≡ Menu

Sony NEX 6 Review

Sony NEX 6 merupakan salah satu kamera jenis mirrorless terbaru dari Sony yang  diumumkan bulan September tahun lalu. Desain bodi kamera NEX 6 mirip dengan “abangnya” NEX 7. Ada beberapa perubahan yang cukup menarik dan positif yaitu NEX 6 kini dilengkapi dengan kenop mode, sehingga tidak perlu masuk ke dalam menu untuk mengganti mode kamera. Di kenop mode terdapat beberapa mode standar seperti mode otomatis, prioritas apertur, prioritas shutter speed, manual dan beberapa mode praktis lainnya termasuk mode panorama yang populer untuk merekam pemandangan yang lebar. Salah satu highlight dari NEX 6 adalah fitur Wi-Fi. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengirimkan foto/video tanpa kabel ke perangkat lainnya seperti ponsel atau tablet.

Mode Panorama

Ukuran dan desain Sony NEX 6 relatif kecil dan ringan dibanding dengan kamera DSLR, tapi jika dibandingkan dengan kamera compact, NEX 6 terlihat jauh lebih besar terutama saat dipasangkan dengan lensa telefoto. NEX 6 memang lebih menyerupai sifat-sifat kamera DSLR karena bisa mengganti lensa dan memiliki sensor ukuran APS-C yang setara dengan sebagian besar kamera DSLR di pasaran.

Desain Sony NEX 6 lebih mirip ke gaya modern minimalis daripada tradisional seperti kamera DSLR. NEX 6 tidak memiliki punuk jendela bidik optik layaknya kamera DSLR. Badan kamera kokoh karena terbuat dari logam magnesium alloy. Ada juga bagian yang menonjol di bagian kanan kamera yang berguna sebagai pegangan. Hal tersebut membuat penggunaan NEX 6 menjadi nyaman.

Berbeda dengan “adiknya” NEX 5 yang tidak memiliki jendela bidik, NEX 6 memiliki jendela bidik elektronik yang beresolusi tinggi yaitu 2.4 juta titik, sama seperti yang dimiliki NEX 7. Jendela bidik elektronik ini cukup mulus, jernih dan tajam di kondisi cahaya yang terang maupun gelap. Teknologi jendela bidik ini adalah yang terbaik saat ini. Meski sebagian orang lebih menyukai mengunakan layar LCD untuk membingkai foto, jendela bidik elektronik ini memberikan alternatif untuk fotografer yang terbiasa mengunakan jendela bidik, terutama yang sebelumnya mengunakan kamera DSLR. Mengunakan jendela bidik dapat membuat kamera lebih stabil. Tapi sisi negatifnya akan menguras baterai lebih cepat dibandingkan dengan mengunakan layar LCD.

Hal yang menarik lainnya dari NEX 6 adalah adanya hot shoe universal. Hot shoe ini memungkinkan kita mengunakan lampu kilat eksternal atau aksesoris lain yang memiliki hot shoe universal yang biasanya diproduksi oleh pihak ketiga. Sebelum ini, pengguna kamera Sony dibatasi hanya bisa mengunakan aksesoris yang memiliki hot shoe ekslusif Sony saja.

NEX 6 juga dilengkapi dengan LCD yang dapat dimiringkan maksimum 90 derajat ke bawah dan 45 derajat ke atas untuk membantu membingkai foto di sudut rendah (low angle). Sayangnya layar ini tidak bisa diputar ke samping dan tidak memiliki fungsi layar sentuh (touchscreen). NEX 6 memiliki lampu flash kecil yang uniknya cukup fleksibel untuk diarahkan ke atas. Fungsinya adalah untuk dipantulkan ke langit-langit sehingga cahaya yang jatuh ke subjek foto atau ruangan menjadi lebih lembut.

Lensa baru 16-50mm f/3.5-5.6 OSS tidak seperti lensa tradisional pada umumnya, karena memakai mekanisme power zoom dan focus by wire. Saat kita ingin melakukan zoom, kita tinggal menggeser tuas atau memutar barrel lensa. Motor fokus otomatis akan menggerakkan elemen-elemen lensa. Desain ini memungkinkan ukuran lensa yang tidak terlalu panjang sehingga lebih seimbang dengan ukuran kamera Sony NEX 6. Kelemahan desain ini adalah kecepatan zoom yang sedikit lebih lambat dan memakai tenaga baterai. Selain itu, saat menghidupkan kamera, kita harus menunggu sebentar untuk menunggu lensanya memperpanjang diri. Saat memotret dengan format RAW di 16mm, lensa ini memiliki vinyet dan distorsi yang cukup mengganggu. Dengan format JPG, hal ini tidak masalah karena dikoreksi secara otomatis melalui software di kamera. Meskipun tidak sempurna, lensa ini sangat praktis untuk penyimpanan karena ukurannya yang pendek.

Kualitas foto NEX 6 setara dengan kamera DSLR generasi sekarang karena mengunakan sensor dengan ukuran yang sama. Perbedaan utamanya dengan NEX 7 terletak di resolusi fotonya. NEX 6 memiliki sensor 16 MP, sedangkan NEX 7 memiliki sensor 24 MP. Meskipun hanya 16 MP, foto yang dihasilkan tajam dan menyimpan detail yang cukup lengkap saat memotret dengan ISO rendah (100-400). Di ISO 800 noise mulai muncul dan ketajaman foto mulai berkurang. Tapi foto di ISO 3200 masih layak untuk dinikmati untuk web atau dicetak dengan ukuran kecil.

Saat menguji NEX 6, saya mendapati salah satu scene mode yang bernama twilight mode cukup menarik. Saat mengunakan mode ini, kamera akan otomatis menjepret sebanyak 4 kali berturut-turut dan kemudian menggabungnya sehingga noise yang timbul tidak terlalu banyak. Menurut pengamatan saya, hasilnya cukup bagus meskipun ISO yang digunakan sangat tinggi (6400).

Operasi kamera cukup mudah karena menu-menunya terbagi dengan cukup jelas; kamera, kualitas gambar, warna dan kecerahan, setup, WiFi dan playback. Pengorganisasian menu Sony ini cukup rapi sehingga tidak sulit menemukan setting yang ingin diubah. Meski tidak memiliki fitur layar sentuh, adanya beberapa tombol dan kenop memudahkan akses ke setting yang sering digunakan.

Respon kecepatan kamera ini juga cukup cepat meskipun tidak sekejab. Adanya animasi singkat menimbulkan sedikit jeda. Secara normal, kamera ini bisa memotret tiga foto berturut-turut, dan bisa didorong ke 12 foto per detik dengan mode prioritas kecepatan. Di mode tersebut, eksposur dan fokus terkunci di foto pertama dan tidak bisa diubah di foto-foto selanjutnya. Sistem autofokus hybrid (perpaduan deteksi kontras dan deteksi fasa) terbukti mumpuni karena kecepatan autofokus hampir sama dengan sistem fokus kamera DSLR yang sudah teruji.

Sony NEX 6 merupakan kamera NEX generasi baru yang memiliki fitur yang lengkap untuk pemula maupun fotografer amatir yang serius. Meski ada sedikit kelemahan seperti kecepatan zoom dan kinerja yang tidak secepat kamera DSLR canggih, tapi fitur-fitur yang lengkap, kualitas foto yang baik, dan yang terutama karena ukurannya yang relatif kecil dan ringan, kesemuanya membuat pengalaman fotografi kita menjadi lebih menyenangkan dan praktis.

Kelebihan

  • Ukuran kecil dan ringan
  • Kualitas foto bagus
  • Fitur lengkap
  • Hotshoe universal
  • Jendela bidik beresolusi tinggi
  • Akuisisi auto fokus cepat
  • Rentang ISO lebar, sampai 25600
  • Indikator baterai jelas dan akurat

Kekurangan

  • Charge baterai harus melalui kamera
  • Kamera terasa agak panas saat dipakai dalam jangka waktu lama
  • Tidak ada pengaturan ISO maksimum saat AUTO ISO aktif
  • Penggunaan layar dan jendela bidik menguras baterai
  • Kualitas lensa yang dipaketkan kurang baik terutama di 16mm ada distorsi dan vinyeting

Kota Tua Jakarta, ISO 6400, 27mm, f/4.5, 1/40 detik – Twilight Mode


—————————-
Yuk ikuti jelajahi potensi kamera mirrorless dan belajar setting dan fitur bersama Sony Alpha – 9 Agustus 2014. Daftar 0858 1318 3069 / infofotografi@gmail.com

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 115 comments… add one }
  • Adi October 11, 2018, 9:00 am

    Maaf ko mau tanya,
    A6000 vs 7d kt pke buat ngejob rekomen yg mana om?

    • Enche Tjin October 14, 2018, 2:17 am

      Jobnya apa tu? Kalau secara umum 7D lebih tangguh untuk profesional

  • Yersinanda May 3, 2017, 12:23 pm

    Om Enche yang baik, mau tanya. Sony Nex 6 saya hot mirrornya (kotakan kecil warna warni tepat setalah saya buka lensanya) kena baret dan noda titik hitam. apakah masih bisa dibersihkan? atau kalau ganti hot mirror berapa ya kira kira harganya?

    • Erwin Mulyadi May 3, 2017, 2:06 pm

      Itu namanya sensor gambar, bagian paling penting di kamera, kalau rusak ya beli kamera lagi saja. Tidak boleh kena debu, noda, kotoran, apalagi tergores.

  • Kristov Zuther Tan November 22, 2016, 11:17 am

    Ko mau nanya nih
    Saya kan sedang lg pakai kamera nex6, mau tanya kenapa susah ya kalau pakek lens yang E PZ 16-50mm dan E 55-210mm tuh kalau mau foto jarak deket susah banget buat fokusinnya, kadang gak bs fokus, dan rabun terus

    • Erwin Mulyadi November 22, 2016, 1:33 pm

      jangan terlalu dekat, semua lensa ada batas minimum fokusnya, biasanya antara 30cm sampai 1 meter

  • iqbal May 19, 2016, 8:11 pm

    harga nex6 sekarang sekitar berapa koh?

    • Enche Tjin May 20, 2016, 7:54 am

      Sepertinya sudah tidak ada yang baru, yang bekas sekitar 3.5-4 juta (body only).

  • Faris April 27, 2015, 11:36 am

    mau minta sarannya om, kalo antara sony nex 6 vs olympus e-pl6 vs sony a5000 mending pilih yang mana ya om?
    makasih.

  • Gahl February 18, 2015, 3:01 pm

    Koh Ence mau bertanya, saya punya sony nex 3n dengan lensa kit, menurut koh Ence lebih baik mana antara saya upgrade ke nex 6 kit 2nd atau upgrade lensa saja , dengan pertimbangan hasil foto yang lebih bagus dengan budget dibawah 2 juta, Kalau upgrade lensa,lensa 2nd type berapa dibawah harga 3 juta (bukan fix dan tele). Terima kasih.

    • Enche Tjin February 18, 2015, 7:07 pm

      Wah, kalau lensa memang bisa dibilang gak ada yang dibawah 2 jutaan untuk sistem NEX/Sony Alpha e-mount.

      Solusi lain mungkin mengadaptasi lensa manual jadul dan mengunakan adapter. Lensa seperti 50mm bagus untuk membuat latar belakang blur, bagus buat lensa kedua setelah lensa kit zoom.

  • Setyo January 21, 2015, 7:01 am

    Nanya nih koh, klo nex 6 dipasangin lensa manual dengan A6000 dipasanagin lensa manual tajaman mana hasilnya?

    • Enche Tjin January 21, 2015, 9:43 pm

      A6000

  • Ari December 18, 2014, 4:14 pm

    salken koh..
    sony nex 6 ini kalo dipasang lensa manual, feature wifi tetep jalan ga ya?
    soalnya saya pake nex 5N dan pake lensa manual. pas dipasang lensa manual, feature wifi ga jalan nih.
    thanks koh

  • bams November 16, 2014, 10:32 pm

    Ko,mo nanya saya mau jual canon 7D saya dan berencana ganti mirrorles spy ga berat kl bawa kemana-mana,pilihan antara nex6 atau a6000,pilih yang mana? thanx u

    • Enche Tjin November 17, 2014, 9:19 am

      Sony A6000

  • Mira Saputri August 14, 2014, 11:27 am

    Koh..
    saya baru beli Sony Nex 5TY, tapi blm bisa ngambil gambar yang memuaskan seperti background blur, objek blur dan background fokus, pengaturan shutter speed yang baik. Nah itu caranya gimana sih saya mau banget belajar.. minta advice nya koh.. tks

  • aries August 8, 2014, 7:43 am

    Salam.damai
    Saya pengguna nex 5n dan memakai lensa lensa manual…berencana mau ganti gear om….minta saran dong… Antara nex6, sony a6000, atau fuji xpro1…makasih om

    • Enche Tjin August 9, 2014, 6:44 am

      Saat ini, saran saya Sony A6000

  • Tomi July 7, 2014, 3:36 pm

    kak enche lebih prefer nex5T atau nex6 bagi saya yang hobi nya jalan2 moto2 apa aja yang pengin dipoto pengen beralih dari compact ke mirorrles, yang tombol fungsinya ngga ribet dan hasil gambarnya juga maknyus.. tolong om nex5T atau nex6 trms

    • Enche Tjin July 7, 2014, 8:49 pm

      Kalau gak ingin ribet dan mungil Sony NEX 5T lebih cocok. Kualitas kedua kamera mirip tapi NEX 6 punya tombol yang dan roda kendali lebih banyak untuk ganti setting manual secara cepat.

  • shinta July 6, 2014, 7:43 am

    Koh saya udh telusuri review tp keliatannya pengguna mirrorless kebanyakan moto outdoor yak? bisa gak dipake buat moto konser? tp ganjalannya lagi, promotor tuh taunya kamera profesional yah dslr. jd klo bentukannya compact takut gak dikasih masuk media pit. Ini jadi ganjalan mau beralih ke mirrorless sejak 2 tahun lalu. jangan suruh nambah kamera yak. uang jajan saya gak sebanyak itu. huhuhu

    • Enche Tjin July 7, 2014, 12:37 am

      Bisa kok, terutama pakai lensa fix berbukaan besar

  • Aufar June 28, 2014, 7:13 pm

    koh, bagusan nex 6 apa fuji XA1?

    • Enche Tjin June 29, 2014, 11:35 am

      NEX 6 lebih bagus

  • shendy June 9, 2014, 2:32 am

    Koh mau nanya diantara samsung nx 2000 sama sony nex 6 dan 7 bagusan mana?

    • Enche Tjin June 9, 2014, 12:04 pm

      Masih bagus Sony NEX 6 atau 7

  • yosua April 22, 2014, 12:03 am

    Ko mau nanya, saya bingung mau upgrade kamera, saya pertama pakai nikon d3100. Lebih bagus mana sony nex 6 atau nikon d5200. Kebetulan utk street fotografi performanya lbh bagus yang mana, trs jika di review lensa kit sony nex 6 16-50 mm, jika motret fl 16mm ada vinyetnya, yg saya mau tanyakan ko, jika beli lensa sony e-mount yang 16mm apa msh tetap ada vinyet. Thanks ko

    • Enche Tjin April 22, 2014, 1:57 pm

      Kalau street enak yang kecil seperti NEX 6, tapi memang benar, lensa 16-50mm kurang baik di sisi lebarnya karena distorsi dan vinyetingnya kurang

  • dani April 19, 2014, 1:53 pm

    ko, mau nanya.
    kalo pemula ingin belajar fotografi. apakah sebaiknya menggunakan kamera dslr pemula atau mirrorless?
    Apakah mirroless dapat digunakan untuk belajar juga ko?
    oh iya kalo olympus epl5, sony nex-5t, dengan sony nex-6 bagus yang mana ya?

  • laila April 7, 2014, 3:20 pm

    kira” milih yang mana ya antara nex 6 dengan nx300?

    • Enche Tjin April 8, 2014, 9:40 am

      @laila kalau saya cenderung lebih ke nex 6

  • indra herwanto April 7, 2014, 12:42 pm

    mau tanya om, nex6 kalau dipakai untuk video bagaimana hasilnya?
    apakah ada maksimum waktu perekaman atau tergantung buffer SDHC? apakah body cepat panas? untuk zoom bisa dari body ya/ pake tuas (ga usah muter ring zoom). soalnya lagi kepikiran untuk menggantikan DSLR video, untuk kamera sensor APSC. soalnya biar lebih ringkes dibawa bawanya. mungkin bisa dibandingkan dengan canon 7D? sama sama sensor APSC

    • Enche Tjin April 8, 2014, 9:43 am

      Kualitasnya standar, kurang lebih seperti DSLR yang lain. Kualitas lensa juga akan berpengaruh penting. Body kalau lama dipakai panas, tapi masih bisa ditolerir. kalau power zoom itu tergantung dari lensanya. Kalau Canon 7D itu jauh lebih besar, 7D itu biasanya lebih untuk motret daripada video. Canon 70D lebih cocok untuk video karena autofokusnya sudah hybrid.

  • Eveline March 13, 2014, 1:58 pm

    Ko, sy bngung mending sony nex6 atau nikon 5200. Minta komparasi n saranny, tq b4

  • lessya March 9, 2014, 7:57 pm

    koh Enche mau tanya bagus mana nx300 dengan lumix g6 ?

    • Enche Tjin March 10, 2014, 10:54 pm

      @lessya Samsung NX300 lebih baik

  • Sasya February 18, 2014, 8:31 pm

    Kalo lensa E 30mm f/3.5 Macro Lens tidak bisa dipake selfie yah ko?
    mendingan 50mm f/2.8 atau E 30mm f/3.5 untuk detail makeup mata, lipstick dll?
    btw ko, mendingan beli lensa baru atau second?

    • Enche Tjin February 18, 2014, 10:17 pm

      @Sasya saran saya focal lengthnya makin panjang makin bagus, 50mm kalau bisa. Lensa second tidak apa-apa yang penting bebas jamur 🙂

  • ONNY PURNIAWAN January 30, 2014, 3:32 pm

    maaf ni ko nanya lg…saya skrng pake D7000 + tamron 90 + 18-200 VR II…nah lg kepincut sama sony nex 6 kayak punya temen,sementara bingung ntar ngerawatnya secara hrg ga terpaut jauh…klo menurut ko prefer kmn…?saya kamera cmn buat hobby aja kok ko bkn profesi meski kadang ada sodara minta tolong dokumentasikan moment2 tertentu…makasi atas advicenya

  • ONNY PURNIAWAN January 30, 2014, 3:21 pm

    maaf ni koh mau nanya lg….saya kan skrng pake D7000 dgn lensa tamron 90 + nikon 18-200 VR II….pengen jg punya kamera sony nex 6 tp bingung ntar ngerawatnya coz hrg jg ga jauh beda…prefer mana koh di antara 2 option itu…makasi byk atas advicenya…sukses selalu

  • ONNY PURNIAWAN January 27, 2014, 3:30 pm

    Permisi pak sebelumnya salam kenal dari saya…butuh saran ini dari pakarnya…lebih condong kmn baiknya antara sony nex 6 dengan nex 7….makasi atas respon dan pencerahannya….

    • Enche Tjin January 29, 2014, 1:22 am

      @Onny Mirip-mirip, Sony NEX 7 unggul di resolusi fotonya yang 24 MP bandong NEX 6 yang hanya 16 MP. Yang unggul dari NEX 6 adalah ada hotshoe universal jadi bisa pakai flash atau aksesoris yg bukan keluaran Sony. NEX 6 juga lebih murah. Lengkapnya bisa baca review Sony NEX 6 yang didalamnya saya bandingkan dengan NEX 7

  • fajarmandela January 27, 2014, 2:48 pm

    ko saya mau tanya, sy sudah ngebet banget nih pgn minang sony nex6. tapi apakah cocok sm hobi saya yg suka traveling dan naik gunung? trus minta saran lensa apa yg cocok untuk optimalkan gambar pada 2 hobi sy itu tadi. thanks ko

  • Sasya January 17, 2014, 8:21 am

    Hi Ko mau nanya dong, saya seorang beauty blogger bs tolong cek (www.hellosasyachi.com)? menurut saya, foto2 saya di blog (seperti lipstick, brush makeup, ujung pensil alis, detail mata yang sedang pakai eyeshadow, menurut saya msh kurang detail.. (saat ini saya pakai hawk eye macro, cupu bgt deh .. distorsi klo dekat banget, jd saya suka crop sisi kiri-kanannya)

    Nah, klo koko bilang tempo lalu (E 30mm f/3.5 Macro Lens) itu tidak bisa dipakai selfie ya? (hehehe) bagusnya, Mendingan beli macro atau lensa fix?

    • Enche Tjin January 29, 2014, 1:48 am

      @Sasya kalau untuk detail sebaiknya yang macro biar bisa fokus jarak dekat 🙂

  • fial January 6, 2014, 11:43 pm

    Pak saya sedang mau membeli kamera tapi bingung, karna harga sony nex 6 ini hampir sama dengan canon 60d menurut bapak lebih bagus canon 60d atau sony nex 6 kemungkinan untuk digunakan street fotografi dan nyaman di bawa travelling, terimakasih

  • puput December 27, 2013, 8:25 pm

    pak saya sedang bingung, dengan budget terbatas, lebih baik nex 5 yg sudah dapat tele atau nex 6? kelebihan dan kekurangan keduanya apa?
    trims

    • Enche Tjin December 27, 2013, 9:07 pm

      @puput Kelebihannya di jendela bidik elektronik, pegangan yang lebih stabil, tombol dan roda dial yang lebih lengkap sehingga lebih nyaman dipegang dan cepat saat mengganti setting. Coba di toko dipegang2 dulu mana yang lebih pas.

  • Teddy Setiyoko November 27, 2013, 5:35 pm

    koh kalo suruh milih antara sony nex6 atau samsung nx300 pilih mana? ksh 1 aj alasan mutlaknya…mksh koh

    • Enche Tjin November 28, 2013, 6:11 am

      @Teddy Setiyoko saya sendiri lebih pilih Sony NEX 6 alasannya ada viewfinder (jendela bidik elektronik, dukungan lensa dan aksesorisnya lebih lengkap dan dicari di Indonesia).

  • hilman November 18, 2013, 12:14 pm

    om enche, sy pengguna nex 6, 16-50, 55-210.
    Saat ini berniat beli tambahan lensa nih untuk street fotografi dan foto potrait, yg cocok apa ya?
    mohon rekomendasi. terimakasih sebelumnya

    • Enche Tjin November 18, 2013, 12:54 pm

      @hilman Lensa zoom diatas sudah cukup fleksibel kok. Jika ingin yang kualitasnya lebih bagus dan bukaan yang lebih besar yaitu Sony 35mm f/1.8.

  • bayu October 17, 2013, 12:39 am

    hallo ko,
    aku ingin meminang sony nex 6Y dengn lensa 55-210mm
    apakah sudah cocok buat foto landscape+model+keluarga gak ko??
    atau dengn lensa 16-50mm ko??
    mohon pencerahaannya ko…

    • Enche Tjin October 17, 2013, 9:48 am

      @bayu yang 55-210mm itu lensa telefoto yang agak sempit cakupannya, jadi lebih cocok dengan lensa wide, namun lensa 16-50mm kualitasnya tidak begitu baik, saya sarankan yang 18-55mm

  • fahmi October 14, 2013, 1:46 pm

    Ko Enche,
    Dengan harga yang hampir mirip, lebih baik Sony Nex 6 atau Samsung NX300 ya? terima kasih..

    • Enche Tjin October 18, 2013, 9:27 am

      @fahmi dan rudy Samsung NX300 dan Sony NEX 6 hampir sama bagusnya. NEX 6 punya viewfinder elektronik, Samsung NX300 unggul di antarmuka dan lcd touchscreen. Saya pribadi pilih Sony NEX 6 karena jaringan pemasaran dan servisnya lebih establish di Indonesia.

  • Vicky October 7, 2013, 4:59 am

    Iya ko, sepertinya rusak. Sudah saya retur esok’nya.
    Menurut saya mantap hasil nex 6 ini. saya coba pakai canon 50mm 1.8 jg mantep bged gak kalah sama hasil dari 60D (pakai adapter aperture cotrol) cuma yg buat bingung tiap liat info tidak muncul ket. ex” iso, speed, focal, diafragma dll. Apakah memang seperti itu ya ko? krn prnah pakai 60D mncul ket tsb.

    • Enche Tjin October 9, 2013, 6:44 am

      @Vicky karena kontak elektronik adapter tidak meneruskan informasi tentang setting kameranya.

  • andikha October 7, 2013, 12:29 am

    Koh saya rencana mau meminang nex 6 kira2 buat lensa buat temen 16-50 bagus beli apa ya?

    • Enche Tjin October 9, 2013, 6:46 am

      @andikha 16-50mm cocok untuk memulai, tapi kualitasnya gak begitu bagus. Kalau yang bagusan Zeiss 16-70mm f/4 VR tapi harganya lumayan
      @hendro Gak bisa langsung, tapi harus pakai adapter

  • hendro October 6, 2013, 8:22 pm

    Lensa dari canon bisa digunakan untuk nikon tidak.ya om txs

  • Rahmat October 5, 2013, 9:18 am

    Thanks koh Reviewnya walhasil jadi makin bimbang, karena sebelumnya udah bulet mau meminang NEX 5T (alasan budget)

    trus ada yg mau saya tanyain nih koh, di review kan disebutkan “Mengunakan jendela bidik dapat membuat kamera lebih stabil. Tapi sisi negatifnya akan menguras baterai lebih cepat dibandingkan dengan mengunakan layar LCD.”

    mohon maaf saya kan awam ya, menggunakan viewfinder apakah justru akan menghemat baterai ya koh? karena jujur yg bikin saya agak melirik NEX 6 justru karena viewfinder nya.. (dengan budget tidak terlalu jauh dibandingkan dengan NEX 7)

    mohon pencerahannya ya koh…terima kasih 🙂

    • Enche Tjin October 6, 2013, 11:32 pm

      @Rahmat viewfinder elektronik lebih menguras baterai karena resolusinya lebih tinggi daripada lcd di belakang kamera.

  • Ronaldi October 3, 2013, 11:03 am

    Gimana kalo sony nex 6 disbanding canon 100d ko? dari segi AF dan kualitas hasil foto? dan juga velue for money?. terima kasih ko infonya

  • Daniel A September 26, 2013, 11:23 pm

    Ko, menurut koko lebih baik mirrorless sony nex 6 atau DSLR Canon 60D ? Kalau secara kualitas foto lebih bagus yang mana ? Mungkin kalau secara fitur pengaturan foto sony nex 6 pasti lebih terbatas dari 60D, kira-kira fitur penting apa yang tidak ada di sony nex 6?

    • Enche Tjin September 30, 2013, 10:38 am

      @Daniel A untuk kebutuhan apa ya? Pengaturan Sony NEX 6 cukup baik karena tombol dan kenopnya cukup banyak. Sayangnya koleksi lensa dan aksesoris Sony NEX belum banyak.

  • Kusuw September 26, 2013, 5:51 pm

    Ko, mo konfirmasinya : untuk nex 6 jika mau pake wireless flash yang bagus product apa ya ? dan perlu tambahan accesories apa saja ? thanks

  • sasyachi September 24, 2013, 10:03 pm

    Hi Mas, mau nany deh, bulan july lalu saya membeli lensa Hawkeye 0.45X wide angle lens untuk sony nex 6 saya dengan harga 3juta di Lucky Plaza SIngapur, mas tahu ttg hawk eye ini kah?? karena saya search di web susah sekali menemukan ttg lens ini, saya rasa kena tipu di lucky plaza 🙁

    • Enche Tjin September 24, 2013, 10:06 pm

      @sasyachi tidak pernah, tapi pernah tentang lensa konversi wide angle. Harganya sekitar 200rban paling. Jadi sepertinya memang kena tipu.

  • Vicky September 22, 2013, 1:27 am

    Ko enche saya baru saja meminang nex-6. Yang ingin saya tanyakan apa memang internal flash tidak bisa menyala? atau saya tidak bisa setting’nya? Karena saya coba buka flash dan atur model fill flash. Tidak ada kilatan cahaya, hanya seperti menyala biru redup saja.

    • Enche Tjin September 24, 2013, 8:47 pm

      @Vicky harusnya bisa, mungkin rusak?

  • Mei August 12, 2013, 11:57 pm

    Budget sich 10 jt Ko…. Klo DSLR terlampau berat, g maunya sich spesifikasinya yg lebih update, n bisa ganti lensa… Y mahal dikit gpp Ko asal ga ketinggalan lho teknologinya… Menurut Ko Sony nex 6 gimana? Klo merek olympus Ko recom yg mana y?

  • Mei August 9, 2013, 12:57 am

    Ko enche saya lg nyari camera mirrorless Tp setara dslr cameranya, pilihan antara sony nex-6y, canon eos m ato nikon 1 v2… Kira2 mana y yg Bagus? Ato Ada Saran lain? Klo canon sich karna bnyk Tmn yg saranin, hbsnya kedepan pingin beli dslr jg Ko… Thx

    • Enche Tjin August 10, 2013, 10:49 pm

      @Mei budgetnya berapa Mei? dan fitur yang diinginkan apa saja?

  • Febrianto July 27, 2013, 11:49 pm

    Ko Enche, lagi bingung milih antara D5200 atau NEX-6. Tujuannya sih pengen ambil foto anak-anak saya yang sedang beraktivitas. Kalau pake D5200 mungkin bisa dapet AF yang cepet, tapi gak fleksible kalo mau dibawa kmana-mana. Kalo NEX-6 memang sih compact, tapi AFnya takut kurang cepet & gak pas. Please sarannya…..

    • Enche Tjin July 28, 2013, 8:52 am

      @Febrianto Soal fokus subjek yang bergerak sampai saat ini DSLR masih lebih unggul dan cepat. Saran saya untuk tujuan foto anak2 sebaiknya yang D5200.

  • topan July 13, 2013, 12:31 pm

    Nanya lagi ko ,kalo saya pasangin 70-200mm f2/8 gimana ko ?

  • topan July 12, 2013, 12:35 pm

    Mas tanya
    Kalo sony nex dipasangin tele ,yg cocok apa ?

    • Enche July 12, 2013, 11:58 pm

      @topan Cocoknya Sony 55-210mm

  • prayit July 5, 2013, 9:55 am

    kutipan catatan akangnya tentang hot shoe universal
    ” Hal yang menarik lainnya dari NEX 6 adalah
    adanya hot shoe universal. Hot shoe ini
    memungkinkan kita mengunakan lampu kilat
    eksternal atau aksesoris lain yang memiliki hot
    shoe universal yang biasanya diproduksi oleh
    pihak ketiga. Sebelum ini, pengguna kamera Sony
    dibatasi hanya bisa mengunakan aksesoris yang
    memiliki hot shoe ekslusif Sony saja.”

    saya baca baca di bbrp review kok banyak yg kesulitan pake pihak ke 3 ya…?

    rencana pengen minang nex-6 minggu depan neh….
    YN560-II saya bisa ga kepake di nex6…?

    terimakasih

    • Enche July 5, 2013, 10:18 pm

      @prayit mestinya bisa dipasang dan nyala, tapi kalau mode otomatis/TTLnya belum tentu

  • Budi Santoso June 27, 2013, 6:23 pm

    Ko Enche, selama ini saya menggunakan Canon 1000d, saya tidak puas di low light. Apa saran ko Enche, harus ganti sony nex6 atau canon 60d atau ganti lensanya saja? Terima kasih atas sarannya.

    • Enche June 28, 2013, 11:54 pm

      @Budi pertama2 tekniknya dulu mungkin, dan yang selalu dilupakan, yaitu tripod 🙂

  • Sasya June 24, 2013, 12:13 pm

    Halo Mas, saya beli sony nex 6 untuk foto2 produk di blog saya, bagusnya beli lensa apa ya untuk benda2 kecil dan detail seperti lipstick dll?

    • Enche June 24, 2013, 12:19 pm

      @Sasya Sony NEX 30mm f/3.5 Macro

  • pepe June 3, 2013, 7:06 pm

    menurut anda bagusan mana?
    5, 6 apa 7?

    Thanks

    • Enche June 3, 2013, 7:18 pm

      @pepe Secara keseluruhan menurut saya yang NEX-6 lebih bagus.

  • Gunadi June 3, 2013, 5:55 pm

    Oh ya… maaf ada yg kelupaan pak, Sony E30mm f/2.8 kata bapak terlalu pendek. maksudnya kalau pendek…kenapa ya pak? Tdk bagus hasilnya atau krg enak pemakaiannya?
    Trims pak 🙂

    • Enche June 3, 2013, 7:20 pm

      @Gunadi Kalau pendek berarti posisi lensa harus sangat dekat dengan subjek untuk mendapatkan perbesaran maksimal. Kalau terlalu dekat, bisa jadi badan kita menutupi cahaya ke subjek atau, subjek foto kabur (misalnya serangga).

  • Gunadi June 3, 2013, 5:47 pm

    Trimskasih pak Enche :):):)

  • Gunadi May 30, 2013, 7:13 pm

    Pak, boleh tanya ya…:)
    Utk memotret objek macro seperti semut dll, utk Sony Nex 6, lensa apa yg hrs dipakai?
    Terima kasih Pak Enche

  • Ruli May 25, 2013, 12:16 am

    Mohon bantu, diantara sony nex5R, panasonic GX1, Olympus e pl5 dan samsung nx300, mana yang paling mnding ya? Tq

    • Enche May 26, 2013, 9:03 pm

      @Ruli Masing2 kamera diatas tidak terlalu jauh berbeda dari spesifikasi. Tapi secara sistem, yang paling menarik bagi saya adalah Olympus EPL5, dimana lensa-lensanya lebih banyak pilihannya dan ukurannya mungil-mungil.

  • Niniq April 22, 2013, 12:22 am

    Pingin beli tp bingung milih nex 6 ato nex 7 ya?

    • Enche April 22, 2013, 12:25 am

      @Niniq nex 6 aja hehe

  • della April 12, 2013, 7:20 pm

    mas tanya…sayakan ada canon 550d..beli tu gara-gara ada matakuliah fotografi, kan sekarang udah kelar ada jadi nganggur, kalo seumpama tu kamera aku jual dan di gantiin sony nex 3NY bakal rugi gak? kualitasnya gimana…lagi dilema ne… canon saya ma nex 3NY itu lebih worth yang mana…

    terimakasih

    • Enche April 14, 2013, 6:23 pm

      @della Rugi gak rugi tergantung masing-masing sih. Kualitas foto keduanya sama saja, cuma Sony NEX itu jauh lebih kecil, pilihan lensanya tidak terlalu banyak seperti kamera DSLR Canon.

  • Andre April 6, 2013, 7:18 am

    nex-6 bisa untuk foto wedding ga ya???

    • Enche April 6, 2013, 8:25 am

      @Andre Bisa, tapi tidak saya rekomendasikan untuk wedding karena kinerja kecepatannya tidak secepat DSLR, lensa-lensanya juga kurang lengkap.

  • erlin April 2, 2013, 8:41 pm

    saya tertarik dengan nex 6, mau tanya bagusnya dipasangkan dengan lensa merek apa dan type berapa ?

    • Enche April 6, 2013, 8:26 am

      @erlin yang paling praktis 16-50mm OSS, bentuknya kecil sehingga memudahkan penyimpanan.

  • Steve March 30, 2013, 12:58 am

    Tamron 18-200mm F/3.5-6.3 Di III VC untuk nex 6 bagus ga y atau lbih bagus lensa 18-200mm F/3.5-6.3 sony

    • Enche April 1, 2013, 12:57 pm

      @Steve mirip, saya curiganya sama saja optiknya cuma packaging dan mereknya beda.

  • Yoto March 22, 2013, 11:18 pm

    ok ko, thanks jawabannya.

  • Yoto March 19, 2013, 8:47 pm

    Ko Enche, apa kabarnya ?
    saya mau rencana mau beli Sony NEX-F3D. menurut ko Enche good value gak secara harga dan kualitas ?
    ato ada saran lain dg budget yg kurang lebih sama.
    thanks ko.

    • Enche March 21, 2013, 11:45 am

      @Yoto menurut saya dari harganya yang sekarang sekitar 5-6 juta secara value for moneynya bagus. So far belum ada saran alternatifnya untuk kamera mirrorless. Tapi kalau DSLR, Nikon D3200?

Leave a Comment