≡ Menu

Kamera paling Laris 2023 versi MAP Camera Jepang

Tahun 2023 baru saja usai dan kini kita sudah masuk ke 2024. Baru saja masuk, MAP Camera Jepang, salah satu toko favorit saya yang bertempat di Shinjuku, Tokyo ini merilis kamera terlaris (best selling) camera di tahun 2023.

Toko kamera ini meskipun populer, tapi ukurannya kecil dan setau saya tidak memiliki cabang. Setiap kali saya mampir ke Tokyo, biasanya saya tidak lupa untuk mampir kesini. Menurut saya MAP camera populer karena menjual banyak kamera dan lensa bekas dengan berbagai kualitas dan harga. Bagi pelancong, kita bisa beli gear disana dan mendapatkan keuntungan tax-free, tapi kalau rusak memang harus tanggung sendiri.

Daftar kamera terlaris 2023 di MAP Camera adalah sebagai berikut

  1. Nikon Z 8
  2. Canon EOS R6 Mark II
  3. Nikon Z f
  4. SONY α7RV
  5. SONY α7IV
  6. SONY α7C II
  7. RICOH GR IIIx
  8. FUJIFILM X-S10
  9. Panasonic LUMIX S5II
  10. FUJIFILM X-T5

Mungkin karena pembeli kamera baru di MAP Camera lebih banyak kalangan profesional atau amatir yang serius, yang paling banyak dibeli bukan kamera yang paling murah atau pemula, tapi justru kamera yang harganya tinggi.

Nikon Z8 yang ditahbiskan oleh banyak media (termasuk infofotografi) sebagai kamera terbaik tahun 2023 ini memuncaki tangga sebagai kamera paling laris, disusul oleh Nikon Z f, kamera full frame bergaya kamera film di posisi ke-3. Sepertinya tahun ini Nikon sukses besar di negara asalnya.

Sony yang merilis banyak varian kamera dalam beberapa tahun terakhir menempatkan tiga kamera sebagai best seller. SONY α7RV, kamera full frame beresolusi 61MP dengan teknologi AI memimpin, disusul oleh SONY α7IV, kamera hybrid foto-video 33MP dan variannya yang lebih compact SONY α7C II.

Sedangkan Canon, yang juga merilis beberapa kamera baru di tahun 2023, hanya menempatkan satu kamera di posisi kedua, yaitu Canon EOS R6 II yang beresolusi 24MP, kamera solid dengan teknologi autofokus dan built-in stabilizer mutakhir.

Yang mengejutkan bagi saya yaitu Ricoh GR IIIx, kamera compact dengan lensa fix 40mm ternyata salah satu kamera yang jago kandang, bersaing dengan sistem kamera mirorlress dari merk-merk besar.

Fujifilm tidak banyak merilis kamera di tahun 2023, dan yang masuk ke daftar malahan kamera yang dirilis 2022 & 2020 yang lalu, yaitu Fujifilm X-T5, kamera APS-C beresolusi 40MP dan Fujifilm X-S10 yang fiturnya cukup handal untuk fotografi bukan X-S20 yang lebih video-centric.

Panasonic Lumix S5 II dan S5 II X, dua kamera pertama Lumix dengan teknologi AF phase detection (akhirnya!) juga terdaftar dalam daftar. Kamera ini termasuk salah satu kamera hybrid yang sangat good value di tahun 2023. Dan mungkin posisinya bisa lebih tinggi lagi jika jumlah penjualan S5 II dan S5 II X digabung.

Beberapa hal yang bisa ditangkap adalah kebanyakan pelanggan MAP camera adalah kalangan profesional / enthusiasts, juga lebih berat ke fotografi daripada videografi. Daftar ini juga tidak bisa menunjukkan market share merk kamera yang berbeda-beda.

Saran saya jika sempat berkunjung ke daerah Shinjuku, Tokyo, jangan lupa mampir ke toko kecil namun rapi dan lengkap ini.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 2 comments… add one }

Leave a Comment