≡ Menu

Sigma luncurkan lensa supertelefoto murah dan compact untuk L-mount dan Sony E-mount

Sigma hari ini meluncurkan lensa super telefoto baru: Sigma 100-400mm F5-6.3 DG DN OS yang dirancang khusus untuk kamera mirrorless dari awal, bukan adaptasi dari lensa telefoto untuk DSLR yang telah ada. Lensa ini sementara tersedia untuk dua sistem, L-mount (Leica, Lumix, Sigma) dan Sony E-mount. Lensa ini bisa digunakan dengan optimal untuk kamera full frame maupun APS-C.

Dengan Sigma fp (L-mount) kamera full frame terkecil

Tidak banyak lensa ultra telefoto diatas 200mm untuk kamera mirrorless full frame. Sampai saat ini hanya ada Sony GM 100-400mm F4.5-5.6 dan Sony 200-600mm F5.6-6.3G OSS. Dibandingkan keduanya, lensa Sigma 100-400mm jauh lebih compact dan ringan juga harganya lebih murah, yaitu USD949 atau sekitar Rp13.5 juta.

Lensa ini memanfaatkan keuntungan desain mirrorless misalnya menurunkan berat dan ukuran, desain elemen lensa fokus yang ringan sehingga autofokus menjadi lebih cepat, mendukung face & eye detect (untuk Sony, Lumix), dan bisa fokus cukup dekat untuk lensa supertelefoto, yaitu 1.12m di 100mm, dan 1.6m di telefoto. Perbesarannya kurang lebih 1:4.1 di telefoto.

Dipasang di seri kamera Sony A7/A9

Kualitas foto juga lebih baik daripada desain lensa DSLR Sigma 100-400mm sebelumnya, selain lebih tajam, lebih tahan ghost/flare, chromatic abberation.

Yang menyenangkan lensa ini cukup compact (panjang 197.2mm dan diameter 86mm), dan beratnya juga relatif ringan yaitu 1,13kg. Filter yang digunakan juga cukup kecil untuk ukuran lensa supertelefoto yaitu 67mm. Meskipun compact, lensa ini sudah anti debu dan cipratan air (moisture-dust and splash proof).

Bagi saya lensa ini cukup menarik dan tentunya cukup dinantikan pengguna kamera mirrorless baik Leica SL, Panasonic Lumix S ataupun Sony yang menginginkan lensa supertelefoto yang compact dengan harga yang terjangkau.

Dilengkapi dengan tuas autofokus, focus limiter, optical stabilizer & tombol focus lock

1.4x & 2x Sigma teleconverter

Selain lensa 100-400mm baru, Sigma juga mengumumkan teleconverter baru yang bisa bekerja dengan lensa ini untuk memperpanjang jarak fokal lensa ini dengan kompromi bukaan maksimum lensa berkurang 1 dan 2 stop.

Kiri: dengan lensa teleconverter 1.4x

Kualitas gambar bisa dilihat dan diunduh di situs Sigma Global


Bagi teman-teman yang ingin belajar fotografi online, silahkan periksa jadwal pelatihan di halaman ini.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 1 comment… add one }
  • Lukman zammari June 19, 2020, 8:12 am

    Di Surabaya yg sdh ready jual di toko mana..koh…

Leave a Comment