≡ Menu

Rekomendasi lensa untuk Nikon Z30 Z50 & Zfc

Sebagai sistem kamera mirrorless yang baru rilis sejak tahun 2022, Nikon termasuk cepat dalam melengkapi kamera dan lensa-lensanya. Tapi sebagian besar lensa Nikkor Z ditujukan untuk kamera full frame (Z5-Z9). Kamera APS-C terasa dianaktirikan.

Tapi di tahun 2022 ini, Nikon mulai menunjukkan kepeduliannya untuk mengembangkan sistem kamera dan lensa APS-C dengan hadirnya Nikon Z30, Zfc untuk menemai Z50 yang telah duluan hadir. Lensa-lensa khusus APS-C (DX) memang belum banyak, tapi cukup memadai untuk pemula.

Saksikan pembahasan dan contoh foto dari berbagai lensa untuk kamera Nikon Z

Kami berkesempatan mencoba beberapa lensa Nikkor Z DX dan lensa full frame yang sepertinya cocok untuk dipasang di kamera Nikon Z bersensor APS-C.

Nikkor Z 16-50mm f/3.5-6.3 VR DX : Lensa kit yang dipaketkan bersama pembelian kamera, bagus untuk foto pemandangan luas, dan bisa sedikit zoom untuk foto detail. Hasilnya relatif tajam di bukaan terbesarnya.

Nikkor Z 50-250mm f/4.5-6.3 VR DX : Lensa telefoto yang biasanya dipaketkan saat membeli kameras, bagus untuk foto subjek yang jauh dan portrait.

Nikkor Z 28mm f/2.8 DX : Sebenarnya adalah lensa untuk kamera full frame, tapi di APS-C menjadi lensa dengan jarak fokal standar (42mm). Cocok untuk berbagai jenis fotografi dari portrait, street dan still life.

Nikkor Z 40mm f/2 : Sama dengan 28mm, lensa ini berukuran kecil dan bukaan yang relatif besar. Cocok untuk foto portrait, makanan, dan subjek lain dan membuat latar belakang blur.

Dengan adanya empat lensa ini, fotografer/videografer pemula sudah dapat memotret berbagai jenis fotografi. Namun, lensa DX untuk ultra lebar dan lensa fix khusus untuk DX belum tersedia. Berita bagusnya Nikon sedang mengembangkan lensa ultra lebar Nikkor Z 12-28mm DX dan Nikkor Z 24mm DX

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment