≡ Menu

Teknik menggunakan lampu kilat eksternal

Ada beberapa teknik pengunaan lampu kilat yaitu bounce flash, diffuse flash, direct flash, off camera flash.

Teknik bounce flash (pantul)
Tujuan mengunakan teknik ini adalah untuk memantulkan cahaya dari flash ke permukaan yang lebih besar seperti langit-langit atau dinding. Dengan memantulkan cahaya dari flash, maka cahaya ruangan yang ada menjadi lebih merata dan halus. Teknik ini baik digunakan di dalam ruangan dengan langit-langit yang tidak terlalu tinggi.

Teknik Diffuse Light (menyebarkan cahaya)
Tujuannya sama dengan bounce yaitu membuat cahaya lebih merata dan halus. Teknik ini bisa dicapai dengan mengunakan aksesori seperti Gari Fong lightsphere atau stofen omnibounce. Dengan salah satu aksesori ini, kita bisa menyebarkan cahaya ke seluruh arah. Teknik ini baik digunakan di dalam ruangan yang relatif kecil.

Teknik Direct Flash (langsung)
Cara mengunakan teknik ini adalah dengan mengarahkan flash langsung ke subjek. Biasanya hasil dari direct flash cukup kasar, maka dari itu sering dihindari. Tapi kalau kita tidak bisa melakukan teknik bounce atau diffuse karena keterbatasan lingkungan, maka teknik ini bisa dilakukan.

Teknik Off Camera Flash
Tujuan teknik ini adalah untuk menghasilkan cahaya yang tearah pada suatu subjek. Misalnya dalam potret manusia, mengunakan teknik ini dengan benar dapat menghasilkan foto objek seperti tiga dimensi. Untuk mengunakan teknik ini, diperlukan penghubung antara kamera dan lampu kilat. Alat penghubung antara lain seperti kabel sinkronisasi (cable sync flash), atau wireless trigger (alat pemantik nirkabel). Dengan adanya alat penghubung, kamera bisa mengatur satu lampu kilat ataupun beberapa lampu kilat yang disusun dalam beberapa kelompok.  Ada beberapa kamera digital SLR tingkat menengah seperti Nikon D90 dan Olympus E-620 memiliki wireless trigger built-in sehingga tidak memerlukan alat penghubung tambahan. Tapi biasanya, fitur ini ada kelemahannya seperti jangkauan yang pendek dan tidak terlalu bisa diandalkan di setiap situasi.

Sebagai fotografer, kita dituntut untuk bisa menyadari dan memilih teknik terbaik tergantung situasi, kondisi dan hasil yang ingin dicapai.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 89 comments… add one }
  • Robi ponsa February 9, 2018, 10:14 am

    Ko enche butuh pencerahan aq punya canon 7d mw beli flash budget 1 juta pas mohon pencerahan trims

  • Deden August 15, 2017, 4:35 am

    Ko Enche Tjin sy mau tanya lebih bagus mana hasilnya ,lighting studio yg menggunakan flash atau yg menggunakan lampu studio (misal Tronic) utk diruang studio 4x4m.

    • Enche Tjin August 15, 2017, 9:06 am

      Sama-sama bisa bagus, hanya bedanya kalau flash tenaganya agak kecil dan tergantung baterai.

      • Deden August 20, 2017, 9:16 pm

        Thanx ko, request donk ko buat tulisan tentang tekhnik menggunakan speedlight yg manual utk indoor dan outdoor… 🙂

  • Edi January 10, 2016, 9:12 pm

    Mohon pencerahanya Bang…
    Flash external untuk d3200 yg cocok dan harganya bersahabat apa bang? Thanks…

    • Enche Tjin January 10, 2016, 11:49 pm

      Yang canggih tapi banting harga, Shanny SN600N. Jika ingin pesan bisa hubungi 0858 1318 3069

  • bombom November 18, 2015, 2:34 am

    Enche Tjin… mohon prncerahaanya
    camera 600d flash yn 560II saya pakai mode manual, kenapa pas saya seting dengan shutter 1/600 iso auto tapi kok hasil gambarnya separu terang sepasuh gelap… jika seperti itu apa yang harus saya seting

    • Enche Tjin November 18, 2015, 9:18 am

      Karena gagal sinkron, coba pakai shutter speed dibawah 1/200 detik.

  • taufanal July 19, 2015, 12:57 am

    Bang mau nanya,saya sering foto acara outdor pd malam hari,saya menggunakan flash ext 580 ex ii.yg mau tanyakan seting diagfrahma,f/.. berapa biar hasil fotonya terang smua

    • Enche Tjin July 19, 2015, 10:41 am

      Tidak ada kombinasi yang bisa untuk berbagai jenis pencahayaan, yang penting memahami efek pengaturan iso, diafragma dan shutter speed untuk mengendalikan cahaya lingkungan dan flash. Coba baca-baca artikel dasar fotografi dan flash/lampu kilat.

  • HANIF May 11, 2015, 2:28 am

    Saya pake D90, tpi nggak ngerti cara setting wireless triger built in nya? trus wireless trigger built in nya d90 bisa nggak di pake pada flash YN 560 III dan IV, mohon pencerahannya mas…

  • ismail March 26, 2015, 7:36 pm

    mohon bantuan mas. kira2 tekhnik apa yg mas lakukan kalo mau memoto objek yg langit2 rumahnya merah. soalnya waktu aku pake ngebounce hasilnya hancur photo jadi merah. dan saat aku pake tekhnik tembak langsung, cahanya gak menyebar. aku pake flash viltrox. camera nikon 3100. mohon dijawab ya mas maklum baru mengenal camera

    • Enche Tjin March 26, 2015, 8:19 pm

      Saran saya flashnya dipisahkan dari kamera (strobist), dan gunakan payung fotografi.

      • ismail March 31, 2015, 10:22 pm

        thanks ya mas, atas saran nya.

  • bilal March 11, 2015, 4:38 pm

    Mau nanya nih kak
    Tiap saya pakai flash external..
    Kok sering kusam hasilnya..
    Kasih solusinya kak

    • Enche Tjin March 12, 2015, 3:35 pm

      Kusamnya bagaimana ya? ada contoh?

  • ammink January 26, 2015, 10:58 am

    Ko enche sy pakai canon 60d mau belajar strobist,gimana settingan flash di camera supaya bisa sinkron dengan triger 🙂

    • Enche Tjin January 26, 2015, 2:00 pm

      Wah bisa satu tulisan panjang membahas langkah-langkahnya. Mungkin saya akan tulis di masa depan. Sementara itu bisa ikut workshop strobist dimana saya akan mendemokan teknik-tekniknya.

  • tyo December 9, 2014, 11:35 am

    om saya baru make camera flash… tpi cara mnggunakan flash nya tidak tahu,,
    di situ kan ada kaya kertas putih untuk memantulkan lampu kilatnya ke objek,, cara ngeluarin kaya kertas putih nya tu gmana.. blz trims

    • Enche Tjin December 9, 2014, 9:02 pm

      tarik aja tyo

  • adex November 30, 2014, 5:51 pm

    Mau nanyak ni om
    Saya pakai eos 7d,pakai flash YN560iii
    Masalahnya ..! Kalau saya pasangkan flash ke body
    Kenapa speed nya gak mau terus 1/250 kyak kita pakai flash camera..

    • Enche Tjin December 1, 2014, 4:37 pm

      Setiap kamera ada max sync speed. Kebetulan 7D itu di 1/250 detik. Salah satu untuk memecahkan masalah itu adalah dengan mengunakan flash yang punya fitur high speed sync.

  • eko November 18, 2014, 2:12 pm

    salam knal om enche. mau tany, saya sering foto pernikanan tpi yg indoor mash agak sulit..hasilny cahaya gx rata objek over begrond gelap. Supaya hasil chaya merata butuh aksesoris apalagi?ad yg saranin saya beli tringer. Saya pake d7000, external yn460+lampu payung biasa+payung yg hitam. Trmksh!

    • Enche Tjin November 19, 2014, 11:30 am

      Masalahnya bukan di alat, tapi lebih ke setting kamera, Di kondisi yang gelap, jangan lupa ISO ditinggikan ke sekitar 400-800, dan shutter speed jangan terlalu cepat, standar aja sekitar 1/30 detik.

  • husein lensa November 6, 2014, 11:55 am

    Slm knl, mau tanya…saya pake camera canon 60D + lampu kilat tronik power kid 250, pengen beli triger baiknya pake yg apa yaaa. Trims.

    • Enche Tjin November 6, 2014, 6:51 pm

      Wah kurang tau yang kompatibel apa, coba tanya penjual lampu kilatnya.

  • dedi October 9, 2014, 8:11 am

    Om Enche…flash eksternal yg cocok buat canon eos 600D apa ya?? trmksh..

    • Enche Tjin October 9, 2014, 8:55 am

      Canon 430EX II

  • ridhodayak September 27, 2014, 3:03 am

    Mantapss, terima kasih om Enche Tjin, sangat bermanfaat informasinya 🙂

  • Kristian April 6, 2014, 10:31 pm

    Dear Om Enche,
    Saat ini saya menggunakan D90 dan SB700. Saya tertarik untuk strobist-an dgn off-shoe flash. Saya berencana membeli flash trigger Pixel Soldier. Apakah ini merupakan pilihan yang bijak? Dalam arti kesesuaian, kompatibel?
    Jika Om Enche sudah pernah menggunakan flash trigger sejenis, adakah kelemahan yang signifikan?
    Atas jawaban yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

    Salam

    • Enche Tjin April 8, 2014, 9:50 am

      @Kristian Saya belum pernah mencoba pixel soldier, tapi setelah membaca sekilas, trigger tersebut termasuk grouping trigger (baca disini) dan mestinya cocok kalau belinya yang buat nikon D90 (pixel soldier ada yang dirancang untuk beberapa kamera lain juga).

  • shinju December 13, 2013, 12:17 am

    mau nanya om kalo camera canon 70d cocok ake flast aap om ?
    makasii

    • Enche Tjin December 13, 2013, 11:04 am

      @shinju kalau dari Canon, Canon 430EX2 dan Canon 600RT

  • dheny October 27, 2013, 8:41 am

    Flash sudah bisa nyalah,bang..??
    Tp kalau kita ngeshoot lewat LCD,,flas gak mau nyala..
    Bari kalau kita ngeshot lewat jendela bidik baru mau nyala..
    Mohon jelasin maksud dari MODE M,S1 dan S2 tu apa,bang..??
    Masih inget kann external flash saya YN460..
    Rencana saya jg mau beli flash trigger,,mohon saran sekalian yg bagus tp harga standart apa ya,bang..
    Butuh buat ngefoto nikahan sepupu nih..??

  • dheny September 11, 2013, 12:31 am

    Bang,numpang tanyak..
    Saya pemula,,saya baru-baru ini megang canon eos 600d,,terus saya kepingin beli flas ekternal..
    Akhirnya saya beli yongnuo speedlite yn460..
    Lah sekarang masalahnya,saya enggak ngerti gimana cara menggunakannya ?
    Soalnya tadi habis saya coba,flash sudah saya pasangkan di kamera,saya coba ambil gambar kok flash gak nyala ?
    Mohon bantuannya ?

    • Enche Tjin September 12, 2013, 5:45 pm

      @dheny sudah dinyalakan belum pak flashnya? lalu apakah speedlitenya kompatibel dan sudah didudukkan dengan baik diatas kamera? Coba baca buku panduan manualnya.

  • y wisanggeni July 9, 2013, 7:05 am

    om, kalo d5100 dah ad wireless trigger built in ny blm ya?

    • Enche July 9, 2013, 6:28 pm

      @wisanggeni belum ada, minimal D90, D7000 atau D7100 keatas

  • iwan June 12, 2013, 9:05 am

    Om Enche.. Terima kasih atas penjelasannya. Mungkin memang saya agak cepat fotonya jadinya tidak pakai jeda agar flash full power.. Artikel2yang Om enche sangat bermanfaat.

  • iwan June 7, 2013, 7:40 pm

    Om Enche.. Kemarin malam saya coab foto-foto pas acara kawinan keluarga. Saya pakai Nikon D5100 + Nissin DI622 mark II.. Hasilnya ada beberapa yang baik skali pencahayaannya tapi lebih banyak juga yang gelap. Padahal kondisi cahaya dilokasi pesta hampir sama semua.. Yang ingin saya tanyakan:
    1. Kenapa hasilnya bisa ada yang terang & ada yang gelap ? padahal Semua jepretan pakai lampu kilat nissin 622.
    2. Baiknya pakai setting apa kalau acara kawinan gitu dengan menggunakan lampu kilat Ext apakah Man, Apt, Speed or P, Iso ? (Malam, dibawah tenda,penerangan lampu).
    3. Apakah perlu menaikkan ISO dengan lampu kilat ?

    Maaf Om, Pertanyaannya rada putus asa karna sudah beberapa kali dapat pengalaman gini..hiks.hiks.. Untung cuma motret-motret keluarga doang, tapi malu-malu juga karna hasilnya banyak gak bagus.. Sialnya, Acara pengantin dikampung kebanyakan malam teruss nih..

    • Enche June 10, 2013, 12:11 pm

      @iwan 1. Kemungkinan karena kondisinya gelap sekali dan lampu kilatnya kewalahan dalam recycle ratenya. Setiap flash mengeluarkan cahaya full power, butuh waktu 5-6 detik supaya bisa siap lagi mengeluarkan cahaya full power. Flash dan baterai yang kualitasnya lebih baik, dapat mempersingkat waktu recycle ratenya.
      2. Sebenarnya gak masalah mau pakai mode M, S, atau A, yang penting kita mengerti kaitan antar satu sama lainnya terhadap pencahayaan. Saya biasanya pakai M untuk kombinasi dengan flash. Baca artikel ini.
      3. Perlu kalau kondisi cahaya terlalu gelap.

  • inggrid May 3, 2013, 4:26 pm

    ko salam kenal. saya mau tanya, saya dpt tugas utk foto potret pakai flash eksternal, saya pnjm tmn pny merkny Roma electronic flash, by four aa batteries. itu cara pemakaiannya gmn ya? sya sdh coba psg, tapi flashny tdk mau mnyala. trims

    • Enche May 4, 2013, 9:07 am

      @inggrid kurang tau juga ya, coba tanyakan dengan temannya.

  • dayat April 3, 2013, 6:42 pm

    Mau nanya, kalo fungsi flash di outdoor hanya untuk mengisi bayangan (fill in), apa bisa diganti dengan cukup menggunakan reflektor?

    • Enche April 5, 2013, 11:03 pm

      @dayat bisa, tapi terbatas. Reflektor selalu memantulkan jauh lebih sedikit cahaya daripada sumber cahaya.

  • erwin March 27, 2013, 1:31 pm

    koh mu nanya, penting ga si pake flash ex untuk motret model di outdoor..?
    ato udah cukup2 aja ?? karna udh ada cahaya matahari ??
    tolong infonya yaa…thx

    • Enche March 27, 2013, 1:41 pm

      @erwin tergantung keinginan, dan kondisi. Lampu kilat outdoor untuk motret manusia berguna untuk mengisi bayangan di daerah mata, dibawah hidung dan leher. Untuk foto pemandangan biasanya jarang pakai flash, karena jangkauannya terbatas. Tapi kadang-kadang digunakan untuk menerangi subjek yang dekat, seperti bunga, serangga, batu, dll.

  • doni March 1, 2013, 11:54 pm

    Om Enche kamera saya canon 6ood, kira2 lebih worthed beli flash CANON Speedlite 430EX II atau NISSIN Di866 Mark II ya? secara secara harga ga beda jauh tp kualitasnya bagus mana ya?

    • Enche March 3, 2013, 7:56 am

      @doni secara kekuatannya, Di866 lebih kuat. Namun 430EX EX II lebih akurat fungsi otomatisnya dan kualitas kontrolnya biasanya lebih baik dari merek pihak ketiga. Saya cenderung rekomen yang mereknya sama dengan kamera, yaitu Canon 430EX II

  • rudy March 31, 2011, 12:01 pm

    thank atas smua info yg dberikan,smoga dpt bermanfaat di kemudian hari..

  • bams March 1, 2011, 9:25 pm

    makash master..btw seting kamera n flash nya bisa tolong pencerahanny gak.? Saya sudah coba liat manual book gak dpt jg..

  • bams February 28, 2011, 5:58 am

    dear master..saya mau tanya flash built in 450D saya apak bisa wireless ke 430Ex II..? Mohon pencerahanny..salam kenal anak kubu jambi..

    • Enche February 28, 2011, 11:43 am

      cocok kok. Salam kenal jua

  • Enche February 14, 2011, 11:04 am

    Bisa don

  • donny hartanto February 14, 2011, 10:49 am

    Om Enche, pernah pakai Nissin di866? Kl dipasang di shoe nya 5D mark II, apakah bisa dipakai sebagai master dan bisa untuk men trigger flash Canon 430EX yg dipasang sebagai external flash?

  • Hartono February 12, 2011, 8:16 am

    Pak Enche , kl pake omnibounce , flashnya keatas atau kearah obyek ?
    Apa bedanya omnibounce & gary fong ? Tq

    • Enche February 12, 2011, 11:08 am

      Fungsinya sama yaitu menyebarkan cahaya. Arah flashnya kalau keatas, itu ke seluruh penjuru, kalau ke arah objek, berarti ke atas, ke bawah dan ke objek. Jadi tergantung kebutuhan.

  • ferry February 10, 2011, 4:15 am

    mas eche, mau tanya neh mengenai tehnik bounce flash,di daerah saya (aceh) pelaminannya dominan merah dan kuning termasuk langit2nya merah/kuning..saya terkendala dengan warna merah tersebut jika menggunakan bounce flash…kira2 solusi yg terbaik agar objek kita tidak merah…?? jika kita arahkan langsung bayangan objek cukup kelihatan…mohon pencerahan dan bimbingannya…salam.

    • Enche February 12, 2011, 11:34 am

      Wah repot juga ya, saya pikir sih diseimbangin antara cahaya lingkungan dan flash. Flashnya tetap diarahkan langsung, tapi flash pakai tenaga yang dikit aja (sebagai pengisi), sehingga bayangannya tidak terlalu mengganggu.

  • Sendy January 15, 2011, 11:53 pm

    Mas Enche kalo Canon Battery Pack CP-E3 itu untuk apa?

  • Roenhalz December 13, 2010, 8:49 pm

    Pak, kalo untuk photo landscape tidak perlu ekternal flash kan?thx

  • xander November 18, 2010, 6:02 am

    mas klo kita pake external flash, harus pake auto mode,atau bisa pake creative mode, klo bisa gimana caranya ya

    • Enche November 18, 2010, 12:31 pm

      Kamera bisa di set di creative mode, flash bisa di auto atau manual.

  • alex November 13, 2010, 10:59 pm

    ..trims mas Enche ilmunya..

  • Enche November 13, 2010, 8:23 am

    Bisa pakai teknik pantul (bounce) yang diulas singkat di post diatas. Dengan bounce, maka cahaya tersebar ke segeala arah ruangan jadinya background dan foreground cahayanya merata.

    Cara lain yaitu pakai ISO tinggi dan shutter speed yang agak rendah, seperti 1/30 atau 1/15 detik, sehingga fungsi flash ini jadi semacam fill flash aja, untuk menonjolkan subjek utama, latar belakang akan terlihat terang.

  • alex November 13, 2010, 7:50 am

    nanya disini lagi mas..mas gimana settingan kalo kita pake satu external/built in flash tapi bagian belakang (background) objek tetap keliatan (walaupun tidak setrang objek) alias tidak gelap, biasa kalo pake flash apalagi kl minim cahaya bagian belakang objek jadi gelap..yg terang hanya objeknya…sy pernah liat fotografer kawinan temen saya, si fotografer cuma pake satu external flash dan hasilnya (sy liat hasil stlh dicetak) foto bagian belakang/background tetap terang (detil/motif background tetap jelas), tidak gelap…tolong saran dan ilmunya mas..

  • aprilia September 30, 2010, 9:21 pm

    halo bang enche, saya mau tanya external flash untuk canon eos 450d sebaiknya pakai seri apa?
    terima kasih..

    • Enche October 1, 2010, 9:25 pm

      coba cari Canon speedlite 430ex

  • Creez September 6, 2010, 11:21 pm

    Bang Enche, punya tips tentang high speed shoot gak? klo ada ya mungkin bisa berkenan memberikan sedikit ilmunya…hehehe…

  • Enche September 1, 2010, 2:37 am

    Di D90, ada built-in wireless commander, dengan memakai built-in flash.

  • iyoel September 1, 2010, 2:35 am

    om Enche kalo D90 cocok-nya / bagus-nya pake wireless trigger apa yah?

  • sofyan wijanarko August 27, 2010, 11:22 pm

    kalo D5000 cocoknya pake yang mana ya om….kalo pake merk selain nikon ndak masalah? sory…baru pemula…oh ya.. om ..artikelnya tak buat tautan di blog ku boleh ndak ….( masih mau bikin blog hehehe…) oh iya hampir lupa kenalan…aku tinggal di Malang, punya bisnis foto kecil2an udah jalan 3tahun ini….baru pake SLR 1bln ini…selama ini pake kamera kompak….artikelnya lumayan buagus om…

  • sofyan wijanarko August 26, 2010, 9:43 am

    om..mau tanya …kamera nikon D5000 dah punya wireless trigger built-in belon? wireless trigger tuh harganya kisaran brp ya? thanks

    • Enche August 26, 2010, 11:10 am

      Belum, harganya variasi sih, tergantung merek dan model apa.

  • uya August 14, 2010, 9:43 am

    bos saya punya sony a200 pengen pake flash yang umum kok ga bisa apa ada alatnya lgi? tanks

    • Enche August 14, 2010, 12:42 pm

      flash yang umum maksudnya yang seperti apa?

  • anton June 7, 2010, 2:24 am

    enche gw sering liat fotographer kasih tisue di flash nya maksudnya apa yah…??? thx

    • Enche June 7, 2010, 6:01 am

      Wah kenapa ya gue juga kurang tau 🙂

  • MT May 31, 2010, 2:52 am

    waduh cepet banget…
    thx u koh

  • Enche May 31, 2010, 2:27 am

    Coba cek strobist.com

  • MT May 31, 2010, 2:15 am

    koh…tau gak website yang bahas lighting …..

  • boboho May 22, 2010, 1:39 am

    tolong dijelasin jg donk om…ttg setting diafragma, speed & iso yang digunakan kalo kita mau pakai teknik bounce flash,direct flash, dll….trims

    • Enche May 22, 2010, 1:44 am

      Berbeda-beda sesuai kondisi ruangan, jadi ga ada setting yang bisa buat segala keadaan. Disini, pemahaman dasar fotografi, latihan, pengalaman dan coba-coba adalah kuncinya.

  • caca January 20, 2010, 4:05 am

    gimana ya tips/teknik kalo pake flash dalam keadaan ruang semi outdoor di malam hari..?????

    • Enche January 20, 2010, 5:12 am

      Maksudnya semi outdoor itu apa ya?

  • Lina December 13, 2009, 12:21 am

    Waw, langsung di balas, tengkyu.
    Iya aku baca terus, soal nya ni terus menerus ada acara, sementara ni ilmu ku dikit sekali. Makanya tiap ada acara selalu deg2an, hasil g pernah memuaskan (sebetulnya aku bukan fotographer resmi), tapi suka di minta u/ moto, jadi aku istilahin tukang foto kelililng 🙁 ato tukang foto tempo, tempo2 jadi tempo2 g jadi..hehehe

    Oh jadi TV itu salah satu mode to…
    ok aku mo baca yg satu nya sementara nunggu kamar mandi kosong.
    tengkyu.

  • Enche December 13, 2009, 12:09 am

    Wah Lin, elo baca infofotografi sampai sehari-semalam? menakjubkan.

    Yang dimaksud dengan TV mungkin salah satu mode kamera. Silahkan baca di kategori dasar fotografi dengan judul mode-mode digital kamera.

    Bowling? iya itu termasuk acara yang sulit di foto. Coba2 aja dulu, karena penjelasan akan sepanjang 1 artikel.

  • Lina December 12, 2009, 11:56 pm

    Ya ampun, pantes saja hasil foto nya terlalu terang, soal nya itu tadi di ruangan flash nya tidak di pantulkan tidak memakai Teknik bounce flash. Hari ini saya mau motret lagi, mudah2an teknik ini bisa membantu saya. Trima kasih, trima kasih.
    Oh ya, ada 1 pertanyaan, kata teman saya (photographer), yah karena saya memang belum mahir, (tapi sudah terlanjur punya kamera yg u/ profesional, yah terpaksa harus digunakan toh? :)) )dia menganjurkan setiap acara sebaik nya fitur di TV, itu yg saya tidak memahami, tapi saya ya nurut saja lah.
    Oh ya lagi fungsi2 boleh kah di jelaskan maksud dari fitur2 tsb?
    Trima kasih sekali lagi.

    catatan:
    hari ini saya akan memotret acara dengan banyak org yg di pertandingan bowling yang tentu saja di ruangan tertutup dg pencahaan yg terbatas dan bergerak kan?

Leave a Comment