≡ Menu

Review Nikon Nikkor Z 50mm f/1.2 S

Setelah dua tahun hadirnya sistem kamera mirrorless Nikon Z, fotografer pengguna Nikon Z dimanjakan dengan hadirnya lensa-lensa 50mm yang berkualitas, katakanlah Nikkor Z 50mm f/1.8, Nikkor 58mm f/0.95 dan yang Z 50mm f/1.2 ini. Lensa 50mm f/1.2 adalah salah satu lensa yang fleksibel dan penting, karena dapat digunakan untuk berbagai jenis fotografi seperti portrait, wedding, still life dan street.

Di zaman DSLR, Nikon tidak memiliki lensa Nikon 50mm f/1.2 modern yang bisa autofokus, jadi kehadiran Z 50mm f/1.2 S tentunya sangat menggembirakan. Nikon tidak tanggung-tanggung dalam merancang lensa ini. Fiturnya canggih dan kualitas optiknya bagus.

Yang mengesankan bagi saya yaitu penggunaan teknologi coating terbaru yang bernama Arneo yang dipadukan dengan Nano Crystal Coat dan Super integrated coating yang sangat membantu saat memotret di kondisi backlight. Dalam pengujian saya dengan Nikon Z7II dalam memotret subjek model yang disinari dari belakang, kualitas gambarnya masih sangat tajam dan kontras. Tidak ditemukan flare. Chromatic abberation juga sangat minim dan sulit ditemukan.

Motor fokus yang digunakan berjenis stepper motor, lebih mulus dan tidak bersuara sehingga cocok untuk foto maupun video. Saya mendapati kecepatan fokusnya cukup cepat untuk lensa f/1.2 dan sangat akurat. Beberapa kali saya mencoba foto dengan bukaan terbesar dan dari jarak dekat dan lensa tetap terfokus ke iris mata bukan ke bulu mata atau hidung.

Secara fisik lensanya relatif besar. Berat lensa ini 1 kg, panjangnya 15cm dan mengunakan filter 82mm. Di body lensanya ada aperture ring dan manual fokus ring. Nikon menyebut manual focus ring ini control ring karena bisa diganti fungsinya menjadi exposure compensation atau ISO. Juga ada layar LCD kecil yang menunjukkan beberapa informasi seperti jarak fokus, ruang tajam dan bukaan lensa yang sedang aktif.

Dalam pemakaian selain saya merasa ukurannya agak sedikit besar, posisi ring aperture yang agak kecil dan resistensinya sepertinya kurang sehingga kadang tergeser saat penggunaan. Untungnya, control ring ini bisa di OFF jika dibutuhkan. Secara keseluruhan saya senang melihat hasil foto dari kombinasi Nikon Z7II dengan Z 50mm f/1.2 ini karena gambarnya tajam, detail, autofokusnya akurat dan bokeh (background blur-nya) mulus dan enak dilihat, sangat ideal untuk berbagai jenis fotografi.

Saksikan video reviewnya di Youtube Infofotografi

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 2 comments… add one }
  • Ardiansyah April 15, 2021, 3:53 am

    Review tentang SLR Magic Cine II 50mm f/1.1 Lens (Sony E-Mount) ko

  • Hamda sei April 3, 2021, 10:29 pm

    Koh, mau tanya, sy pnya kamera canon 600d, punya uang sekitaran 8jt baiknya beli lensa apa ganti kamera yaa ?

Leave a Comment