≡ Menu

Online sharing: Videography for Youtube Content Creator

Halo teman-teman semuanya.. Sudah pada tahu kan kalau infofotografi juga punya channel Youtube? Jadi selain menulis di blog infofotografi.com ini, kami juga memakai berbagai media sosial termasuk Youtube untuk membuat banyak konten menarik. Di bulan ini, kami cukup senang karena channel Youtube infofotografi sudah mencapai 30 ribu subscriber, berkat dukungan penonton semua tentunya.

Seiring era multimedia dan generasi sekarang yang lebih menyukai audio visual, maka Channel Youtube infofotografi dibuat untuk mendukung kegiatan sharing informasi dan juga review peralatan fotografi dengan Enche Tjin sebagai host, dan saya serta Yessy sesekali mengisi konten juga disana. Selain itu di channel ini juga kerap mengajak diskusi fotografer lain untuk berbagi pengalaman. Sejak adanya pembatasan aktivitas karena pandemi, Youtube infofotografi juga rutin mengadakan berbagai live streaming yang menarik.

Tangkapan layar dari halaman depan Youtube Infofotografi

Kerap muncul pertanyaan terkait konten video yang dibuat di Youtube infofotografi, seperti bagaimana teknis pengambilan gambarnya, kamera dan lensa apa yang dipakai, seperti apa pencahayaan dan audionya, hingga cara editing videonya. Hal ini mungkin disebabkan karena banyak penonton yang belum mengerti bagaimana proses produksi konten video untuk Youtube, padahal punya keinginan untuk bisa membuat konten yang semacam itu. Secara singkat bisa dijawab disini kalau kamera yang hampir selalu dipakai membuat konten adalah kamera Lumix, baik itu Lumix G85 dan Lumix G9, baik di studio maupun di luar ruangan. Adapun lensa yang kerap dipakai adalah Leica 25mm f/1.4 dan Lumix 12-35mm f/2.8. Tapi anda tentu ingin tahu lebih tentang bagaimana pengaturan alat-alat tersebut dan alur kerjanya kan?

Untuk itulah kami merasa ingin berbagi pengalaman dan sharing tentang hal-hal dibalik pembuatan Youtube infofotografi, baik secara teknis, alur kerja, hingga cerita-cerita unik di lapangan. Karena kita masih di era pandemi, maka sharing kali ini dilakukan secara online melalui aplikasi Zoom pada :

  • hari : Minggu, 6 September 2020
  • Jam: 14.00-17.00 WIB
  • pemateri : Tim Infofotografi

Anda yang tengah merencanakan membuat channel Youtube, atau ingin belajar hal-hal teknis dibalik proses produksi konten video, atau ingin tanya jawab seputar kamera dan lensa untuk video, dipersilahkan mendaftar di acara sharing ini dengan menghubungi Iesan di 0858-1318-3069. Acara ini didukung juga oleh Panasonic Lumix Indonesia.

About the author: Erwin Mulyadi, penulis dan pengajar yang hobi fotografi, videografi dan travelling. Sempat berkarir cukup lama sebagai Broadcast Network TV engineer, kini Erwin bergabung menjadi instruktur tetap untuk kursus dan tour yang dikelola oleh infofotografi. Temui dan ikuti Erwin di LinkedIn dan instagram.

{ 5 comments… add one }

Leave a Comment