≡ Menu

Komposisi fibonacci / golden spiral 2

Setahun yang lalu, saya pernah menulis tentang komposisi golden ratio/spiral/fibonacci. Kebetulan, saat mengadakan workshop portrait model minggu lalu, saya mendapatkan beberapa foto yang mengikuti aturan komposisi ini. Saat pengambilan, saya bukan sengaja mencari komposisi spiral ini. Jadi proses mengkomposisikan foto lebih banyak terjadi di alam bawah sadar saya. Bagi yang sering mengikuti blog ini, saya memang lebih tertarik dengan garis lengkung, diagonal daripada vertikal-horizontal.

Dari pengalaman ini, saya cenderung berpikir bahwa model yang pintar adalah model yang memudahkan kita untuk mendapatkan komposisi yang bagus dengan pose atau ekspresinya.

Di foto dibawah ini, spiral fibonacci dimulai dari bahu lalu melalui kepala, topi, ujung senapan, dan berakhir melalui bayangan cahaya di lantai.

Di foto dibawah ini, spiral fibonacci dimulai dari telinga, lalu melalui tangan dan rambut.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment