≡ Menu

Kamera saku? Siapa takut

Perbedaan ukuran antara kamera digital SLR Nikon D3000 dengan kamera saku Samsung WB1000

Seringkali, pengguna kamera saku diremehkan oleh pengguna digital SLR karena anggapan bahwa semakin besar kamera, semakin baik hasilnya. Selain itu ada anggapan bahwa hasil jepretan kamera saku tidak profesional.  Hal ini tidak sepenuhnya benar tapi banyak membuat fotografer pemula yang baru belajar fotografi menjadi minder.

Memang kemampuan kamera saku memang terbatas, tapi kamera saku juga memiliki kemampuan yang unik dan bisa menghasilkan foto yang dapat membuat banyak orang tercengang.

Seperti kamera DSLR, Kamera saku juga merupakan alat fotografi yang handal. Dua-duanya berguna di situasi yang berbeda dan tergantung gaya masing-masing pengguna/fotografer.

Kelebihan kamera saku antara lain:

Kamera saku memiliki ukuran sensor yang lebih kecil daripada kamera digital SLR, hal ini memberikan beberapa implikasi, salah satunya adalah kedalaman ruang (depth of field / DOF) yang besar, sehingga gambar yang diambil cenderung akan tajam dari ujung ke ujung. [Baca: Faktor yang menyebabkan foto menjadi blur]

Kamera saku juga memiliki ukuran badan yang relatif kecil dan bisa disimpan di saku atau tas kecil, untuk itu lebih mudah dibawa kemana-mana. Kelebihan ini cukup penting supaya Anda dapat mengambil foto di momen yang tidak terduga. Contohnya seperti foto dibawah ini, saya ambil ketika saya hampir memasuki pesawat, saya mengunakan kamera saku untuk merekam cahaya matahari yang akan terbenam dan pegawai pesawat terbang yang sedang sibuk memasukkan bagasi ke dalam pesawat.

Ukuran kecil juga membuat orang-orang disekitar tidak begitu peduli dengan Anda. Lain halnya bila Anda membawa kamera besar dengan lensa panjang, Anda mungkin bisa membuat orang disekitar menjadi grogi. Ukuran kamera kecil cukup penting buat foto candid jalanan.

Kamera saku harganya terjangkau. Dengan harga antara satu setengah sampai empat juta, Anda telah bisa membeli kamera digital saku yang handal, sedangkan kamera DSLR memerlukan dana lebih dari $500 belum termasuk lensa-lensa dan aksesoris seperti tas kamera, pembersih lensa dan sebagainya.

Namun kamera saku juga memiliki kekurangan-kekurangan seperti:

Auto fokus yang lambat, terutama untuk gambar yang bergerak
Solusi: Karena kamera saku memiliki kedalaman ruang yang besar, maka dengan mengunakan bukaan kecil dan manual fokus Anda bisa melewati proses auto fokus di saat Anda mengambil foto subjek foto yang bergerak cepat.

Kualitas gambar yang kurang bersih
Gambar menjadi kurang biasanya karena setting ISO yang digunakan terlalu tinggi. Batas ISO yang layak di kamera saku biasanya sekitar ISO 200 sampai 400. Lebih dari itu, kualitas foto akan berkurang secara signifikan, oleh sebab itu, saya sarankan mengambil foto di ISO rendah mungkin. Akibat mengunakan ISO rendah, foto Anda menjadi lebih rentan kabur, oleh sebab itu, saya sarankan mengunakan penyangga kamera seperti tripod.

Kualitas rentang dinamis yang kurang baik
Untuk rentang dinamis (kisaran antara gelap dan terang) yang kurang baik dibanding kamera DSLR, Anda bisa menggunakan teknik HDR atau high dynamic range. Caranya adalah mengambil foto beberapa kali dengan eksposur yang berbeda kemudian mengkombinasikan foto tersebut dengan software seperti Photomatix. Untuk menghasilkan gambar terbaik, saya sarankan memakai tripod, ini berlaku juga untuk yang mengunakan kamera Digital SLR.

Ada beberapa kamera saku yang otomatis menjalankan fungsi HDR seperti kamera Fuji Finepix F200EXR atau Sony WX1.

Kamera saku memiliki kelebihan dan keterbatasan, tapi bila Anda bisa memaksimalkan kelebihan dan meminimalkan kekurangannya, kamera saku akan menjadi alat fotografi yang luar biasa.

Sebagai inspirasi, Anda bisa melihat karya-karya fotografer yang mengunakan kamera saku yang sederhana

  • Wouter Brandsma - fotografer spesialis hitam putih ini banyak mengunakan kamera saku untuk membuat karya-karyanya.
  • Simon Johnson – fotografer ini hanya mengandalkan kamera saku yang tidak bisa zoom dan tidak ada image stabilization.
  • Chase Jarvis – fotografer yang mengunakan kamera telepon selular (iphone) dan aplikasi best camera kesehariannya.

Ada banyak lagi fotografer yang mengunakan kamera saku, bila Anda memiliki favorit, silahkan berbagi dengan membalas komentar artikel ini.

Similar Posts:

    None Found

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+

{ 23 comments… add one }

  • abinaren Desember 23, 2009, 10:01 pm

    ada recommendasi untuk kamera saku kisaran harga dibawah 3 juta kalo ragu nyebutin merk kirim japri aja heheheh :)

    abinaren23@gmail.com

    • Enche Desember 23, 2009, 10:28 pm

      Siapa takut.. kamera saku macam2, prioritas kamu apa ni misalnya zoomnya mesti panjang, kehandalan di dalam ruangan, ukuran (besar/berat) kamera saku. Mana yang penting bagi kamu?

  • Lina Desember 25, 2009, 1:48 pm

    sebelum saya punya kamera DSLR, saya menggunakan juga kamera saku canon lxus 70, jadi selain bawa kamera DSLR, biasanya kamera kecil ku itu selalu saya bawa2 juga, hanya sayang saya sering kecewa dg hasil nya kalau berada di ruangan, selain hasil foto nya tidak bagus juga sering kali mata orang yg di foto sering bersinar merah (padahal red eye nya sudah di posisi ON), jadi saya lebih sering menggunakan nya di luar ruangan. Yang ingin sayang katakan disini, saya benar2 puas dengan foto yang dihasilkan beberapa hari yg lalu di antara tebal nya salju yang memutih.
    Terima kasih, saya jadi pede setelah baca2 artikel yang Enche tulis, banyak masukan u/ saya..

  • WennyTa Januari 7, 2010, 1:14 pm

    Sy suka fotografi, tp selama ini pk’kamera saku. Sy mau bl kamera DSLR, tp g’ngerti spesifikasinya. Y mw Sy tanyakan, tipe kamera seperti apa y coc2k bwt pemula?? Merk dan kisaran harganya?

    • Enche Januari 7, 2010, 1:58 pm

      Kamera digital SLR kisaran harganya sekitar 4.5 juta sampai 8 juta. Mereknya macam-macam ada Nikon, Canon, Sony, Pentax dan Olympus.

  • cakmamad Maret 17, 2010, 4:00 am

    sy butuh kamera yg satu jepret hasilnya beberapa foto. masalah pixel sy ga begitu ngerti, asal gambar gak kabur, sy bilang bagus… :) handal dalam ruang (gelap). baterainya tahan lama. budget kisaran 1,5 – 2 jt.

    tolong kasih beberapa pilihan ya bang, makasih

  • ardi Maret 28, 2010, 8:59 am

    saya pingin punya kamera DSLR, minta referensinya bagus mana Canon EOS 550D dengan Nikon D5000. Thanks bung Enche

  • warra Agustus 24, 2010, 11:05 pm

    thanks….ats infonya…..
    benar sekali, kamera saku juga bisa menghasilkan gambar yg baik, asal sesuai setelan & penggunaannya,….

    Saya pake Olympus U740, banyak teman yg ga percaya klu hasil foto2 saya diambil dgn kamera Jadul ini,……uopzz tp saya bangga banget dgn nya..
    kapan2 Ulas dong ttg kamera DSLR Olympus, siapa tau sy punya keinginan untuk ganti kamera…..

  • dion Agustus 30, 2010, 12:25 am

    Ak dion,msi kuliah dan pemula bgt..
    Om enche bisa minta tips2 untuk foto outdoor spt foto environmental portrait, street photography, human interest, dan landscape nggak? Saya sangat suka dgn gaya2 tsb, smntara kamera saya masih poket krn keterbatasan dana. Selama ini pakai Canon A3000 IS.
    Makasih om..^^

  • pipit November 18, 2010, 1:48 am

    kalo sony D-T90 apa kelebihannya??
    sya masih bingung cara pakainya!!

  • Junai Maret 25, 2011, 10:54 pm

    Salam jepret,
    Setelah membaca artikel kamera saku sy semakin pd menggunakannya, sy menggunakan fuji finepix A800 buat foto acara pernikahan d tempat kami, salam dr negeri laskar pelangi.

  • radimas Juli 22, 2011, 8:00 am

    om,tante,kak saya masih kelas 6 sd saya suka fotografi,cocok nya pk kamera apa ya untuk belajar2 dulu

  • nur hidayati Desember 22, 2011, 9:39 am

    aq baru beli kmera saku samsung PL150 bagus ga buat pmula, aq ter tarik karena pnya layar dpan belakang tpi bgus apa ga hsilnya dibnding dg kmera sku yang lainnya

    • Enche Desember 26, 2011, 10:31 pm

      @nur hidayati Hasilnya standar seperti kamera saku kebanyakan

  • imelda Desember 25, 2011, 4:54 pm

    pengen menanyakan seperti komentar cakmamad di atas

  • Enche Desember 26, 2011, 3:13 am

    Pertanyaannya apa ya?

  • vera Juni 1, 2013, 4:15 pm

    mau tanya dong, kamera yang pixel nya lumayan, hasil gambar nya juga lumayan, trus zoom nya besar, dan bisa rekam video, tapi harga dibawah 1,5 juta kira – kira apa ya?

    • Enche Juni 3, 2013, 7:51 pm

      @vera Sulit cariinnya karena saya jarang meneliti kamera saku. Tapi sekilas yang saya lihat di toko yaitu BENQ LR100

  • Imam Juni 19, 2013, 10:08 am

    mau tanya dong kalo kamera pocket samsung wb250f bagus ga hasil-hasilnya

    • Enche Juni 19, 2013, 12:42 pm

      @Imam standar untuk kamera compact pak

  • norman November 12, 2013, 9:58 am

    sebagus apapun kamera saku, org indonesia kayaknya lebih suka kamera DLSR karena satu faktor penting yg sudah lama jad penyakitnya org indonesia sejak dulu, yaitu GENGSI !! sebokek apapun org ind, tetap aja dibela2xin beli kamera DLSR.

  • Raka Sidiq Maret 27, 2014, 12:09 am

    Saya pemula di dunia kamera & fotografi. Dari spesifikasi untuk kamera canon EOS 550 D dengan Sony a3000 memang tetap ada perbedaannya. Namun untuk pemula seperti saya, secara signifikan lebih cocok kamera yang mana.?
    Mohon bimbingan dan solusinya…Terimakasih.

    • Enche Tjin Maret 28, 2014, 3:53 pm

      @Raka Saran saya Canon 550D, dengan alasan aksesoris dan lensanya sudah lengkap sehingga saat upgrade lebih leluasa memilih.

Leave a Comment