≡ Menu

Panduan memilih tripod untuk berbagai kamera dan situasi

Menurut yang saya amati selama ini, banyak fotografer pemula yang mengunakan tripod yang tidak pas dengan kebutuhan atau kamera yang digunakan. Biasanya, tripod yang dipakai adalah tripod yang diberikan gratis sebagai promosi pembelian kamera dan lensa, atau tripod yang paling murah yang tersedia di toko kamera.

Keputusan untuk memakai tripod yang berkualitas rendah tersebut kurang bijak karena tripod seperti itu akan mengurangi kualitas foto, misalnya jadi kurang tajam/getar. Tripod tersebut juga ringkih, susah diatur, dan gampang rusak, penyok padahal baru beberapa kali pakai saja.

Tidak semua tripod cocok untuk segala situasi, maka itu saya coba membuat skenario-skenario sebagai berikut:

Skenario A – Family and general travel

  • Punya kamera DSLR mirrorless, pemula atau menengah (beratnya dibawah 700 gram)
  • Punya lensa kit zoom dan atau zoom menengah (sampai 135mm)
  • Lebih banyak motret di luar ruangan
  • Jalan-jalan dengan family atau teman-teman
  • Biasanya travel akhir pekan atau libur panjang
  • Kalau bisa harga yang terjangkau

Rekomendasi:

Fotopro X-GO Alumunium – Tripod ringkas dan compact, saat dilipat hanya 32.5 cm saja. Beratnya 1.2kg. Cocok untuk jalan-jalan atau naik gunung. Bisa pesan disini.

Fotopro X-GO Carbon Fiber – Lebih ringan dari tripod diatas yaitu 0.91 kg saja, berkat kaki tripod campuran Carbon dan Magnesium. Sedikit lebih tinggi (1420 cm) dan panjangnya hanya 34 cm saat dilipat. Kapasitas 5 kg atau lensa 135mm.  Bisa pesan disini.

Skenario B – Travel photography enthusiasts

  • Punya kamera DSLR semi-pro
  • Punya lensa zoom profesional dan telefoto
  • Lebih banyak motret di luar ruangan
  • Pergi dengan teman sesama hobi foto/tour fotografi
  • Traveling dengan bis atau mobil dan sedikit jalan-jalan untuk masuk ke lokasi pemotretan.


Rekomendasi:

Benro iFoto 18+ Alumunium – Kapasitas 10 kg, saat dilipat 45cm, beratnya 1.82kg termasuk ballhead berkualitas tinggi dengan type jepit (arca-swiss) dan tas. Tinggi maksimum 1.6 m. Salah satu kaki bisa menjadi monopod. Jika ingin kualitas tripod yang sama dengan berat yang lebih ringan bisa memilih tripod berjenis Carbon.

benro-c1682tv1-tripodBenro iFoto 18+ Carbon – Kapasitas 10 kg, saat dilipat 45 cm, beratnya 1.47 kg, bahan carbon fiber (lebih ringan dan kapasitas lebih besar dari tripod berbahan alumunium). Termasuk ballhead yang kokoh (type arca-swiss) dan tas. Tinggi maksimum 1.6m. Kaki bisa jadi monopod atau tongkat.

Fotopro X-5CN Carbon Fiber – Kapasitas 8 kg, berat 1.51 kg dan memiliki tinggi yang cukup yaitu 1.575m dengan harga yang terjangkau dan good value for money. Bisa dipesan disini.

Benro G2862TB1 Carbon Fiber – Kapasitas 18 kg, berat 1.85 kg, tinggi maksimum 1655mm dan saat dilipat hanya 47 cm. Diameter kaki yang besar dan kokoh membuat tripod ini kuat untuk kondisi ekstrim atau saat mengunakan kamera dan lensa telefoto yang besar dan berat (sampai dengan 600mm). Bisa dipesan disini.

Skenario D – Hiker

  • Sering jalan-jalan atau naik gunung, kurang lebih antara 4-8 jam sehari
  • Kamera DSLR atau mirrorless dengan lensa sampai dengan 135mm
  • Perlu tripod yang ringan dan ringkas

Rekomendasi:

Fotopro X-GO – Lebih ringan dari tripod diatas yaitu 0.91 kg saja, berkat kaki tripod campuran Carbon dan Magnesium. Sedikit lebih tinggi (1420 cm) dan panjangnya hanya 34 cm saat dilipat. Kapasitas 5 kg atau lensa 135mm. Bisa pesan disini.

Gitzo Traveler GT1542 – Tripod legendaris berbahan carbon fiber yang digunakan oleh para profesional seluruh dunia. Kapasitas maksimumnya 8 kg atau lensa sampai dengan 135mm. Beratnya hanya 1 kg, dengan tinggi maksimum 149 cm dan saat dilipat 42.5 cm.

Skenario C – Fotografer pro/studio

  • Punya kamera canggih, profesional dengan berat 1-2 kg
  • Mengunakan lensa profesional mulai dari lebar ke 300mm
  • Lebih banyak memotret di dalam studio/indoor
  • Untuk kebutuhan foto keluarga, wedding, produk, still life, dll
  • Ukuran dan berat tidak jadi masalah

Rekomendasi:
Benro GA 258FB2 – Kapasitas 12 kg, tinggi maksimum 178.5 cm, bahan alumunium. Termasuk tas dan ballhead Benro B2. Kelemahan: Beratnya 2.26 kg . Bisa pesan disini.

Gitzo Systematic – Tripod dengan kaki besar ini berkapasitas sangat tinggi yaitu 25 kg. Untung bahannya dari carbon fiber, jadi berat kaki tripod tidak terlalu berat (1.88 kg). Tinggi maksimumnya 149 cm. Tripod ini tidak memiliki kolom tengah, tapi bisa ditambahkan jika dibutuhkan. Cocok untuk memotret di kondisi yang sangat sulit seperti saat badai, pantai, atau saat mengunakan lensa yang sangat panjang (300mm keatas).

Merk tripod tidak harus yang saya sebut diatas, yang penting spesifikasinya kurang lebih sama. Hati-hati dengan merek yang tidak jelas, yang mengklaim kapasitasnya tinggi, tapi belum teruji dan yang kualitas kontrolnya rendah. Usahakan memeriksa dan mencoba tripod sebelum membeli.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 62 comments… add one }
  • Andra October 27, 2017, 7:31 am

    Koh untuk foto landscape, kamera 760D + 10-18mm, rencana beli tripod carbon OBO 360c atau Beike 999c kira2 bagus gak? Harganya sekitar 1.6 juta, terimakasih

  • Zahran Fakhrurroji April 9, 2017, 11:48 am

    Permisi, pak. Saya mau tanya kalau untuk landscape photography cocoknya tripod yang seperti apa dan bahannya terbuat dari apa? Kamera saya beratnya sekitar 580g. Kalau yang enak dibawa jalan jalan biasanya tripod yang seperti apa?

  • Adit January 31, 2017, 10:58 am

    Koh, saya pengguna A6000 (dengan lensa kit) dan suka traveling. Sebenernya pas banget sama skenario A, tapi tripod yg direkomendasikan (Fotopro X4CN + 42Q) koq mahal banget ya. Ada gak yg harganya +/- 1 juta aja tapi tetap bagus? Hehehe

    • Enche Tjin January 31, 2017, 1:23 pm

      Yang sedikit lebih murah yang X4C :D. Yang sekitar 1 jt biasanya kurang, tapi nanti kalau ada saya bisa rekomendasikan. Tripod itu untuk 10 tahun atau bahkan lebih, dan mempengaruhi kualitas gambar, jadi sebaiknya invest yang agak bagus.

      • Adit February 1, 2017, 12:24 am

        Noted koh mengenai tripod untuk jangka panjang. Cuma belom rela aja ngeluarin jutaan, soalnya masih nyubi. Hehe

        Selain itu, boleh minta rekomendasi tas kamera gak koh Enche?

  • Wahyudi January 12, 2017, 11:00 am

    Mau nanya mas enche, rekomendasi tripod untuk travelling (ringan dan kuat), camera saya nikon d5200 lensa nikon 16-80 sama tokina 11-16. Saya sering foto landcape (pantai, air terjun, moto slowspeed) minat tripod MEFOTO A1340Q, FOTOPRO TRIPOD CT-4A+53P, sama FOTOPRO X4CN+42Q, terimakasih

  • M Abdurroshad January 11, 2017, 8:33 pm

    Permisi koh enche, saya mau tanya
    Saya pake nya sony a7r dgn lensa fe 24-240
    Kira kira tripod yg cocok apa yah koh ?
    Soalnya lensa nya berat banget
    Makasih koh
    Salam…

  • Tick November 15, 2016, 11:03 am

    Maaf om…. kalau Fotopro X4CN + 42Q cocok nggak untuk menopang Sony A6000 + lensa 55-210mm ? kalau di pantai kemungkinan goyang apa nggak ya Om…?

    di ranafotografi.com, stock habis, kalau sekiranya berkenan mohon dikabari jika on stock..

    atau kalau mungkin ada rekom lain selain Fotopro X4CN + 42Q yang specnya hampir sama (ringkas,ringan dan kokoh dengan harga yg setara ) hehe …. terimakasih

    • Tick November 15, 2016, 11:18 am

      Maaf salah…. di http://ranafotovideo.com maksudnya…

      • Enche Tjin November 15, 2016, 11:25 am

        Sabar ya, dalam seminggu ini akan tersedia kembali.

        • Tick November 15, 2016, 1:26 pm

          terimakasih om….

          kalau dibanding dengan yang Fotopro MGA 584 – 52Q, lebih kokoh mana om, untuk di pantai..? (bingung antara kedua tripod tersebut)

          ditunggu stock keduanya…
          terimakasih

          • Enche Tjin November 15, 2016, 1:30 pm

            Lebih kuat yang MGA dong, atau yang Benro IF 18+. Kalau ombak datang yang Fotopro mesti diangkat, kalau gak hanyut hehe, agak kurus soalnya, tapi enteng kalau dibawa seharian gak memberatkan.

            • Tick November 15, 2016, 1:32 pm

              hehe … oke deh om… terimakasih banyak…. ditunggu stock yang Fotopro MGA 584 – 52Q nya.

  • Riza September 14, 2016, 4:41 pm

    Koh, Fotopro MGA 584 – 52Q – Kapasitas 8 kg, saat dilipat 43 cm, beratnya 1.75 kg. Sudah termasuk ballhead type arca swiss dan tas. Cukup tinggi, maksimum 1.56 meter dan harga terjangkau (Rp 1.52 juta saja). Salah satu kaki bisa dilepas menjadi monopod. (info dan pesan disini)

    Koh, harganya sudah naik Koh? atau 1,52 juta? Makasih.

  • ori September 9, 2016, 10:17 pm

    ko salam kenal.. saya pake nikom d3100 lensa fix 50 sama lensa kit. rencana mau nyari lensa 70-300 .. mau nanya tripod yg cocok buat travelling apa ya ? kemarin sempet liat2 fotopro x4cn sama fotopro pgc484.. kalo boleh saran kira2 yang mana ? fotopro x4cn kaki2 nya agak kecil kira2 kuat gak ?

    makasi

    • Enche Tjin September 9, 2016, 10:31 pm

      Kalau nantinya rencana pakai lensa telefoto saran saya yang lebih kuat dari X4CN dan PGC484, resikonya memang bakal lebih berat, tapi kualitas lebih baik. Contohnya Fotopro MGA584-52Q

  • Imam isnanto September 5, 2016, 4:00 pm

    Mau tanya nih koh kalo tripod beike Q999C carbon fiber apa sudah bagus ya?
    Mohon pencerahannya karena pemula.

  • fury August 26, 2016, 8:36 am

    Pak mau tanya kamera Aq canon 100d tripod yg cocok apa apa ia

  • lumbung August 18, 2016, 6:32 pm

    koh, minta saran saya punya canon 750d untuk foto & video krn mau belajar bt film pendek, minta saran untuk tripod bagusnya yang apa ya??? sekalian kira2 kalo bajet 1-2jt dapat lensa apa? makasih

  • erwin August 13, 2016, 9:19 pm

    koh, rekomendasi tripod yang harganya dibawah 200K apa ya? mau saya pakai traveling

    • Enche Tjin August 14, 2016, 2:43 am

      Gak saya anjurkan karena biasanya kualitasnya rendah

  • Andi April 19, 2016, 9:22 am

    Pak Enche, kira2 tripod yang cocok untuk kamera nikon d5200 + lensa 55-200MM apa yaa?

  • eno March 2, 2016, 11:38 am

    Koh , mau minta saran , saya pake camera canon 600D + Lensa 55 250. Tripod yg cocok buat itu apa yg koh?
    Untuk jalan” dan naik gunung , tpi yg simple dan kokoh , dan gampang di bawa kemana mana ?
    Makasih koh

    • Enche Tjin March 2, 2016, 11:53 am

      Saran saya tripod yang ini

  • angga March 1, 2016, 6:51 pm

    koh mau nanya, saya pake canon 760d kit 18-135 + bg ada saran ga buat tripod harga max 1jt untuk pemakaian persis seperti skenario A? terima kasih sebelumnya.

    • Enche Tjin March 1, 2016, 8:12 pm

      Saya sendiri belum ketemu yang bagus, jadi sementara yang diatas saja.

  • tedii February 26, 2016, 4:33 am

    Pak mau nanya dslr saya nikon d3300 tripod yg pas buat nikon sya yg gmn,,,trmkshh pa

    • Enche Tjin February 26, 2016, 7:55 am

      Rencananya motret apa ya? dan lensa paling besar berapa? Kalau untuk naik gunung/banyak jalan yang X4CM ringan. Kalau ingin yang lebih kokoh misalnya untuk foto ditempat yang banyak angin atau air. Saran saya tripod yang MGA-584.

  • annisa February 3, 2016, 2:03 pm

    Permisi Ko, kalau Manfrotto MK055XPRO3-BH 055 Tripod apakah cocok untuk video?

  • novia December 6, 2015, 9:42 am

    ko enche, klo tripod Benro A150FBR0 Digital Tripod http://www.tokocamzone.com/tripod/Benro-A150FBR0-Digital-Tripod itu gimana ko??? mau saya pasangin sama fujifilm XM1 dan dibawa untuk travelling..

  • riana oktavia June 21, 2015, 11:51 pm

    Hallo om 🙂
    Mau nanya, tripod yang disarankan untuk kamera fuji X-M1 itu yang mana ya (alias ringan dan mudah dipacking)? dan kalau tripod somita disarankan untuk digunakan tidak? soalnya ada banyak pro dan kontra pada produk tersebut.
    Terima kasih

    • Enche Tjin June 22, 2015, 6:09 am

      Sebaiknya yang kualitasnya lebih bagus dan tidak terlalu berat seperti tripod Fotopro ini.

  • D'arnanda April 20, 2015, 11:20 am

    Salam kenal om
    Mau minta saran nih, kemarin saya beli kamera mirrorless karena saya seorang Hikers.
    Kira-kira tripod apa yang cocok dengan kamera mirrorless dengan lensa 55-200mm?

    Lalu ada gak kode khusus buat liat masing-masing tripod karena saya sekarang lagi di LN (taiwan)

  • Lina March 1, 2015, 9:25 am

    Koh,
    Untuk kamera mirrorless, apakah tripod sirui t-025x cukup tangguh? Saya tertarik dengan beratnya yg cuma 0,7kg saja.
    Thanks.

    • Enche Tjin March 1, 2015, 10:02 am

      Tergantung dari kamera dan lensa yang digunakan, kalau lensanya dibawah 135mm mestinya aman.

  • Alvin January 21, 2015, 5:27 pm

    Dear koh enche,
    Mao nanya tripod buat pemula dgn kamera canon 600d lensa standar 18-55.. Tapi niat pengen ngambil tamron 18-270.. Kira2 yg cocok apa ya koh? Kalo bisa dibawah sejuta.. Soalnya pengen ngambil lensa juga, takut duitnya kagak cukup.. Hehee
    Makasih ya koh atas sarannya..

    • Enche Tjin January 21, 2015, 9:41 pm

      Tripod sebaiknya yang berkualitas dan cukup kokoh untuk men-support kamera dan lensa tele sampai 270mm. Jangan sampai tripodnya kurang kokoh sehingga malah jatuh di lapangan jika ada angin kencang atau arus air yang deras. Saran saya minimal yang model seperti ini.

  • dodol January 2, 2015, 1:52 am

    kalo untuk canon 60D dengan lensa 18-135, kira kira jenis tripod yang mana yang cocok om. (salam kenal)

    • Enche Tjin January 2, 2015, 2:01 am

      Salam kenal, saran saya Tripod A1340Q1 Kalau punya dana lebih, yang carbon fiber ini lebih kokoh lagi akan bisa menunjang lensa yang lebih panjang dan besar di masa depan.

  • reza iqbal ghifari August 21, 2014, 7:26 pm

    ko, mau nanya jika dibandingkan dengan tripod keluaran pabrikan excel bagaimana?

    • Enche Tjin August 22, 2014, 2:04 am

      Biasanya murah tapi basic, gak begitu tahan banting dan rentang getar

  • Wibi August 16, 2014, 12:44 am

    Om.. Kira kira tripod yang cocok untuk travel, mudah dibawa untuk kemana2, gak terlalu berat dan bisa dijadikan monopod jg apa ya om? Kamera saya Fuji film XE2.

    • Enche Tjin August 18, 2014, 11:35 am

      Yang ini sepertinya memenuhi syarat

      • winda December 20, 2016, 11:25 am

        Halo ko enche,
        untuk link yg ko enche kasih tidak bisa dibuka dan kebetulan sy juga lg cari tripod yg gmpng dibawa kmn2 dan kamera sy XE2.. bisa tlg di kasih lg linknya 🙂
        thanks

  • eirene July 14, 2014, 1:28 am

    mmm mau nanya dong . saya mau beli tripod untuk travelling aja saya pake kamera canon 600d . kira kira tripod apa yah yg bagus tpi hrga nya pas di kantong . mohon bantuannya yahhh trima ksih 🙂

    • Enche Tjin July 14, 2014, 8:46 pm

      Yang diatas ada yang cocok gak?

  • Alu June 24, 2014, 2:29 pm

    Pak Enche, kira2 kalau kriteria pemilihan monopod bagaimana ya? Seringkali kita harus sering berpindah2 tempat dengan cepat untuk foto di dalam ruangan.
    Terima kasih.

    Salam.

    • Enche Tjin June 24, 2014, 2:33 pm

      Mungkin akan saya bahas selanjutnya 🙂

  • Soni June 20, 2014, 3:22 pm

    Panduan bagus, Enche.

  • @anwar June 20, 2014, 9:02 am

    pagi ko,,,,maaf mlenceng dari topik
    bgmna pendpt ko bout taking picture, whether it shld be prcsly same with the object or not…if it’s technically right

    • Enche Tjin June 24, 2014, 2:33 pm

      Maaf, maksudnya apa ya? hehe

      • @anwar June 26, 2014, 11:03 am

        bgmna pndpt ko Enche ttg foto yg benar secara teknis, apakh haruz sama persis dgn object yg qt foto, baik saturasi warna maupun exposure kompenstion,y….thankz

  • syarif June 19, 2014, 5:11 pm

    bagus banget om artikelnya. sekarang gak galau lagi mau beli tripod

Leave a Comment