≡ Menu

Jenis file: RAW & JPG

File RAW adalah file hasil rekaman kamera yang murni, belum diproses dan belum dikompresi. Karena itu, file RAW adalah jenis file yang optimum. File RAW menyimpan detail foto maksimal sehingga ukuran file tipe ini pun jauh lebih besar daripada jenis JPG.

File ini perlu diproses lagi oleh Anda di dalam software pengedit gambar seperti Adobe Photoshop, Lightroom atau software yang diikutsertakan bersama kamera digital Anda. Sekilas, gambar yang terekam agak buram dan kurang kontras, tapi Anda dapat menyetel kontras, ketajaman, warna dan eksposur sehingga foto yang diperoleh menjadi optimal.

Tidak semua kamera digital memiliki fasilitas merekam gambar dalam tipe RAW. Hanya kamera saku advance dan digital SLR yang memiliki fasilitas ini.

File JPG adalah file yang telah diproses dan dikompresi sehingga tidak memakan tempat penyimpanan yang besar dalam media penyimpanan Anda. Proses JPG ini biasanya bisa dikendalikan dalam setting kamera seperti picture style, atau picture control, dimana Anda bisa menentukan tingkat ketajaman, intensitas warna dan sebagainya.

Karena file JPG cukup kecil dibandingkan dengan RAW, dan proses JPG oleh kamera digital modern sudah cukup baik, maka banyak profesional yang mulai beralih untuk merekam gambar dengan jenis JPG. Bila Anda sering mengambil foto secara berturut-turut seperti saat mengambil gambar olahraga, atau subjek yang bergerak, saya menyarankan mengunakan file JPG sehingga kamera kartu memori anda bisa menyimpan sebagian besar file dengan cepat.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 48 comments… add one }
  • Zikraa January 19, 2021, 1:28 pm

    Selamat siang Ko
    Mohon izin bertanya.
    Saya memiliki Canon 1300d, sering foto landscape dan portrait dgn file RAW. Saat ini, kamera sudah diset ke Raw, tapi saat impor ke hp, malah jadi jpeg dgn ukuran dibawah 800kb, itu apakah penyebabnya? Karena biasanya aman2 saja.

    Mohon tanggapannya ko

    Terima kasih

    • Erwin Mulyadi January 21, 2021, 9:46 am

      Aplikasi di HP tidak support import RAW, jadi yg diambil versi JPG kecilnya utk kebutuhan media sosial saja. Saran saya RAW itu diambil lewat card reader aja langsung ke PC/laptop.

      • Zikraa January 26, 2021, 7:53 am

        Terima kasih tanggapannya
        Maksud saya, kamera saya di set RAW, saat import ke komputer atau hp, yg terbaca jpeg, dan file jadi kecil, padahal biasanya terbaca RAW di hp maupun laptop. Apakah RAW dikamera sdh tak berfungsi lagi? Makanya saya pindah ke RAW+JPEG.
        Maaf kalau ada salah kata

  • Hanif August 13, 2020, 10:24 am

    Pak, saya mau tanya bedanya raw compressed dan uncompressed apa ya?

    • Erwin Mulyadi August 13, 2020, 10:38 am

      RAW umumnya sudah di kompresi supaya file tidak terlalu besar, tapi lama-lama ada beberapa kalangan yg meminta produsen kamera menyediakan fitur RAW yg tidak di kompres demi dapat kualitas gambar terbaik. Kalau kameranya menyediakan pilihan ini, silahkan pilih sesuai kebutuhan. Tapi ingat RAW yg tidak di kompres itu filenya besar dan menulis satu foto ke kartu memori saja lama, perlu waktu beberapa detik.

  • Alfiandi April 8, 2017, 11:21 pm

    Ko,mau tanya,bedanya uncompressed raw sama compressed raw apa?

    • Dewi January 5, 2020, 4:40 pm

      Koh mau tny knp Fujifilm xt20 sy tidak ada pilihan RAW ya? Cm ada pilihan fine dan normal saja.

      • Enche Tjin January 6, 2020, 12:10 pm

        Coba cek roda mode di sebelah kiri atas kameranya (Adv) coba diganti ke mode lain.

  • Arif sahroni May 15, 2016, 5:46 pm

    Pak, saya ppake canon 650D file raw nya gak bisa dibuka di photosop cs5, tetapi file raw Dari kamera 500D bisa DIBUKA di photosop cs5, kira2 kenapa ya?? Trs ada rekomendasi ga pak saya buka file raw nya pake software apa

    • Enche Tjin May 15, 2016, 9:14 pm

      Karena 650D lebih baru dari CS5. Di perbaharui aja softwarenya (adobe camera raw).

  • vitha November 14, 2015, 12:09 am

    mas aku mau tanya dong .aku foto pake slr ia truss aku pake raw pas memory aku pindahin ke hp malah kaga ada mas itu gimana ada filenya tpi gak ada gambarnya .tolong jelasin saya harus apah

  • Arif Wisesa January 13, 2015, 5:02 pm

    Mas Enche, maaf mau numpang tanya
    Apa istimewanya file RAW dibanding JPG, kan file JPG juga bisa diedit di photoshop, lightroom, dll
    Mohon pencerahannya mas hehe

    • Enche Tjin January 14, 2015, 7:08 am

      Bedanya waktu di edit cukup ekstrim, kualitasnya tidak menurun, dan lebih bagus saat memulihkan bagian yang terlalu gelap atau terlalu terang.

  • mee May 14, 2014, 10:07 am

    mw tanya..ubah fto sony RX100II RAW ke jpg gmn yha?

    • Enche Tjin May 14, 2014, 10:16 am

      Cari di menu, terus gambar kamera 1 > quality > Pilih fine atau standard

  • fadli japsing September 16, 2013, 1:28 pm

    mau nanya mas, mana yg lebih bagus kualitas foto, bila penyimpananya pakai format RAW atau RAW+ JPEG, mohon penjelasanya mas,, thanks

    • Enche Tjin September 17, 2013, 11:16 am

      @fadli RAW menyimpan data yang komplit, tapi bukan berarti kualitasnya bagus. Kualitas foto itu agak subjektif. RAW perlu di olah digital untuk mengeluarkan detailnya, JPEG sudah jadi.

  • Mas Amet July 27, 2013, 8:24 pm

    om nau nanya,,, sya msih pkek canon 650D, trus stlah saya ngambil gmbar, pas dilihat di kamera hasilnya bagus dan tajam, tapi pas dipndahin ke kmputer jdi brbah, gambarnya jadi gak tajam lagi. itu gimana om?? oh iya, saya sering ngakalinnya dengan merubah bright/contrastnya dengan “Microsoft offisce picture manager” yang ada di komputer. makasih om sebelumnya

    • Enche Tjin July 30, 2013, 12:26 pm

      @Mas Amet Biasanya karena teknik fotonya masih kurang baik. Nilai shutter speed mungkin terlalu lambat, atau bisa juga tidak fokus. Sebaiknya tekniknya dimantepin aja dulu. Coba baca artikel supaya foto tidak blur.

  • Rohmat March 21, 2013, 2:40 pm

    Bos mau nanya q lagi belajar jepret pake nikon D90 q coba foto pake format Image Quality NEF (RAW).. saat q transfer k komputer gambar malah g kelihatan n q coba pake photshop cs3 juga g kebuka tolong solusinya..
    terimakasih

    • Enche March 21, 2013, 6:39 pm

      @Rohmat coba pakai software dari Nikonnya yang dibundel dengan kameranya. Atau Photoshop CS5/6

  • zal February 14, 2013, 10:27 pm

    bro mo nanya .. knp yah aku kalo make format raw selalu noise tinggi .. ada saran ?? thx before

    • Enche February 16, 2013, 12:03 am

      @zal di format RAW, memang noise belum dimuluskan. Kalau JPEG biasanya sudah dimuluskan sedikit banyak dengan pengaturan NR(noise reduction). Noise perlu dikurangi lewat editing seperti Adobe Lightroom/Photoshop CS

  • Nino February 1, 2013, 12:14 am

    Mas kalo di kamera sony nex 7
    aϑa mode JPG + RAW itu apa ya mas?
    Makasi atas penjelasannya

    • Enche February 1, 2013, 7:51 am

      @Nino artinya gambar akan terekam dalam dua format file, JPG dan RAW

  • Herlan July 9, 2011, 9:13 pm

    Ada pengalaman saya yg kurang menyenangkan dalam membuat foto, ketika saya sdh mengambil beberapa moment foto dengan bagus dari segi komposisi dan yg lainnya, setelah dibuka di PC untuk diedit, ternyata foto yang saya inginkan malah kelihatan blank sebagian,.. kira2 kenapa yah hal itu bisa terjadi? mohon penjelasannya dan bagaimana cara menghindari hal itu terulang kembali. Terima kasih.

    • Enche July 10, 2011, 1:35 pm

      Blank sebagian maksudnya seperti apa? ada contoh?

      • PRASADA AGRA April 21, 2016, 2:03 pm

        Pak mau tanya mengapa kalau kita memotret di kamera dslr,habis itu kita lihat di laptop kok hasilnya kurang cerah dan berbeda jauh seperti di kamera

        • Enche Tjin April 22, 2016, 8:16 pm

          Layar LCD kamera sekarang ini banyak yang dibuat dengan kualitas tinggi, dibuat lebih kontras dan cerah. Tapi mungkin juga kualitas layar LCD di laptop kurang bagus?

  • Asril March 23, 2011, 4:23 am

    Thanks mas infonya

  • eli March 22, 2011, 4:13 am

    mas, kalau mau mengubah dari format RAW ke JPG atau sebaliknya, bagaimana caranya? Maaf saya pemula…

    • Enche March 22, 2011, 5:08 am

      cari di bagian picture quality disana ada pilihan-pilihannya. Ada juga kamera yang cuma bisa JPG aja (biasanya kamera saku)

  • r@fly March 17, 2010, 3:02 am

    terima kasih mas semua infonya, saya pendatang baru juga nih.
    mau tanya, mana lebih baik pd saat pengambilan gambar pake RAW atau JPG, anggap memory saya memadai dan besar pengaruh jenis memory yang saya pakai mis, class 4 5 6 atau extreem

    • Enche March 17, 2010, 10:06 am

      RAW yang terbaik karena menyimpan data paling utuh dan komplit. Kekuranganya yaitu ukurannya besar dan perlu diolah sebelum dipakai.

  • tirto December 30, 2009, 3:57 am

    mas Enche,maaf kalo file Raw,Tiff,Jpg….komponenn warnanyanya RGB atau CMYK…..maaf kalo nanyanya salah,makasih.

    wass Tirto AMR

    • Enche December 30, 2009, 4:52 am

      Salam, RAW bukan RGB dan CMYK, tapi kalau Anda proses file RAW di Adobe Photoshop misalnya, biasanya di jadiin RGB.

      • Robin February 8, 2021, 3:13 am

        Halo , mau tanya dong koh/om, Kenapa File RAW dari hasil foto Sony A6000 saya kenapa masuk ke adobe lightroom tidak bisa kebaca ya hasil foto RAW nya dan tidak bisa diedit ( Blank hitam ) ?
        tetapi preview di library adobe lightroom nya bisa . apakah ada yg salah dengan aplikasinya atau gimana ya ?
        dan solusinya gimana yaa ?

        mohon dibantu info nya dong

  • Enche December 26, 2009, 2:53 pm

    Karena settingnya berubah ke Adobe colorspace. Yang IMG itu SRGB. coba cari di menu tentang colorspace. Kalau gambar cuma buat simpan di komputer atau di web gak pengaruh. Tapi pengaruhnya ada waktu cetak.

    Perbedaannya bisa baca disini:
    http://www.cambridgeincolour.com/tutorials/sRGB-AdobeRGB1998.htm

  • Lina December 26, 2009, 2:43 pm

    Mo tanya, di foto2 yang telah saya buat biasanya saya lihat hasil nya di layar komputer dan akan terlihat IMG_(dg nomer2 yg berurutan), tetapi kadang ada beberapa no. yang “I” nya hilang jadi _MG_(nomer), itu kenapa ya? memang sih kadang hasil nya tidak semantap yg di harap kan, akhirnya harus sedikit di edit.
    trima kasih

  • N Prio September 10, 2009, 12:35 am

    Tambah mantap dengan info-infonya, bro!
    Tengkyu banget.

Leave a Comment

Next post:

Previous post: