≡ Menu

Olympus akan pamitan setelah 84 tahun

Setelah bertahun-tahun merugi, divisi Imaging Olympus, yang memproduksi dan menjual kamera dan lensa akan dilepas perusahaan induknya dan dikelola oleh JIP (Japan Industrial Partner), sebuah perusahaan ekuitas Jepang yang biasa membeli divisi bisnis yang bermasalah dan berupaya untuk memperbaiki dan kemudian menjualnya kembali, contohnya JIP pernah membeli divisi komputer Sony VAIO.

Masa depan divisi kamera Olympus tentunya jadi tanda tanya meskipun Olympus menyatakan merk seperti Zuiko, O-MD, tetap diteruskan. Kemungkinan yang lebih besar adalah produk Olympus akan terus dijual dan pelanggan akan tetap mendapatkan pelayanan setidaknya sampai akhir tahun 2020. Setelahnya belum diketahui tergantung dari perusahaan baru yang mengakuisisi divisi imaging/kamera Olympus.

Saya pribadi melihat kedepannya Olympus tidak akan sama lagi, selama beberapa tahun lalu, kita bisa melihat inovasi Olympus sudah sangat berkurang dan secara hardware kamera Olympus tidak banyak berbeda dari kamera yang telah dikeluarkan 5-6 tahun yang lalu. Yang saat ini memiliki gear Olympus baik kamera dan lensanya tidak perlu terlalu berkecil hati karena masih ada Panasonic Lumix yang masih akan berinovasi dan mengembangkan sistem micro four thirds dan kalian bisa mengunakan lensa Panasonic untuk dipasang di kamera Olympus atau lensa Olympus di kamera Panasonic.

Artikel yang berkaitan: Apakah pabrikan kamera bisa bertahan di 2020?

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment