≡ Menu

Rekomendasi lensa untuk kamera DSLR Sony

Karena banyak sekali pertanyaan-pertanyaan ke saya tentang rekomendasi lensa untuk kamera tertentu, maka saya mendedikasikan tulisan ini untuk menjawab pertanyaan saudara-saudara. Harap diingat kalau rekomendasi ini berdasarkan lensa yang tersedia sampai hari ini (Maret 2011) dan harga hanya perkiraan saja dan bisa berubah.

sony-a200

Rekomendasi lensa untuk kamera Sony A100, A2X0, A3X0, SLT A33, A55

  • Sigma 10-22mm f/4-5.6 HSM Rp 5.3 juta – Lensa lebar untuk foto pemandangan, arsitektur, liputan acara.
  • Sony 16-105mm f/3.5-5.6 DT Rp 6 juta – Lensa zoom praktis serbaguna untuk berbagai keadaan
  • Sony 75-300mm f/4.5-5.6 Rp 2.5 juta – Lensa telefoto yang terjangkau tapi hasil yang diperoleh cukup lumayan. Biasanya digunakan untuk foto potret, candid, satwa liar dll.
  • Sony Lens 50mm Macro F2.8 Rp. 5 juta – Lensa makro buat foto detail produk, serangga, bunga, makanan dan lain-lain
  • Sony 35mm f/1.8 SAM Rp 2 juta – Lensa standard/perspektif seperti mata manusia. Ringan dan relatif murah.

sony-a580

Rekomendasi lensa untuk kamera Sony A500, A550, A560, A580, A700

  • Sigma 8-16mm f/4.5-5.6 DC HSM Rp 6.7 juta – Lensa super lebar untuk foto pemandangan, arsitektur, liputan acara.
  • Sony 16-105mm f/3.5-5.6 DT Rp 6 juta – Lensa zoom praktis serbaguna untuk berbagai keadaan
  • Sony 50mm Macro F2.8 Rp 5 juta – Lensa makro buat foto detail produk, serangga, bunga, makanan dan lain-lain
  • Sony 70-300 F4.5-5.6 G – Rp. 9 juta Lensa telefoto yang berkualitas tinggi dan jangkauan yang cukup jauh
  • Sony 35mm f/1.8 SAM Rp 2 juta – Lensa standard/perspektif seperti mata manusia. Ringan dan relatif murah.

sony-a900

Rekomendasi lensa untuk kamera Sony A850 & A900

  • Sony 16-35mm f/2.8 Carl Zeiss Rp 20 juta – Lensa super lebar untuk foto pemandangan, arsitektur, liputan acara.
  • Sony 24-70mm f/2.8 Carl Zeiss Rp 18,8 juta – Lensa praktis sehari-hari untuk foto di kondisi cahaya yang gelap dan efektif membuat latar belakang kabur.
  • Sony 70-200mm f/2.8 Rp. 20,5 juta – Lensa telefoto untuk acara keluarga, potret, satwa liar, candid dsb.
  • Tamron AF 90mm f/2.8 Macro Rp 4 juta – Lensa makro buat foto detail produk, serangga, bunga, makanan dan lain-lain
  • Sony 85mm f/1.4 Carl Zeiss Rp. 12 jt – Lensa fix spesialis potret kecantikan atau candid

Artikel lain: Rekomendasi lensa untuk kamera DSLR Canon | Rekomendasi lensa untuk kamera DSLR Nikon

—————————-

Buku panduan memilih sistem kamera, lensa+peralatan untuk berbagai jenis fotografi sudah terbit. Judul buku: Smart Guide for camera and lenses. Boleh pesan dari saya, atau beli di toko buku Gramedia terdekat.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 94 comments… add one }
  • Juki January 8, 2016, 10:02 am

    Ko, klw lensa canon bisa gx di pakek di sony slt a58?

    • Enche Tjin January 8, 2016, 11:08 am

      Gak bisa

  • bambang setiawan December 8, 2015, 8:34 am

    Your comment is awaiting moderation.

  • Wirastawa November 6, 2015, 11:08 am

    Your comment is awaiting moderation.

  • Midian October 14, 2015, 6:34 pm

    Your comment is awaiting moderation.

  • Uzi September 23, 2015, 1:34 am

    Ko enche..mau minta rekomendasi..
    Lensa sony a3000 untuk pemula yg hasilnya bagus..
    Sekalian tnya harga ya ko enche..makasih

    • Enche Tjin September 23, 2015, 9:40 am

      Untuk motret apa nih?

  • redo September 18, 2015, 5:23 am

    ko enche mau nanya, utk sony a3000 lensa sapu jagatnya ada ngga? dan harganya brp?

    • Enche Tjin September 18, 2015, 10:51 pm

      Ada, Sony 18-200mm LE, harganya Rp 8.4 jt, kalau mau pesan boleh juga

  • erlin December 6, 2014, 4:24 pm

    Ko’,.saya punya lensa sony 55-200mm, kadang saya rasa bosan membawa lensa ini krn butuh jarak shoot yg agak jauh kalau di rg terbatas, untuk ruang yg agak besar saya suka dgn hasilnya, kira2 ko’ ada nggak rekomendasi 1lensa yg cocok untuk sony a230 disegala situasi, karena saya senang memotret disegala situasi , biar nd ribet bwa2 byk lensa.

    • Enche Tjin December 7, 2014, 11:16 am

      Yang bagus Sony 16-80mm, tapi kalau terlalu tinggi harganya ya 16-105mm

  • Chris July 5, 2014, 2:10 pm

    Ko Enche, saya tertarik untuk beli lensa sony carl zeiss 24mm f 1.8 nih. Tapi mengingat harganya yang hampir 11 juta jadi ragu ragu juga. Apa Ko Enche penah me-review tentang lensa ini? Menurut Ko Enche apa harganya sebanding dengan kualitasnya?

    • Enche Tjin July 6, 2014, 12:48 am

      Belum pernah review, tapi bagus lensanya. Kontras dan tajam meski di f1.8. Harganya pantas. Kalau suka jarak fokusnya 24mm/setara 35mm di ff beli saja. Ngomong2 saya jual lensa 24mm bekasnya di ranafotovideo.com atau di bukalapak.com

  • doddy June 15, 2014, 9:13 am

    Saya tertarik dengan Sony SLT a58, apakah paket lensa 18-55mm disertakan, sudah mumpuni digunakan ?, dan jika ingin mengembangkan kemampuan kamera tersebut, lensa apa yg dpt saya beli dengan harga yg tidak terlalu mahal. mohon paparan kelebihan dan kekurangan kemera tersebut.

    • Enche Tjin June 15, 2014, 10:23 pm

      Terus terang, saya lebih merekomendasikan kamera mirrorless Sony, karena pengembangan kedepannya sepertinya akan lebih ke sektor ini. Contohnya Sony A6000 atau A5000.

      • pandi July 1, 2014, 4:24 pm

        pak enche, saya baru beli tamron Af70-300mm Di Ld untuk sony a3000 saya, tapi kenapa tidak bisa dipasang ya? mohon pencerahan

        • Enche Tjin July 1, 2014, 4:39 pm

          Karena memang bukan untuk Sony A3000. Meski bentuknya seperti DSLR, tapi A3000 tergolong sistem mirrorless yang dulunya namanya NEX. Cocoknya dengan lensa E-mount.

  • ariyanto June 13, 2014, 11:35 am

    om mw nanya sony nex 55-210 apa bsa d pkai untk a3000.

    • Enche Tjin June 13, 2014, 8:29 pm

      Bisa

  • mr z June 10, 2014, 12:05 pm

    siiiiip. manfaat

  • ariyanto June 5, 2014, 11:10 am

    om mw nanya. lensa tele utk a3000 ap y? dn hrga.y brpa. mksh.

    • Enche Tjin June 5, 2014, 11:15 am

      Sony 55-250mm OSS. Kalau mau secondnya bisa dicek disini

  • irina May 2, 2014, 3:04 pm

    Om aku mau nanya lensa sony A3000 yang bagus untuk motret tipe apa yah?yang harganya 3juta kebawah?
    Makasih :)

    • Enche Tjin May 3, 2014, 9:39 am

      Sony SAL 50mm f/1.8 sudah punyakah?

  • vina April 30, 2014, 4:43 pm

    pak enche jenius banget
    setelah baca blogny jdi tertarik pengen jadi fotografer profesional kayak pak enche nih

  • Willan April 9, 2014, 11:35 pm

    Ko kalo Sony a65V untuk moto makro cocoknya tipe lensa apa Ko, Terima kasih

    • Enche Tjin April 10, 2014, 11:44 pm

      Sony 100mm f/2.8 macro

  • stevy March 26, 2014, 10:37 am

    Om seluruh kamera diantara.a sony canon nikon mana yang bagus?

    • Enche Tjin March 26, 2014, 1:41 pm

      @stevy tergantung jenis kamera apa banding apa

  • idham setiawan March 13, 2014, 2:37 pm

    Your comment is awaiting moderation.

  • yan March 8, 2014, 5:49 pm

    terimasi info nya ko

Leave a Comment