≡ Menu

Nikon Z6 II dan Z7 II diluncurkan, kini dengan dual Expeed 6 dan dual slot memory

Setelah Nikon merilis kamera mirrorless pertama mereka dengan Z-mount baru yaitu Nikon Z6 dan Z7, maka kali ini generasi penerusnya resmi diumumkan dengan nama Nikon Z6 II dan Nikon Z7 II. Diberi nama mark II karena secara desain fisik dan fitur masih sama, tapi perbedaan utamanya adalah kini diberikan slot memori kedua berupa SD card UHS-II.

Prosesor yang mentenagai kamera pun kini meningkat menjadi dual Expeed 6, mampu menambah kinerja dan kecepatan burst sampai 14 fps di Z6 II (atau 10 fps di Z7 II). Kekuatan prosesor ini juga membuka fitur 60p dalam perekaman video 4K, sesuatu yang mulai banyak ditemui di beberapa kamera kelas menengah atas.

Nikon Z6 II, kini dengan dual slot memori

Sebagai info, Nikon Z6 II adalah kamera mirrorless full frame dengan sensor 24MP BSI (versi non BSI ada di Nikon Z5), dengan kemampuan burst hingga 14 fps, dan kini shutter speednya bisa diset hingga paling lambat adalah 900 detik. Sedangkan Nikon Z7 II menjadi topnya kamera Nikon mirrorless dengan sensor 47MP, titik fokus PDAF 493 titik dan sudah bisa merekam 4K 60p tanpa menunggu update firmware.

Kedua kamera termasuk mewah dengan fitur tambahan seperti top LCD, joystick, viewfinder 3,69 juta titik, 2,1 juta titik layar LCD (tilt saja), 5 axis sensor shift stabilizer dan tentunya desain yang mantap secara konstruksi (magnesium-alloy dan weathersealed) sekaligus ergonomi. Baterainya bisa bertahan hingga 410 kali jepret dan bisa diisi daya melalui lubang USB-C. Nikon Z6 II dijual $2000, dan Z7 II dijual $3000 bodinya saja.

About the author: Erwin Mulyadi, penulis dan pengajar yang hobi fotografi, videografi dan travelling. Sempat berkarir cukup lama sebagai Broadcast Network TV engineer, kini Erwin bergabung menjadi instruktur tetap untuk kursus dan tour yang dikelola oleh infofotografi. Temui dan ikuti Erwin di LinkedIn dan instagram.

{ 2 comments… add one }
  • Ngadimin October 23, 2020, 7:21 am

    Wah, apalagi Nikon Indonesia pamit akan membuat orang utk pikir kembali membeli ZII ini ya, Ko Erwin tolong dibahas dampak2nya setelah NI pamit dari Indonesia. Terima kasih.

  • Komar October 15, 2020, 6:01 am

    Speknya tidak terlalu “wow” dibanding beberapa competitor. Dari sisi harga… cukup menarik… relatif lebih murah…

Leave a Comment