≡ Menu

Faktor yang menyebabkan latar belakang foto menjadi blur / kabur

Banyak fotografer baik pemula maupun mahir, sering membuat latar belakang menjadi kabur. Memang foto semacam ini sangat populer karena membuat objek yang di foto menjadi lebih menonjol. Selain itu juga foto menjadi lebih enak dipandang.

Mudah membuat latar belakang menjadi kabur karena saya mengunakan kamera berukuran sensor full frame atau sekitar 24X lebih besar daripada kamera saku biasa

Mudah membuat latar belakang menjadi kabur karena saya mengunakan kamera berukuran sensor "full frame" atau sekitar 24X lebih besar daripada kamera saku biasa

Apa saja faktor yang membuat latar belakang foto menjadi kabur?

1. Bukaan lensa (Aperture)

Dengan mengunakan bukaan lensa yang besar (f/2.8 atau lebih besar lagi seperti f/1.4), maka latar belakang menjadi lebih kabur.

Semakin besar bukaan, semakin kecil angkanya.

2. Rentang fokal lensa (Lens focal length)

Semakin besar rentang fokal lensa yang digunakan, maka latar belakang menjadi lebih kabur. Contoh: Latar belakang foto yang diambil dengan rentang fokal lensa 55mm lebih kabur daripada bila diambil dengan rentang fokal lensa 18mm.

3. Rasio jarak antara subjek foto dengan kamera dan jarak antara subjek dengan latar belakang.

Semakin dekat jarak kamera ke subjek foto dan semakin jauh jarak subjek foto dengan latar belakang, maka foto menjadi lebih kabur.

Contoh: Bila jarak kamera ke subjek foto 1 cm, dan jarak subjek foto ke latar belakang 20 m, maka bisa dipastikan latar belakang menjadi sangat kabur.  Hal ini karena rasio/perbandingan jarak sangat besar.

Sebaliknya bila jarak kamera ke subjek foto 20m, dan jarak subjek foto ke latar belakang 1 cm, maka bisa dipastikan latar belakang menjadi sangat jelas / tajam.

4. Ukuran sensor dalam kamera Anda.

Ukuran sensor kamera bervariasi, semakin besar, semakin mudah membuat latar belakang menjadi blur. Kamera ponsel atau kamera saku memiliki ukuran sensor yang relatif kecil dibandingkan dengan kamera digital SLR. Di dalam kamera digital SLR, terbagi lagi beberapa jenis ukuran sensor.

Yang paling kecil sampai yang paling besar yaitu: Four thirds (rasio 4 banding 3), ada yang crop sensor 1.6 (Canon), 1.5 (Nikon, Pentax, Sony), ada juga yang full frame (Nikon, Sony) dan medium format (Phase One, Leica S2).

Foto diatas diambil dengan kamera saku yang berukuran sensor kecil, selain itu saya memakai rentang fokal lensa pendek, yaitu 28mm sehingga latar belakang masih sangat tajam

Foto diatas diambil dengan kamera saku yang berukuran sensor kecil, selain itu saya memakai rentang fokal lensa pendek, yaitu 28mm sehingga latar belakang masih sangat tajam

Kesimpulan

Lalu bagaimana membuat latar belakang foto atau yang diluar dari fokus menjadi sangat kabur? Sederhana saja

Pakai lensa dengan bukaan besar, gunakan rentang fokal yang besar (jauh), perhatikan rasio jarak subjek foto dan latar belakang, dan gunakan kamera dengan ukuran sensor yang besar.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 78 comments… add one }
  • RobinLIM August 11, 2016, 12:12 pm

    kalau sensor 1300d kecil atau standrt koh Enche ?

    • Enche Tjin August 11, 2016, 12:20 pm

      Cukup besar dibanding kamera compact. Ditengah2 di kamera DSLR.

    • RobinLIM August 11, 2016, 12:49 pm

      nah , kalau Lensa telefoto seperti 55-250mm IS II / 18-135mm IS cocok buat Canon 1300d saya ko ? dan bisa mendapat hasil yg maksimal engga ko Enche ?

      • Enche Tjin August 11, 2016, 1:00 pm

        Cocok, lensa tersebut termasuk standar, cukup baik tapi tentunya masih ada lensa-lensa yang lebih baik, tapi jauh lebih mahal.

        • RobinLIM August 11, 2016, 3:42 pm

          ohh ok ko makasih .
          membantu banget blog nya ko EncheTjin 🙂
          Maju terus ko dibidang fotograpi .

  • mawi mardiansyah November 9, 2014, 12:11 am

    Mas infonya… kenapa ya kl foto bersama berjajar tp beda jarak objek 20 cm aja fokusnya beda jauh sekali. Apa settingan kameranya ya mas? Nikon d3000. Mohon pencerahannya..

    • Enche Tjin November 10, 2014, 2:21 pm

      kalau beda posisi tapi mau fokus keduanya perlu bukaan yang sangat kecil, misalnya f/16 atau lebih.

  • Toxcy May 24, 2014, 5:18 pm

    assalamulaikum,
    terima kasih pak, berkat tulisan bapak di website ini. allhmadulillah saya jadi suka motret” 😀
    tapi sayang canon 650D saya masih memakai lensa yang bisa dibilang standart again.

  • ABDALLAH May 19, 2014, 11:31 pm

    Saya merasa sangat terbantu skali dalam hal ini saya, stelah saya baca smua nya, saya merasa saya harus mengucap beribu2 trimasi.
    MAJU TERUS PANTANG MENYERAH

    • Enche Tjin May 20, 2014, 1:01 am

      Sama2 salam sukses

  • friska January 18, 2014, 6:12 pm

    menurut mas..samsung nx 300 tu bgus gak..buat pemula

    • Enche Tjin January 18, 2014, 8:59 pm

      @friska secara keseluruhan baik

  • faizalrockstar January 12, 2014, 3:05 pm

    Salam tuan..saya salah seorang peminat blog tuan dan saya juga sering kali membaca artikel2 di dalam blog ini.Saya mengucapkan terima kasih kepada tuan kerana segala ilmu yang tuan curahkan di blog ini amat bermanfaat kepada saya sebagai pemula dalam bidang fotografi..semoga tuan dapat memberi lebih banyak info lagi di masa hadapan..tQ

  • Antonius Triono, ST January 2, 2014, 10:48 pm

    Bagus sekali, terimakasih.

  • Sunaryo December 5, 2013, 4:55 am

    Salam kenal. Semua informasi di sini sangat berguna dan bermanfaat bagi saya.

Leave a Comment