≡ Menu

Bahas foto Karang Bereum

Saat berkunjung ke Sawarna tgl 25 & 26 April yang lalu, tidak disangka-sangka hujan cukup deras dan terus menerus dari sore sampai malam hari. Untungnya di hari kedua, cuaca cukup baik meskipun agak berawan. Saat matahari terbit, langit mulai menjadi lebih biru dan awan membentuk pola dan warna yang menarik.

Saya berdiri diatas karang yang cukup tinggi dan memotret dari atas. Meskipun hari sebelumnya mendung, tapi ombak cukup tinggi, saya tidak perlu menunggu terlalu lama untuk menunggu ombak melewati karang seperti hari-hari lainnya.

karang-beureum-01

Untuk komposisi foto ini, saya mencoba menyeimbangkan karang Beureum (karang merah) yang berada di sebelah kiri, dan awan yang berada di sebelah kanan.

Supaya airnya terlihat halus, saya membutuhkan shutter speed yang lambat (mendekati satu detik). Tapi saat itu langit sudah cukup terang, dan meskipun ISO sudah 100 dan bukaan relatif kecil (f/8), shutter speed yang saya dapatkan masih cukup cepat yaitu sekitar 1/60 detik. Shutter speed 1/60 detik belum mampu memuluskan air. Oleh sebab itu, saya memasang filter ND 6 stop sehingga bisa mendapatkan shutter speed yang relatif lambat (0.8 detik). Karena air mengalir cukup cepat, maka aliran air yang mulus bisa didapatkan.

Data teknis: ISO 100, f/8, 0.8 detik, Filter 6 stop.

Hasil foto saya agak butek warnanya karena saya memotret dengan file RAW yang belum diproses. Saat di proses/edit di Lightroom, saya mencoba menaikkan warna supaya terlihat lebih menarik. Nilai Vibrance dan Saturation saya naikkan, beserta saturasi masing-masing warna kunci seperti biru, unggu, magenta dan orang saya tinggikan supaya warna-warna tersebut lebih menonjol seperti apa yang saya lihat pagi itu.

Screen Shot 2015-05-11 at 10.04.30 AM

karang-ba


Infofotografi secara rutin mengadakan tour fotografi, termasuk ke Sawarna. Yang paling dekat adalah tanggal 13 & 14 Juni 2015. Bagi yang berminat ikut, silahkan hubungi 0858 1318 3069 atau infofotografi@gmail.com untuk mendaftar.

Belajar Lightroom bisa lewat buku secara otodidak, atau hadiri workshop sehari Infofotografi. Info jadwalnya di sini. Hub 0858 1318 3069 untuk mendaftar.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 4 comments… add one }
  • budi May 21, 2015, 9:45 am

    Koh, mau tanya. misal mau memfoto orang (selfie) + pemandangan di belakangnya, baiknya pakai panjang focus n bukaan berapa y?
    dalam kondisi seperti itu, apa perlu subjek + latar belakang in focus, atau cukup subjek aja yg ditekankan? 🙂
    makasih

    • Enche Tjin May 21, 2015, 9:55 am

      Kalau pemandangannya mau dapat ya harusnya yang lebar (angka kecil seperti 10-24mm). Soal latar belakang fokus atau blur itu tergantung selera. Tapi kalau sudah ke Paris trus menara eiffelnya blur tujuannya jadi gak tercapai dong?

      • budi May 21, 2015, 11:26 am

        sipp. makasih banyak koh infonya

  • Wisnu May 12, 2015, 10:16 am

    Awannya bagus pak. kayak di film2 sci-fi 😀

Leave a Comment