≡ Menu

Pixii, kamera rangefinder baru di era digital

Ide membuat kamera rangefinder digital dicetuskan Pixii dari tahun 2018, dan saat itu berhasil mengumpulkan dana Euro 95.000 di akhir 2018, dan sempat tidak kedengaran lagi. Tapi di awal bulan Juni 2020 ini beredar kabar kamera Pixii ini akan segera diluncurkan dan saat sekarang sedang dalam beta-testing oleh fotografer pilihan.

Kamera ini menarik karena dia memiliki sistem rangefinder, yaitu punya jendela bidik optik dan mekanisme manual fokus seperti kamera Leica M. Jendela bidiknya mendukung frameline untuk lensa 28, 35, 40mm dan 50mm. Perbedaannya yaitu dia tidak punya layar LCD. Untuk bisa lihat hasil gambar atau mengatur setting kamera dapat mengunakan ponsel via aplikasi.

Yang tidak kalah menarik adalah kamera ini mengunakan sensor kamera global shutter 12MP dengan ukuran APS-C tanpa low-pass filter. Rentang ISO-nya dari 320 sampai 2500. Dari pengujian beta tester dari situs 35mmc, kualitas gambar di ISO tinggi masih banyak noise tidak seperti kamera modern meskipun kamera ini hanya 12MP. Mungkin di masa depan, perkembangan software dapat membantu mengurangi noise.

Spesifikasi Pixii (model A1112)

  • Kamera rangefinder dengan jendela bidik 0.67x
  • M-mount (compatible dengan lensa Leica M-mount (
  • APS-C (1.6x) 12MP ISO 320-2500
  • Berat 460gram
  • Material Alumunium
  • Penyimpanan internal 8-32 GB
  • Buatan Perancis
  • Harga: diperkirakan Euro 3500 atau Rp 52 juta.

Karena perkiraan harga yang tinggi dan fitur yang terbatas, kemungkinan besar penjualan kamera ini akan terbatas ke orang-orang yang ingin mencoba hal yang berbeda. Beberapa berdebat bahwa dengan harga setinggi ini, lebih baik membeli kamera Leica M bekas. Ini ada benarnya tapi menurut saya kamera ini adalah sesuatu yang berbeda. Saya pribadi menyambut baik kamera ini untuk meramaikan pasar dan memberikan alternatif terutama yang senang desain rangefinder dan memiliki lensa rangefinder.


Ikuti kelas dan livestream Infofotografi di Youtube & Facebook Page.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 1 comment… add one }
  • Jaliteng June 12, 2020, 11:09 am

    Jadi inget ama kamera Practica dan lensa Angenieux di jaman kamera film dulu yg sama2 bikinan perancis..

Leave a Comment