≡ Menu

Memanfaatkan Kamera Canon sebagai Webcam (Tanpa Capture Card)

Akhir-akhir ini, kegiatan kita diharuskan untuk bertatap muka secara online, baik meeting online, video call atau livestream sehingga kebutuhan akan hasil tampilan yang bagus semakin meningkat. Jika sebelumnya kita hanya mengandalkan kualitas dari webcam dari laptop ataupun kamera dari HP, kemunculan capture card membuat tampilan semakin bagus. Hanya saja, ada tambahan biaya yang lumayan juga untuk ongkos pembelian Capture Card itu sendiri.

Di akhir bulan April 2020, Canon pertama kali memperkenalkan software EOS Webcam Utility Beta yang dapat mengkoneksikan kamera Canon sebagai webcam hanya dengan menggunakan kabel USB tanpa perlu alat tambahan lain. Software ini dapat diunduh di sini dan bisa kita perhatikan juga tipe-tipe kamera yang kompatibel untuk memakai software ini.

Daftar kamera yang didukung untuk penggunaan EOS Webcam Utility

Di sini juga saya uraikan beberapa penamaan kode Rebel yang berbeda antara lain: SL2 (200D), SL2 (250D), T6 (1300D), T6i (750D), T7 (1500D), T7i (800D), T100 (3000D).

Setelah kita pilih tipe kamera yang kita miliki, bisa langsung download aplikasinya dan install.

Pilih sistem operasi komputer (windows atau iOS) dan download EOS Webcam Utility Beta

Install aplikasi ke laptop

Setelah selesai, hubungkan kabel USB ke kamera di satu sisi kabel dan satunya lagi ke laptop kemudian tinggal menjalankan aplikasi livestreaming ataupun meeting online. Di bagian setting video, kita dapat memilih EOS Webcam Utility Beta dan tampilan otomatis akan beralih ke tampilan dari kamera Canon.

Di setting videonya, bisa dipilih EOS Webcam Utility Beta

Keunggulan dari software ini adalah setting kamera yang masih dapat berfungsi atau diubah-ubah setelah dikoneksikan sebagai webcam. Selain itu, autofokus juga berjalan dengan baik.

Bagi yang ingin mengikuti petunjuk ini melalui video berikut

Semoga bermanfaat.

About the author: Iesan Liang adalah seorang penggemar fotografi yang aktif berkontribusi untuk acara Infofotografi. Salah satu buku karangan Iesan adalah Kursus editing dengan Adobe Lightroom. Temui Iesan di Instagram atau Google+

{ 3 comments… add one }
  • Komar July 7, 2020, 12:02 pm

    Mantap Ci Iesan infonya. Terkait fungsi baru ini, apakah ada durasi waktu sampai kamera mati secara otomatis? Semisal 10, 15 atau 30 menit?

    Terima kasih informasinya

    • Iesan Liang July 8, 2020, 11:26 am

      Kamera tidak melakukan proses perekaman, hanya berfungsi sebagai alat untuk menampilkan apa yang ditangkap kamera, jadi durasinya itu akan bertahan sampai baterai habis.

      • Komar July 8, 2020, 12:29 pm

        I see… terima kasih jawabannya Ci Iesan…

Leave a Comment