โ‰ก Menu

Olympus EPL-5 Review

Olympus EPL-5 adalah salah satu kamera yang termasuk dalam sistem kamera micro four thirds yang ditujukan untuk fotografer amatir maupun profesional yang menginginkan kamera yang ringan, sederhana, berkinerja tinggi dengan kualitas foto yang tidak dapat diremehkan.

Meninjau bodi kamera, Olympus PEN E-PL5 memiliki body yang cukup kecil dan ringan dibandingkan dengan kamera mirrorless lain seperti Sony NEX 6 dan Samsung NX. Seperti Olympus PEN lainnya, grip (pegangan) berukuran kecil dan dapat buka dan diganti. Memegang Olympus EPL5 seperti memegang kamera digital compact yang agak besar. Buat tangan saya, grip ini sedikit kecil. Saya lebih menyukai grip yang lebih besar seperti pada Sony NEX 6. Meski demikian, cukup nyaman untuk memegangnya untuk memotret.

Ilustrasi Olympus EPL-5 dengan LCD kamera yang dapat dilipat ke atas

Kualitas casing body kamera terasa cukup kokoh dan tidak kalah dari kamera DSLR tingkat dasar/pemula. Di bodyย kamera terdapat cukup banyak tombol, dan dapat di program menjadi jalan pintas fungsi-fungsi kamera lainnya jika dikehendaki. Meskipun kamera ini ditujukan kepada pemula, tapi tombol-tombol dan navigasinya terasa cukup banyak.

Dibagian atas kamera, hot shoe-nya memiliki port AP2 untuk memasang aksesoris-aksesoris lain seperti lampu kilat makro, adaptor mic stereo, penpal (untuk koneksi bluetooth), flash, jendela bidik VF2. Uniknya ada LCD lipat yang bisa diputar ke atas sampai 180 derajat, ideal buat foto diri (self-portrait).

Menu kamera tersusun dengan cukup rapi berdasarkan kategori: Shooting menu (fungsi-fungsi sebelum memotret), playback (peninjauan foto), custom menu (fungsi khusus yang terbagi ke dalam berbagai kategori lagi, seperti untuk autofocus, pemograman tombol dan lain-lain), dan setup kamera. Sekilas, mirip menu Nikon, tapi lebih rapi karena susunannya per-halaman, bukan menggulung kebawah.

Kinerja kamera dan autofocus
Kinerja/kecepatan autofokus kamera sangat cepat, bahkan lebih cepat dari kebanyakan kamera DSLR pemula. Autofocus bisa diaktifkan dengan menekan setengah tombol shutter (tombol jepret) atau langsung menekan di layar LCD kamera seperti layaknya memotret dengan kamera ponsel. Kinerja menghidupkan kamera dan menutup kamera juga cepat, dibawah satu detik. Hampir setara dengan kamera DSLR tingkat dasar.

Kualitas foto
Kebanyakan orang-orang mungkin meremehkan sistem micro four thirds system karena memakai sensor gambar yang lebih kecil daripada ukuran sensor yang dipakai di sebagian besar kamera DSLR. Tapi kualitas hasil foto yang saya amati dari Olympus E-PL5 sudah sangat baik, terutama saat memakai ISO rendah. ISO 1600 masih oke banget (kecuali di zoom 100%) dan kemudian ISO 6400 masih layak untuk cetak ukuran kecil atau untuk kebutuhan online. Warna dan ketajaman foto tidak terlalu berkurang sampai ISO tinggi. ISO masih bisa ditingkatkan ke 25600 Jika dibutuhkan misalnya saat kondisi cahaya yang sangat lemah (lilin, malam hari, lampu di dalam ruangan).

Olympus EPL5 memiliki sensor beresolusi 16 MP setara dengan kamera Olympus yang lebih tinggi kelasnya, seperti Olympus OMD EM5 yang harganya dua kali lipat. Inilah asyiknya kamera Olympus EPL5 ini, bahwa ada beberapa fitur yang diturunkan dari kamera yang lebih canggih.

ISO 200, f/8, 1/320 detik, 22mm (44mm di FF). EPL-5 mampu menghasilkan foto yang sangat tajam dan jernih di ISO terendah (200), meskipun hanya mengunakan lensa kit.

Hasil krop/perbesaran dari foto diatas

Lensa-lensa
Sensor yang lebih kecil (four thirds sensor) memungkinkan lensa yang berukuran lebih kecil dan ringan. Lensa-lensa Olympus jauh lebih kecil dan pendek daripada lensa-lensa pesaingnya seperti lensa Sony NEX, Samsung NX, apalagi lensa-lensa kamera DSLR.

Lensa kit zoom 14-42mm f/3.5-5.6 berukuran sangat pendek dan kecil saat tidak digunakan, dan berubah menjadi agak panjang saat kita mengaktifkannya untuk memotret. Kualitas foto yang dihasilkan lensa ini tajam dan dapat menangkap detail dengan baik untuk ukuran lensa kit standar. Saya juga berkesempatan mencoba lensa Olympus 45mm f/1.8 MSC. Lensa fix berbukaan besar ini juga tidak kalah kecil dan berbahan metal. Kualitas foto yang dihasilkan tajam dan latar belakang mulus dan blur terutama saat mengunakan bukaan f/1.8.

Art filter
Merupakan proses olah digital dalam kamera yang cukup menarik dan menyenangkan untuk digunakan. Beberapa filter yang tersedia antara lain Pop Art, Soft Focus, Pale & light color, light tone, grainy film, pin hole, diorama, cross process, gentle sepia, dramatic tone, key line, dan watercolor. Art filter ini sudah cukup lama tersedia, yaitu sejak sebelum sistem mirrorless ada. Tapi sayangnya, art filter tidak bisa dibalikkan ke foto yang orisinil. Sehingga apa yang dihasilkan oleh art filter merupakan hasil akhir sebuah foto. Di kamera lain, seperti Kamera DSLR Nikon, filter dapat diaplikasikan setelah memotret dan kamera akan membuat file baru untuk hasil olahan filternya.

Detail dan ketajaman masih baik di ISO 6400

Krop dari foto diatas

Sistem lensa
Selain ukuran kamera dan lensa yang berukuran kecil, koleksi lensa yang lebih lengkap daripada sistem kamera mirrorless yang lain. Hal ini disebabkan karena sistem micro four thirdsย adalah sebuah konsorsium beberapa produsen kamera dan lensa seperti Panasonic, Sigma, Tamron, Leica, dll. Dukungan produsen kamera dan lensa lain ini memperkuat dan melengkapi lensa-lensa dari yang berkualitas standar, menengah dan sangat baik/profesional.

Rekomendasi
Kamera Olympus E-PL5 merupakan kamera yang menyenangkan untuk digunakan: ringan, berkinerja cepat dan fleksibel, hasil foto dengan lensa standard maupun 45 mm f/1.8 sangat baik. Meski dirancang untuk pemula, tapi banyak juga fitur yang cukup canggih yang diberikan, misalnya 16 MP sensor setara dengan kamera yang lebih tinggi tingkatannya (EP5, OMD EM5), fitur bracketing, custom white balance yang memungkinkan pengaturan dengan temperatur Kelvin, kecepatan fokus yang sangat baik, dan daya tahan baterai yang cukup baik. Secara keseluruhan, kamera ini sangat saya rekomendasikan.

Stella Felicia - Olympus EPL 5 dengan 45mm f/1.8

Stella Felicia – Olympus EPL 5 dengan 45mm f/1.8

Plus-minus

+ Ukuran relatif kecil dan ringan
+ Kinerja autofokus sangat cepat
+ Banyak pilihan BKT (termasuk HDR bracketing, white balance sampai art filter)
+ Kualitas foto sangat baik sampai ISO 1600
+ Koleksi lensa cukup lengkap
+ Daya tahan baterai 400-600 foto
+ Custom White Balance memungkinkan pengaturan dengan suhu Kelvin
+ Image stabilizer terpasang di dalam kamera
– Mekanisme LCD lipat agak rumit untuk diputar dan diarahkan
– Ukuran tombol dan pegangan relatif kecil
– Layar sentuh LCD sensitif, sedikit sentuhan saja, kamera akan menjepret
– Auto ISO maksimumnya hanya mencapai ISO 1600
– Flash terpisah dari kamera
– Kendali untuk mengubah setting tidak sama seperti kamera lain, misalnya dengan panah atas bawah untuk mengubah nilai aperture/shutter speed

Specifikasi penting Olympus EPL-5

  • 16 MP four thirds sensor (2X crop dibandingkan sensor full frame / 35mm)
  • Layar LCD sentuh 3 inci, 460 ribu titik
  • Foto berturut-turut 8 foto per detik
  • Rentang ISO 200-25600
  • Image Stabilizer / peredam getar terpasang dalam kamera
  • Rentang shutter speed 1/4000 – 60 detik
  • Harga dengan lensa kit standar (sampai pertengahan 2013: 7.4 juta)

 

ISO 1600, f/3.7, 1/20 detik

ISO 1600, f/4.5, 1/40 detik

ISO 200, f/8, 1/320 detik

Catatan: Foto-foto diambil di museum Bahari & Menara Syahbandar, Jakarta Utara.

Olympus EPL5 (kiri) dibandingkan dengan Canon EOS 650D (kanan)

Tampak belakang Olympus EPL-5 – foto dari Wikipedia Commons

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 74 comments… add one }
  • rifki July 23, 2018, 11:32 pm

    Mau nanya ko.. epl 5 saya kenapa mengahasilkan gambar lebih warm ya.. padahal di set ke auto.. jadi merah banget untuk foto ataupun video apalagi pas ke wajah orang jd warna nya ngga natural.. adakah settingan yang pas ko? Terimakasih

  • Heru May 24, 2016, 11:12 am

    Ko, antara E-PL6, EOS M3, dan dSLR EOS 700D kira2 pilih mana?

  • Tahir April 10, 2016, 9:12 pm

    Mau nanya ko..mana lebih bagus epl5 atau sony Nex5t..? Ini kan sama2 bisa selfie ya..tapi sony ada wifinya kan. Untuk food photography bagus mana ko..?

  • Ajrina April 5, 2016, 12:40 am

    Ko mendingan olympus e-pl5 atau fujifilm xm1 ya ?

    • Enche Tjin April 5, 2016, 3:25 pm

      Secara fitur, dan kemudahan pemakaian, Olympus EPL-5 lebih bagus, kalau kualitas foto, Fuji XM-1 sedikit diatas angin.

  • kambuna October 24, 2015, 6:23 pm

    Koh Enche, mau tanya, perbedaan utama Olympus EPL5 dan EPL6 apa? Bukannya EPL6 lebih baru? Tapi kok lebih mahal EPL5 ya? Terima kasih

    • SURYADI BOLA January 6, 2016, 4:16 pm

      Koh Enche, mau tanya apa perbedaan utama Olympus EPL5 dan EPL6? apa kelebihan masing2? terima kasih ko..

      • Enche Tjin January 9, 2016, 4:54 pm

        yang 6 lebih baru, perbedaan utamanya layar LCDnya lebih bagus.

  • ray August 29, 2015, 8:55 am

    untuk kualitas gambar, rekomendasi mana

    olympus epl 7 atau sony a 6000

    • Enche Tjin August 30, 2015, 9:35 am

      Saya rekomen Sony A6000

  • handoko August 1, 2015, 7:12 pm

    Ko enche
    Tolong review olympus epl – 6

  • Al July 7, 2015, 2:23 pm

    Koko, mau minta pendapat Olympus epl6 atau sony a6000 ya? Kebutuhan buat dipakai traveling aja. Focusnya sih ke human interest dan landscape. Mohon saran om???

    • Enche Tjin July 8, 2015, 9:08 pm

      Sony A6000 aja

  • ratno February 23, 2015, 3:40 pm

    Om, mau tanya kalo dengan Olympus PEN E-PL6 apakah sama ya ?

    • Enche Tjin February 26, 2015, 11:05 pm

      Iya beda tipis saja, yaitu di layar LCDnya lebih tajam yang EPL6

  • Rere December 21, 2014, 8:18 pm

    hi ko,
    maaf sebelumnya nih, karena sudh ga ngikut perkembangan kamera lagi. sekarang sya mau beralih ke kamera mirrorless. kira2 tipe dan merk yang recommended apa ya? budget mentok 6jt. fungsi kamera hanya untuk travelling dan hunting landscape. thanks ko.

  • adinda natalia August 27, 2014, 12:36 am

    harga kamera EPL5 paling murah itu berapa ya?

  • afroomat August 9, 2014, 1:08 pm

    Ko, thanks nih reviewnya hehe, saya kemaren beli EPL-5 abis baca2 review dari koko,
    Newbie masi bingung nih ko haha, tapi overall saya emang cocok hatinya ke olympus pen hehe.

    Sedikit berbagi pengalaman ko, karena epl-5 ga ada bulit-in WiFi nya, saya akhirnya pake SD Card Toshiba FlashAir utk yg 32GB 410rb IDR, memang harganya 2x lipat dari harga standar SD Card Class 10, tapi fungsi WiFI yg ada di SD Card bisa buat share langsung ke smartphone/Laptop/PC dengan mudah.

    Boleh minta saran ko, baiknya lensa fix yg harganya middle-range? atau saya perlu beli adapter canon/nikon to m4/3 ?
    Kemaren paketan dapet lensa kita aja, ditambah saya beli Olympus M.ZUIKO 12-50mm F3.5-6.3 EZ Lens.

    Makasi ya reviewnyaa koko hehe, sering2 mampir deh ke web ini ๐Ÿ™‚

    • Enche Tjin August 11, 2014, 6:04 am

      Lensa fix yang bagus tapi terjangkau 45mm f/1.8. Keren untuk portrait. Trims sudah rajin berkunjung hehe

  • alexandra June 25, 2014, 4:36 pm

    Ko, kalau mirrorless untuk travelling keluarga dan hanya main kit, better mana ya ko antara a5000, a6000, atau xm1, thanks bantuannya ko

    • Enche Tjin June 25, 2014, 11:15 pm

      Sony A6000 kamera yang bagus dan cukup lengkap tapi gak terlalu berat. A5000 lebih kecil, tapi nanti kalau berniat pasang lensa besar jadi gak imbang. Konstruksinya sangat plastik. Pilihan saya jatuh ke A6000, terutama jika dana mendukung. Fuji XM1 gak pernah megang, jadi gak bisa terlalu banyak bahas, posisinya diantara A6000 dan A5000 kira2.

      • alexandra June 28, 2014, 2:19 pm

        Terima kasih banyak koo ๐Ÿ™‚

  • putu May 18, 2014, 10:19 pm

    Jadi overall lbh bagus sony ya om..? Terima kasih om…

    • Enche Tjin May 18, 2014, 11:47 pm

      Ada plus minus masing-masing

      • putu May 19, 2014, 9:37 am

        kalo menurut om pribadi rekomen yang mana..? lebih ke keperluan sehari2 om… serta pertimbangannya apa..? terimakasih sebelumnya om, maaf jadi panjng om…

        • Enche Tjin May 19, 2014, 11:05 am

          Pemilihan yang paling oke tergantung dari rencana kedepannya bagaimana, kalau rencana cuma beli paket kamera dan gak ada rencana ganti2 lensa Sony A6000 oke, tapi kalau mau ganti2 lensa koleksi lensa Olympus dan Panasonic lebih banyak pilihannya dan ukuran keseluruhannya lebih kecil. Kalau saya pribadi cenderung ke Olympus EM10 karena ekosistem koleksi lensanya lebih banyak.

          • putu May 19, 2014, 8:36 pm

            Terima kasih om…

  • Dani May 18, 2014, 9:56 pm

    Mau tanya dong, Om
    Kalau E-PL5 sama Fuji X-A1 bagusan mana?
    Mohon sarannya. Thanks

    • Enche Tjin May 19, 2014, 11:00 am

      Di segi kualitas gambar, X-A1 sedikit lebih baik. Dari pengoperasian, fitur dan ukuran/berat keseluruhan, Olympus lebih baik dan lebih ringkas.

  • putu May 16, 2014, 8:05 pm

    Selamat malam om, untuk kamera mirrorless yg ada layar bidik dgn harga menengah kira2 rekomen apa om? Touchscreen tdk perlu…

    • Enche Tjin May 16, 2014, 8:43 pm

      Wah, banyak juga sony A6000, sony NEX 6, Panasonic GX7, Olympus EM10, Olympus OMD EM1, EM5

      • putu May 16, 2014, 8:58 pm

        Ada yg dibawah 10jt om..? Rekomen type apa om? Terima kasih…

        • Enche Tjin May 16, 2014, 9:20 pm

          Sony A6000 sepertinya pas 10 jt

          • putu May 17, 2014, 3:34 pm

            Terima kasih sarannya om…

            • putu May 18, 2014, 8:50 pm

              Malam om, maaf satu lagi om..kira2 lebih bagus mana antara a6000 dengan em10..? Dan juga rekomen lensa yg cocok…terima kasih…

              • Enche Tjin May 18, 2014, 9:31 pm

                Kalau kualitas gambar bagusan A6000, tapi kalau lensa jauh lebih lengkap yang Olympus micro four thirds EM10. Lensa sih banyak yang bagus, tergantung ingin motret apa ๐Ÿ™‚

  • hendra May 13, 2014, 10:40 am

    makasih banyak om..
    EPL 5

  • hendra May 13, 2014, 8:53 am

    nanya dong, om
    bagusan mana EP3, EPL 5, dan nx 2000/1000?
    mohon pencerahannya..
    baru mau beli ni om…
    makasih banyak

    • Enche Tjin May 13, 2014, 9:08 am

      Olympus EPL5

      • hendra May 13, 2014, 11:03 am

        noleh nanya 1 lg, om
        klw EPL 5 d banding sony nex c3 gmn?
        makasih om

        • Enche Tjin May 13, 2014, 11:08 am

          ada plus minusnya, layar LCD Sony lebih tajam, tapi Olympus ada touchscreen. Kecepatan autofokus dan foto berturut-turut Olympus lebih cepat. Kualitas gambar di kondisi gelap Sony lebih bagus. Video Olympus lebih baik dan stabil. Sony lebih ringan.

  • ellen May 5, 2014, 4:07 pm

    Ko.. lensa fix yang oke dan harga bersahabat untuk EPL 5 apa ya? Thankyou

    • Enche Tjin May 5, 2014, 5:44 pm

      45mm f1.8

  • bryant May 1, 2014, 10:22 am

    om sy bingung, kira-kira lebih bagus mana antara omd em5 ato ep 5? soalnya speknya juga hampir sama & harganya beda hmpir 2jt lebih. sama-sama udh 5 axis jg.

    • Enche Tjin May 1, 2014, 12:37 pm

      Saran saya OMD 5, soalnya viewfindernya sudah built-in dan juga ketahanan bodinya lebih baik.

  • Grecia December 16, 2013, 12:17 am

    Saya sudah pakai epl 5, yang saya mau tnya, ketika saya mau krim lewat bluetooth ke hp saya, kenapa jadi ga jernih ya gambarnga, rada pecah. Dan juga kl ambl foto drr epl5 tombol auto, kenapa rada orange yah. Thx

  • anggar malmsteen November 25, 2013, 8:29 pm

    sudah kecanduan dengan olympus pen sejak dapating gear OMD – terasa lebih asik make mirorles olympus ketimbang DSLR – EPL5 terobosan yang sangat bagus dengan harga yang lebih miring yang memiliki emampuan layaknya OMD – EM5

  • alfred November 8, 2013, 6:21 am

    Ko. Terima kasih infonya. Sy langsung ambil e-pl 5. Rencana mau cari lensa utk tele. Tp dg dana ekonomis. Ada saran ko? Bingung dg kode2 lensa. Maklum newbie.
    Makasih ko

    • Enche Tjin November 8, 2013, 12:21 pm

      @alfred lensa zoom yang ekonomis 40-150mm f/4-5.6

  • Sentot August 28, 2013, 2:54 pm

    Om, terus kesimpulan nya bagaimana? SRL atau Mirrorless? kalau untuk yang bukan professional.

  • Mitsuartama August 27, 2013, 12:18 pm

    Ko saya mau tanya, saya lagi bingung milih antara NX300 sama E-PL5. Mohon bantuannya ko, untuk penjelasan mana yang lebih unggul.

    Terima kasih

  • helmy August 22, 2013, 2:12 pm

    Ko klo rekomendasi antara E-P5 atao E-PL5 ya…?, soalnya bingung mending pilih yg mana? klo perbedaannya di Flash nya

    trims

    • Enche Tjin August 22, 2013, 4:16 pm

      @helmy kalau dana gak masalah, EP-5 lebih baik dari segi kualitas badan kamera, tombol dan kenopnya lebih lengkap dan kualitas layar lcdnya lebih jelas. Keunggulan lain yaitu adanya flash terpasang dan shutter speed maksimum 1/8000 detik

  • rizqianda August 13, 2013, 11:25 pm

    iya Ko,
    kaya’nya bakal ngambil nx 300 ni
    kecuali dpt fuji X-M1 yg bisa cicil 0% pake kartu kredit, pasti prefer ke fuji ๐Ÿ˜€

  • Enche Tjin August 13, 2013, 10:09 am

    Saya pernah coba Samsung NX300, bodinya oke, antarmukanya grafisnya enak dilihat.

  • rizqianda August 13, 2013, 9:56 am

    Mau share aja
    kemarin saya coba Nex6, tp entah kenapa koq sepertinya nggak sreg. Trus coba lagi nx300, cukup menyenangkan, mungkin selera aja kali ya..
    saya cari epl-5 gak dpt, mgkn bsk mau cari2 display lagi..
    btw udh ada yg coba Fuji X-M1? atau ada yg punya link user opinion/compare dengan nx300?
    thx B4

  • rizqianda August 11, 2013, 8:59 pm

    Ko, td di atas katanya nx300 menang tipis dari segi apa ya?
    sigmifikan nggak?
    saya mau beli antara epl-5 ini atau nx300
    butuh pencerahan nih Ko..
    Thx b4

    • Enche Tjin August 12, 2013, 9:02 am

      @rizqianda dari kualitas gambarnya, kalau kondsi cahayanya sulit seperti gelap banget, atau kontras (langit terang, bumi gelap) baru terasa.

  • adijendra August 8, 2013, 7:28 am

    Trims ulasannya. Saya jg berencana beli epl5 ini. Sekedar sharing informasi saja, Olympus mengeluarkan 3 varian kelas untuk kamera nya. Kelas pertama adalah PEN (P) mulai dari P1 sampai P5. Kelas ini boleh dikata kelas high end nya olympus. Kemudian kelas kedua adalah PEN LIGHT (PL) mulai dari PL1 sampai dengan PL 5 seperti yg dibahas diatas. Kelas ini untuk kelas menengah. Kelas ketiga adalah PEN MINI(PM) mulai dari PM 1 dan seterusnya. Boleh dikata kelas ini adalah kelas low end nya olympus. Tiap kelas punya spec dan ke khasan sendiri2 dan selalu upgrade berdasarkan seri angka 1,2,3 dan 5. Tetapi Angka 4 tdk pernah ada di seri olympus ini mungkin dikarenakan budaya jepang yg menganggap angka 4, angka yg kurang baik. Mungkin.

  • Orient July 22, 2013, 12:41 am

    Om, kalo e-pl 5 dibandingkan dengan nex 6 ? Dari kualitas gambar dan juga kecanggihannya.? Kalau e-pl 5 dengan canon 650d om ? Thanks

    • Enche July 22, 2013, 11:01 am

      @Orient perbedaan utamanya kalau nex 6 itu lebih lengkap tombol dan kenopnya, ada juga jendela bidik elektronik seperti kamera DSLR menengah/canggih, tapi dari kemudahan penggunaan, EPL5 lebih unggul karena ada layar sentuh. Koleksi lensa2 Olympus lebih banyak dari NEX. Dibandingkan Canon 650D, Oly EPL5 jauh lebih kecil. Aksesoris dan lensa sistem DSLR Canon jauh lebih lengkap. Kecepatan autofokus 650D saat live view lebih lambat dari EPL5. Kalau dari kualitas foto mirip2 antara NEX6, EPL5 dan 650D. Boleh juga mampir ke review Canon 650D untuk membandingkan.

  • Wira A.d July 13, 2013, 11:04 am

    Om, klo E-PL5 dibanding sama NX300 bagusan mn? Dari segi kualitas gambar & daya tahan baterry ??

    • Enche July 15, 2013, 5:17 pm

      @Wira Kualitas NX300 menang tipis, kalau baterai lifenya juga kurang lebih sama, NX300 menang tipis lagi.

  • Enche June 5, 2013, 9:45 am

    Sudah termasuk, terpisah flashnya. Harganya sekitar 7.4 juta

  • dewo June 5, 2013, 9:44 am

    om, flash di EPL5 termasuk dalam paket pembelian atau beli terpisah? harganya berapa ya?
    thanks alot

  • yusup May 22, 2013, 6:45 pm

    Ko, sori keluar dr topik, kl utk kamera dgn sensor APC-S sptnya lbh cocok utk foto tele dr pd wide, ya? Kl mo foto wide, lensanya bener2 yg hrs focal length kecil. Ama mo nanya, kl cmn pny budget sekitar 3jt, lbh mending beli lensa canon 55-250 ato nyari lensa fix? Utk motret sehari2 N foto aktivitas anak2. Terima kasih

  • Enche May 21, 2013, 10:07 am

    Iya benar, bedanya gak terlalu penting-penting banget. Yang paling keliatan bedanya yaitu tombol dan roda kendali di Olympus EP lebih banyak dari EPL atau EPM. Yang EPL khasnya di layar LCD yang bisa diputar sampai 180 derajat untuk foto diri ๐Ÿ™‚

    Perbedaan kecil lainnya: EP punya flash terpasang, kalau yang EPL dan EPM, flashnya terpisah dari kamera.

  • Adit May 21, 2013, 9:48 am

    om om.. di terangin juga dong.. beda EP sama EPL.. saya kadang bingung dengan dua jenis tersebut. lalu kata mas Erwin di atas ada lagi EPM..
    hehe

    seperti bedda EP-5 dengan EPL-5.. ๐Ÿ˜€

  • Erwin M. May 20, 2013, 2:45 pm

    Bahkan bila tidak perlu layar lipat dan roda eksposur, ada pilihan yg lebih terjangkau lagi yaitu E-PM2 yang sudah dibekali fitur setara E-PL5 ini. Satu lagi yg saya suka dari sistem kamera mirrorless Olympus adalah fitur anti getar yang didesain di sensor, bukan di lensa.

Leave a Comment