≡ Menu

Review Xiaomi Mi 11 Ultra – Lensa lengkap, hasil foto mantap

Xiaomi Mi 11 Ultra adalah ponsel canggih dengan spesifikasi tinggi dan fitur kamera yang lengkap. Pertama kali melihat ponsel ini pasti akan langsung terkesan dengan ukuran ponsel yang cukup besar dengan panel di bagian belakang kamera yang berisi modul kamera yang menonjol keluar.

Layar ponsel ini terbilang sangat besar, yaitu 6.8 inci, dan beratnya 236 gram. Di panel kamera, terdapat beberapa modul kamera, diantaranya kamera utama beresolusi 50 MP dengan lensa lebar 24mm, sensor 1/1.12″ f/2, dual pixel PDAF, dan optical stabilizer. Kamera ultrawide 12mm dan lensa telefoto 5x optical zoom juga tersedia, masing-masing memiliki sensor dengan ukuran pixel 0.8µm dan bukaan f/2 dan f/4.

Kamera utama

Kamera utama memiliki sensor beresolusi 50 MP dengan lensa lebar ekuivalen 24mm dan sensor 1/1.12″ f/2 , dual pixel PDAF, dan optical stabilizer. Untuk hasil fotonya, hasil foto di kondisi cahaya matahari yang terang terlihat alami dan sangat detail.

Meskipun di kondisi backlight, processor kamera ini mampu menyeimbangkan bagian yang gelap dan terang dengan baik. Di kondisi yang agak gelap seperti interior, kualitas gambarnya masih terjaga dengan warna yang tetap vibrant/hidup. Noise juga minimal meskipun detail2 halus mulai hilang.

Untuk foto Portrait, dengan sensor yang mendekati 1 inci dan teknologi computational, latar belakang bisa dibuat blur dan terlihat cukup baik, memisahkan subjek dengan backgroundnya dengan jelas dan rapi

Untuk kondisi cahaya yang gelap seperti malam hari, kualitas gambarnya masih cukup bagus, tapi kalau diperbesar akan terlihat kurang detail, noise mulai muncul di tempat yang sangat gelap tapi cukup terkendali dan tidak mengganggu terutama untuk cetak foto ukuran kecil atau media sosial.

Ultrawide ekuiv. 12mm
Wide 24mm (Kamera utama)
Kamera tele 5x (ekuiv. 120mm)
Latar belakang blur terlihat alami untuk foto portrait
Pemandangan backlight seperti ini bisa terekam dengan baik dan detail
Tanpa processor kamera yang canggih, badan kapal akan gelap akibat backlight

Lensa Ultrawide

Lensa ultra wide di kamera ini sangat-sangat lebar, yaitu ekuivalen 12mm, praktis untuk merekam pemandangan menjadi sangat luas meskipun di tempat yang sempit. Misalnya di dalam kereta MRT saya bisa merekam ruang yang sangat luas, tapi jadi terlihat cembung.

Kualitas kameranya bagus untuk tempat terang dan gelap, dan kualitas warnanya juga masih bagus. Di banyak kamera ponsel, modul ultrawidenya berkualitas jauh lebih rendah daripada kamera utamanya, tapi tidak di Xiaomi Ultra ini.

Lensa ultrawide-nya ideal di ruang yang sangat sempit, hanya saja agak distorsi/cembung
Lensa Ultrawidenya sangat menyenangkan untuk merekam pemandangan yang sangat luas

Telefoto

Lensa telefoto di kamera ponsel ini tergolong cukup panjang, yaitu ekuivalen 120mm, cukup lumayan untuk subjek yang jauh. Jika kurang panjang bisa di zoom secara digital sampai 10x bahkan 100x.

Untuk hasil fotonya sama baiknya dengan lensa ultra wide, tapi jika kita mulai zoom ke 10x kualitas detail foto akan menurun dan  di 100x bisa untuk keadaan darurat karena ketajaman dan detailnya tidak begitu bagus.

Saat memotret dengan zoom 100x juga agak sulit untuk bisa presisi karena sedikit saja ponselnya bergeser maka komposisinya akan berubah cukup jauh. Hasil foto di kondisi gelap terlihat oversharpened.

Dibandingkan dengan modul lensa lainnya, lensa telefoto ini punya bukaan yang lebih kecil, yaitu f/4, sehingga kualitas lensa di kondisi gelap agak sulit karena ISO akan lebih tinggi sehingga gambar jadi kurang detail, atau shutter speed jadi lambat sehingga subjek yang bergerak jadi tidak tajam/blur.

Kiri: Zoom 5X, Tengah: Zoom 10X, Kanan: Zoom 100X

Kesimpulan

Secara umum, kualitas kamera Mi 11 Ultra ini memang bisa dibilang kamera kelas atas yang dapat menghasilkan hasil yang tajam dan warna yang cerah terutama saat mengunakan kamera utamanya. Untuk modul kamera lainnya kualitas hasil gambarnya juga mendekati, terutama di kondisi cahaya terang. Ketiga kamera memiliki karakter warna yang kurang lebih sama sehingga memudahkan bagi fotografer yang suka membuat seri foto cerita.

Satu hal yang mungkin agak memberatkan sebagai alat foto adalah ukurannya yang relatif besar dan berat dibandingkan ponsel biasa, sekitar 236gram, dan saat review ini dibuat, harga ponsel ini sekitar Rp17-19 juta tergantung dari kapasitas memory-nya.

Link pembelian Xiaomi Mi 11 Ultra di Tokopedia

Saksikan juga pembahasan dan contoh-contoh foto di Youtube Infofotografi

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment