≡ Menu

Jenis Foto Potret

Foto potret biasanya terdiri dari dua jenis, foto potret “head and shoulder” wajah dan pundak dan “environmental portrait” potret lingkungan. Foto wajah yang baik biasanya menunjukkan karakter orang tersebut. Sedangkan environmental portrait memasukkan elemen lingkungan ke dalam foto sehingga orang yang melihatnya dapat mengetahui hal-hal yang lebih dalam dari orang tersebut. Misalnya, foto seorang pilot di depan pesawat jet tempur dibelakangnya menunjukkan bahwa orang yang difoto adalah seorang pilot jet tempur. Foto seorang di dalam kantor di gedung tinggi dengan gelas kaca dan pemandangan kota dilatar belakang menceritakan bahwa orang yang difoto adalah seorang eksekutif.

Untuk foto head and shoulder, biasanya kita ingin meminimalisir distorsi pada wajah sehingga orang yang difoto lebih terlihat mirip dengan aslinya dan menarik. Untuk itu digunakan lensa telephoto atau bagi pengguna kamera saku, bisa dengan mengunakan zoom sampai mencapai jangkauan fokal sekitar   85-135mm.

Selain itu dianjurkan memakai setting bukaan besar untuk membuat latar belakang menjadi kabur. Dengan latar belakang kabur, maka orang yang melihat foto akan lebih fokus pada wajah daripada latar belakang.

Foto environmental portrait lebih sulit dari sekedar head and shoulder karena diperlukan pemikiran dan persiapan. Beberapa hal yang perlu dipikirkan adalah pemilihan latar belakang, cahaya antara orang yang dipotret dengan latar belakang, pose, dan komposisi. Untuk foto environmental potret, lensa yang digunakan biasanya adalah lensa wide, dengan jangkauan fokal sekitar 16-35mm.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 5 comments… add one }
  • arvhyn October 29, 2013, 3:35 pm

    G mana shi caranya supaya sy bisa jd foto grafer profesional,????

  • hence usman March 29, 2011, 11:01 pm

    ,nice info…,saya pemula menggeluti seni fotografi,,,Thank U

  • adi September 2, 2010, 12:19 pm

    mangstap… nice info

  • tari June 9, 2010, 10:24 pm

    Artikelnya bagus,,, bisa jd masukan buat saya pemula menggeluti seni fotografi,,,Thank U

Leave a Comment