≡ Menu

Review Tamron 24mm f/2.8 OSD Macro 1:2

Setahun belakangan ini, Tamron aktif merilis lensa-lensa baru untuk mirrorless Sony, diantaranya lensa zoom Tamron 28-75mm f/2.8, Tamron 17-28mm f/2.8 dan akhir tahun 2019 ini secara mengejutkan mengumumkan telefoto zoom 70-180mm f/2.8 dan tiga lensa fix baru seperti 24mm f/2.8, 35mm f/2.8 dan 20mm f/2.8.

Tamron 24mm f/2.8 dipasang di Sony A7III

Jarak fokal 24mm secara tradisional banyak digunakan untuk foto pemandangan atau landscape, kadang juga digunakan untuk fotojurnalistik. Keunggulan mengunakan lensa fix adalah ukuran yang relatif compact dan berat yang ringan dan memiliki kualitas optik / ketajaman yang bagus.

Secara desain, lensa ini cukup compact dan ringan, sebagian besar casingnya terbuat dari plastik dan lens hood juga telah tersedia. Lensa ini dirancang di Jepang tapi dibuat di Vietnam seperti lensa-lensa Tamron untuk Sony mirrorless lainnya.

Lens hood sudah tersedia dalam paket lensa.
ISO 125, f/8, 1/60 detik

Lensa ini compatible sepenuhnya dngan kamera Sony terutama mirrorless full frame (seri A7 dan A9). bisa digunakan di kamera mirrorless Sony yang bersensor APS-C, tapi ada crop 1.5x = 36mm menjadi tidak terlalu lebar, tapi mungkin kalau Anda pengguna APS-C malah lebih suka dengan sudut pandang 36mm yang sering dianggap cukup fleksibel.

Autofokusnya juga compatible sepenuhnya dengan sistem autofokus Sony termasuk face & eye detection + tracking. Namun autofokus lensa ini sayangnya tidak secepat lensa Tamron lain yang motornya RXD, tapi untuk subjek diam atau yang bergerak lambat, tidak masalah.

Bukaan lensa yang relatif tidak besar ini dikompensasi dengan kelebihan lensa fix Tamron ini yaitu bisa fokus sangat dekat dengan subjek foto (12 cm) sehingga mudah membuat latar belakang yang tidak fokus blur tapi pemandangan yang ditangkap juga cukup lebar.

Saya sempat memasang lensa Tamron 24mm f/2.8 di Sony A7 III, menguji lensa ini di Sawarna dengan berbagai sunset, sunrise, saya mendapati kualitas optiknya bagus sampai ke tepi foto. Sayangnya, distorsi pada lensa lebar itu biasa terjadi terutama barrel distortion yang lumayan terlihat terutama saat foto garis horizontal, tapi ini bisa dibetulkan dengan software correction, atau lens profile di Lightroom jika sudah ada lens profilenya di update berikutnya.

ISO 100, f/8, 1/250
ISO 200, f/8, 3.2 detik
ISO 100, f/8, 1/400 detik
ISO 100, f/13, 11 detik
ISO 500, f/2.8, 1/125
ISO 400, f/4, 1/250

Kesimpulan

Kehadiran lensa fix Tamron ini adalah untuk melengkapi koleksi lensa Tamron untuk Sony yang mengutamakan lensa yang good value dan body yang ringkas. 24mm ini populer untuk fotografi pemandangan, human interest, dan cocok juga untuk membuat content video misalnya vlog untuk Youtube.

Foto-foto lainnya bisa disaksikan di video Youtube Infofotografi

Kelebihan

  • Optik sangat tajam dan berkualitas
  • Lapisan BBAR anti flare
  • Fluorine coating seperti lensa mahal
  • Bisa fokus dekat (12 cm)
  • Harga relatif terjangkau
  • Compact dan ringan

Kelemahan Tamron 35mm f/2.8 OSD Macro

  • Autofokus agak pelan
  • Ada distorsi tapi bisa di betulkan via software

Bagi teman-teman yang ingin memiliki lensa ini bisa membeli ke toko kamera favorit Anda atau memesan lewat Infofotografi via WA Iesan 0858 1318 3069 Terima kasih.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment