≡ Menu

Belajar foto still life

Hobi fotografi tidak melulu perlu traveling atau ke event tertentu. Didalam rumah atau sekitar rumah juga bisa. Jenis fotografi yang bisa dipraktikkan adalah still life. Jenis fotografi ini tidak terikat dengan tempat dan waktu seperti jenis fotografi lainnya seperti landscape dan portrait.

Fotografi still life adalah fotografi yang objeknya benda mati, tidak bergerak. Di jenis fotografi ini, fotografer dapat mengatur posisi objek atau sekelompok objek, latar belakangnya dan mengatur pencahayaannya dengan bebas.

enche-tjin-still-life-camera-nikon

Beberapa tips saya untuk memulai still life photography

1. Objek yang menarik

Cari objek yang Anda sukai, biasanya benda-benda yang Anda koleksi, hewan peliharaan, makanan/minuman, mainan, tas, sepatu, baju, perhiasan, bunga? Setiap orang berbeda-beda kesukaannya, contohnya istri saya sukanya mainan Lego. Dengan memilih objek yang menarik bagi kita, biasanya kita lebih semangat memotret dan mencari angle yang menarik.

2. Komposisi dan props

Setelah tentukan setting seperti backgroundnya, props (benda untuk melengkapi). Contoh: taplak meja, majalah/koran, alat tulis, sendok garpu. Jenis properti/props tergantung apa yang difoto. Hindari terlalu banyak mengandalkan props dan menata props dalam jumlah banyak karena objek utamanya malah jadi tidak menonjol.

3. Pencahayaan

Kualitas cahaya yang terbaik yaitu dari cahaya matahari. Objek bisa diletakkan diluar ruangan, atau juga bisa di dekat jendela. Selain cahaya matahari, flash juga bisa digunakan. Karena cahaya flash dirancang untuk menyerupai cahaya matahari. Keuntungan mengunakan flash adalah kita tidak harus tergantung pada waktu dan cuaca. Malam-malam atau saat mendung juga bisa motret. Yang saya maksud dengan flash bukan yang built-in di kamera, tapi flash external yang bisa dipisahkan dari kamera. Dengan demikian, kita bisa mengarahkan cahaya lebih leluasa.

4. Teknik foto

Jika mengandalkan cahaya matahari atau ruangan saja, maka yang penting adalah mengunakan tripod. Keuntungannya ada dua, pertama adalah bisa mengunakan ISO 100 dan shutter lambat, kedua adalah untuk komposisi foto yang lebih akurat.

Kamera yang digunakan sebenarnya pakai yang mana saja oke, mau pakai DSLR / mirrorless. Dalam kasus ini saya pakai kamera mirrorless Sony A6000 dan lensa Sony Zeiss 16-70mm f/4 OSS.

Hati-hati dengan setting bukaan, jika objek yang difoto berukuran kecil, bukaan sedang seperti f/5.6 aja pun akan membuat sebagian dari objek menjadi blur. Jika ingin objeknya tajam semua, bukaan perlu ditutup sampai sekitar f/16. Foto diatas mengunakan bukaan f/6.3, maka majalah dibelakang kamera tidak tajam.

Contoh kasus

Objek foto: kamera Nikon FM2, lensa 50mm Ai f/1.4

Ide: Objek diatas adalah kamera dan lensa pertama saya.

Properti/props: Tas Domke sebagai background, dan majalah National Geographic diletakkan di bawah tas untuk memberikan aksen warna.

Pencahayaan: Flash Shanny diletakkan diatas lightstand dan flash bracket, dan softbox 45 x 45 cm. Flash ini berfungsi sebagai main light.

Flash Shanny lainnya saya letakkan diatas lightstand dan saya arahkan ke langit-langit sebagai fill light. Saya mengunakan radio trigger untuk memotret.

Editing: Kemudian saya edit di Lightroom dan upload ke instagram. Disana, saya memilih filter yang cocok. Dengan sedikit pengaturan bisa mendapatkan foto seperti diatas.


Belajar fotografi yuk : kupas tuntas kamera | kursus kilat dasar fotografi | workshop flash | editing Lightroom

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 15 comments… add one }
  • Muhammad Iqbal Abizar April 3, 2017, 10:18 pm

    Tips penting untuk memotret still life di outdoor gimana ko?

  • Robin September 22, 2016, 4:19 pm

    koh , kalau Nikon D5300 bagusnya pakai Flash apa ya koh ?
    buat foto studio didalem ruangan ( Indoor )
    tq koh.

  • asep August 18, 2016, 10:39 am

    foto still life bereti bukan untuk pemula banet ya .. menarik untuk dipelajari

  • affas July 23, 2016, 10:40 am

    ko, mau tanya ni,, tolong sedikit pencerahannya ya, saya pakai nikon d5100 + 18-55 dan 50mm 1.8d ,, saya kewalahan karna fokus harus manual, rencana mau update ke nikon d90, menurut ko bagaimana ? apakah ada perubahan signifikan dalam urusan kualitas gambar dan lainnya ?

    • Enche Tjin July 25, 2016, 11:16 pm

      Kualitas gambar kurang lebih sama, tapi autofokus, dan handle kamera lebih baik D90.

  • Irvan April 19, 2016, 7:45 am

    Saya pakai Nikon D5200. Bagusnya pakai flash apa?
    Apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih flash?

  • Rio Efendi Biu November 21, 2015, 4:38 am

    mau tanya..flash apa yang cocok untuk kamera nikon d3100..??

    • Enche Tjin November 21, 2015, 5:44 am

      Kalau dari Nikon ada SB700, kalau flash merk lain macam-macam, salah satu yang bagus adalah Shanny SN600N yang fiturnya bagus dan sudah saya tes juga.

  • alfhi September 1, 2015, 6:51 pm

    wah koko g dbles..!!

  • Bintang Esperanza August 29, 2015, 4:23 pm

    Bagusan pilih camera samsung nx500,fujifilm x-t1 atau x-t10? Thanks

    • Enche Tjin August 30, 2015, 9:36 am

      Kalau fokusnya di fotografi bagusan Fuji XT-1, kalau mau rekam video juga, Samsung NX500 lebih bagus di bagian video.

  • alfhi August 18, 2015, 7:59 am

    koko, gear yg saya pake Lumix Fz1000 n flash nya lumix dmw-FL360L. radio trigger yg compatible sama lumix apa ya ko. soal nya lumix ga memproduksi.
    xiexie..!!

  • Fritz JS August 1, 2015, 5:30 pm

    Ko Enche, saya pernah kursus light room disini. Saya mau tanya tentang kamera underwater baik yg type prosumer atau DSLR, apakah pernah dibahas disini? Mohon informasi ttg kamera Nikon aw130. Xiexie.

    • Enche Tjin August 2, 2015, 6:58 am

      Wah saya kurang pengalaman tentang Nikon AW130 tersebut. Yang saya tau dan cukup menarik Nikon 1 AW, kamera mirrorless yang bisa ganti-ganti lensa tanpa casing bisa menyelam di kedalaman tertentu.

  • Lesti July 21, 2015, 10:41 pm

    Saya suka still life art photography, saya sedang belajar styling dan lightingnya…kebanyakan foto2 saya lebih ke still life

    Thanks infonya

Leave a Comment