≡ Menu

Rekomendasi lensa untuk kamera Olympus & Panasonic Micro four thirds

Kamera-kamera mirrorless saat ini sedang tren, termasuk kamera-kamera dari Olympus dan Panasonic. Tren ini akan terus berlanjut ke tahun-tahun berikutnya. Sistem kamera ini disukai karena ukurannya yang hanya sedikit lebih besar dari kamera saku tapi bisa ganti lensa dan menghasilkan kualitas foto yang bagus.

Olympus PEN E-P3

Olympus PEN E-P3

Rekomendasi lensa untuk kamera sistem micro four thirds (m43): Olympus PEN dan Panasonic Lumix G

Lensa Zoom – praktis untuk digunakan untuk berbagai jenis fotografi

  • Panasonic 14-42mm f/3.5-5.6 POWER OIS X Rp. 4 juta – Lensa zoom sehari-hari dengan ukuran yang sangat kecil, ringan dan kualitas fotonya sangat baik
  • Panasonic 45-200mm f/4-5.6 Rp. 4 juta Rp. 4  juta – Lensa telefoto untuk foto olahraga, satwa liar, portrait
  • Panasonic 14-140mm f/4-5.8 Rp. 8 juta – Lensa zoom serba guna, cocok untuk jalan-jalan dan merekam video
  • Panasonic 7-14mm f/4 Rp. 10.4 juta – Lensa super lebar cocok untuk pemandangan, budaya, interior

Lensa Fix – berbukaan besar, ideal untuk foto kondisi cahaya yang gelap dan untuk membuat latar belakang blur

  • Olympus 12mm f/2 Rp. 8 juta – Lensa lebar kualitas tinggi untuk pemandangan dan interior
  • Panasonic 20mm f/1.7 Rp. 4.35 juta – Lensa standar untuk mendapatkan perspektif alami seperti mata manusia
  • Olympus 45mm f/1.8 Rp. 3.75 juta – Lensa medium-telefoto untuk foto portrait dan candid
  • Panasonic 45mm f/1.8 G Macro – Mega OIS, Leica Rp. 6.5 – Lensa makro untuk food photography, detail, serangga, bunga
  • Olympus 75mm f/1.8 – Sangat baik untuk foto portrait, terutama head and shoulder, atau candid street portraiture.

Untuk kamera lainnya, baca Rekomendasi lensa untuk kamera DSLR CanonSonyPentax | Nikon

Similar Posts:

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+

{ 38 comments… add one }

  • tukangpoto Januari 29, 2012, 2:00 am

    Wah..harga lensanya mahal-mahal ya, oom, pastinya kualitasnya oke punya nih :)

  • Enche Januari 31, 2012, 8:00 am

    Beberapa memang sangat bagus

  • chandra Juli 24, 2013, 2:18 pm

    om enche..salam kenal..

    lensa macro m zuiko. 60mm vs panasonic leica 45 mm bagus mana om..?

    • Enche Tjin Juli 24, 2013, 9:29 pm

      @chandra saya sarankan Olympus 60mm. Alasannya jarak fokusnya lebih jauh, jadi lebih leluasa saat memotret, tidak perlu terlalu dekat sudah besar subjeknya. Secara kualitas foto hampir sama.

  • chandra Agustus 6, 2013, 3:14 pm

    untuk lensa zoom recommended om enche buat olympus apa yg lumayan om…?

  • putra Oktober 22, 2013, 9:46 pm

    Om enche, kl untuk acara keluarga pengen dpt candid sama poto bersama lbh masuk ke lensa mana ya ?

  • rigel November 12, 2013, 8:00 pm

    Lensa sapu jagat untuk EPL-3 apa ya om…jadi cukup bawa satu lensa untuk semua kebutuhan….

    • Enche Tjin November 12, 2013, 8:22 pm

      @rigel lensa sapujagat itu cuma mitos hehe. Yang cukup fleksibel dari zoomnya yaitu Olympus 14-150mm f/4-5.6

  • Alu November 15, 2013, 8:07 am

    Dear Pak Enche, mohon masukannya, kira2 bagus mana, antara m4/3 panasonic gx1 atau olympus e-pm2, kelebihan dan kekurangannya. Terima kasih.
    Salam,

    • Enche Tjin November 15, 2013, 9:12 am

      @Alu plus minus Olympus EPM2 adalah punya stabilizer di bodi kamera, kualitas fotonya lebih jernih, kecepatan foto lebih tinggi. Kelebihan GX1 konstruksi badan kameranya lebih kokoh, punya lampu kilat terpasang dan tombol lebih banyak. Agak sulit sebenarnya memilih diantara keduanya.

  • tiyo Desember 23, 2013, 10:03 am

    bagus mana epl5 dgn nex 5t

    • Enche Tjin Desember 24, 2013, 3:27 pm

      @tiyo secara keseluruhan Olympus EPL-5 lebih baik, ada hotshoe untuk flash, kualitas gambar mirip, lensa yang dipaketkan lebih baik, dan autofokusnya lebih cepat.

  • Dics Januari 16, 2014, 6:54 am

    Ko, saya tertarik mirrorless, saya pake 5d ii, kalau mau diganti ke EM5 olympus bagaimana sarannya? Salah nga saya tq

    • Enche Tjin Januari 16, 2014, 10:32 am

      @Dics Loh, kenapa dengan 5D Mk2 nya?

  • Dics Januari 17, 2014, 7:47 am

    Hanya berat saja, kayaknya kalau ganti mirrorless lebih ringan, tapi saya ingin kwalitasnya tidak turun, gimana ya baiknya? Trims

  • idha Januari 26, 2014, 7:51 am

    Ko..mau minta saran dikit, sy udah punya 5d3 tp pengen beli mirrorles…buat travel aja, kira2 bagusan mana OMD5 atau OMD1 sekalian saran buat lensanya tq

    • Enche Tjin Januari 26, 2014, 9:44 am

      @idha tentunya yang OMD EM1 lebih bagus karena lebih baru, kinerja lebih cepat. Lensa yang bagus Olympus 12-40mm f/2.8 dan Panasonic 35-150mm f/2.8

  • Dics Januari 30, 2014, 2:48 pm

    Ko, ada yang coment omd 5 bagus, dibandingkan dengan 5d, lensa banyak, tapi belum afdol sebelum dapet ulasan dari suhu nich, tolong ya supaya saya dapet yang terbaik dan ringan, atau bertahan dengan 5d? Tq ko

  • amin Februari 6, 2014, 11:58 pm

    Pak, tolong tanya, saya pakai EPL3, pakai lensa 14-150, kalau kondisi malam koq hasilnya nga pernah bagus ya, kl iso nya di besarin noise nya tinggi sekali, tolong masukannya

    • Enche Tjin Februari 7, 2014, 12:25 pm

      @amin di kondisi malam, tripod akan sangat membantu, alternatif lain dengan lensa berbukaan sangat besar seperti 12mm /f2

  • Dandung Bardo Kahono Mei 28, 2014, 6:37 am

    Salam jumpa, sy pelukis, umur 65 th, hobby foto dr era Analog, sy menggunakan Olympus EP-2 dan EP-3 pengganti Seri E-3, alasan nya krn lbh ringan dan mudah pengoperasiannya, sy tertarik dgn sebakul kegiatan Enche TJIN, luar biasa sekali , apa sy bisa kenalan dan melihat kegiatan Enche TJIN bilamana Enche sdg senggang waktunya ?? Terima kasih banyak .

    • Enche Tjin Mei 28, 2014, 11:36 am

      Boleh, pak kebetulan besok, Hari Kamis ini jam 1 saya ada acara kumpul-kumpul di tempat pelatihan Jl. Moch Mansyur 8B2 kalau bisa mampir kesempatan yang baik. Telp 085813183069

  • toni Juni 3, 2014, 5:27 pm

    Mas,apa sih bedanya M.ZUIKO ED 75-300MM F/4.8-6.7 sama M.ZUIKO ED 75-300MM F/4.8-6.7 II

    • Enche Tjin Juni 6, 2014, 9:58 pm

      Lebih ke desain luarnya, kalau hasil gambarnya kurang tau juga. Besar kemungkinannya sama.

  • andry September 16, 2014, 2:00 pm

    ko.. saya mau nanya, apa betul em1 lbh bagus daripada nikon d7000? saya sedang dilema,antara tetap pakai nikon d7000+em5 atau ganti ke 1kamera em1+lumix 12-35 f2.8
    saja. tolong diberi masukan. thx

    • Enche Tjin September 16, 2014, 11:17 pm

      OMD EM1 kualitas gambarnya gak banyak berbeda dengan yang OMD EM5. Jadi coba dibandingin saja, hasil D7000 dan OMD EM5 lebih baik yang mana. Secara teknis, bagus D7000.

  • Darto September 30, 2014, 8:45 am

    Pak, saya mau beli lensa buat OMD 5 saya, cuma saya bingung mau beli yang sesuai bajet 5 juta saya. Antara lensa Olympus 45mm F1.8 atau Lensa Olympus 17 F1.8, Mohon pencerahannya.. Thanks

    • Enche Tjin September 30, 2014, 9:57 am

      Buat foto apa ya? Kalau portrait / candid 45mm, kalau pemandangan, umum 17mm f/1.8

      • Darto September 30, 2014, 2:37 pm

        Aku hobi jalan-jalan, berati aku pakai yang 17mm f/1,8 ya pak Ence. Tapi kalo dari segi kualitas gambar ada bedanya tidak antara 2 lensa ini

        • Enche Tjin September 30, 2014, 3:45 pm

          Sama-sama bagus, tapi karakternya lain, satu lebar (17mm), satu sempit. Yang sempit latar belakangnya bisa lebih blur (45mm)

          • Darto Oktober 1, 2014, 10:26 am

            Terimakasih banyak, pak Enche. Webnya oke banget nih buat pemula kaya saya. Banyak info yang berguna.

  • domi Oktober 3, 2014, 2:02 am

    pak saya mau nanya mending beli epl6 ato omd-em10 ya??? makasih sarannya

    • Enche Tjin Oktober 3, 2014, 8:33 pm

      OMD EM10 :)

  • hendra Oktober 5, 2014, 11:41 pm

    Nanya pak..
    Sya pake ep 3..
    Mau nyari lensa untuk potrait..
    Bgsan mna lensa zuiko 25mm f.2.8 atau 45mm f1.8 atau nikon 50mm 1.8+adapter..
    Mohon pencerahannya
    Tks b4

    • Enche Tjin Oktober 6, 2014, 12:03 am

      45mm dan 75mm lensa yang sangat bagus untuk portrait

  • leia Oktober 27, 2014, 12:22 pm

    Pak Enche,

    saya pakai olympus EPL-5, tapi dengan lensa bawaannya hampir semua foto gelap. Ada saran untuk lensa universal yg bagus dengan harga ga terlalu mahal? pemakaian standart aja pak, travelling kebanyakan.
    thanks before

  • Rudi Candra November 10, 2014, 10:51 am

    Ko Enche, saya mau tanya perbedaannya Olympus Pen E-PM2 dan E-P3 apa ya? Soalnya harganya hampir sama untuk paket lensa Double Zoom. Kira2 recommended yang mana?

    Terimakasih. GBU

Leave a Comment