ringan, berat G95 hanya 536g sedangkan G9 beratnya 658g, keduanya sudah dengan baterai terpasang.

Memilih yang mana tergantung dari budget, dan tentunya secara keseluruhan G9 adalah kamera yang lebih baik yang mana tercermin dari kelas, spec dan harganya. Tapi G95 punya beberapa kelebihan misalnya bisa rekam tanpa batas waktu, lebih ringan dan kecil, dan mungkin lebih cocok dan pas di kantong.


Ingin ikutan workshop belajar fotografi bersama Infofotografi & Panasonic? Silahkan kunjungi jadwal acara di halaman ini.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 2 comments… add one }

Leave a Comment