≡ Menu

Postcard dari Jepang : Pasar ikan Tsukiji

Saya telah tiba dengan selamat ke tanah air siang tadi. Hari terakhir di Jepang kemarin, kami habiskan untuk berkeliling beberapa tempat menarik di Tokyo. Salah satunya pasar ikan Tsukiji yang legendaris. Pasar ini merupakan magnet bagi fotografer, traveler dan pencinta kuliner karena menyediakan banyak seafood yang segar-segar dan enak.

tsukiji fish market

Saya pribadi menyukai pasar grosir Tsukiji yang atmosfernya menarik karena lampu-lampu kuning dan lantai yang sedikit basah dan memantulkan cahaya. Saat saya tiba kurang lebih jam 11 siang, pasar grosir sudah menjelang tutup, jadinya banyak yang sedang bersih-bersih, dan melepas lelah. Sebaiknya datang lebih pagi, sekitar jam 9. Karena jika lebih pagi lagi, takutnya mengganggu pelaku pasar karena tempatnya sempit.

Pasar ini kabarnya akan dipindahkan tahun depan, maka itu jangan lupa berkunjung jika berencana ke Tokyo tahun ini.

tsukiji fish market

Kedua foto diatas dibuat mengunakan Olympus OMD EM5 II dengan lensa Panasonic Leica 15mm f/1.7.Panasonic Leica 15mm f/1.7.

Data teknis: Mode A, f/2.5, ISO auto. Mengapa f/2.5? karena kondisi lingkungan gelap dan di kamera micro four thirds f/2.5 memiliki ruang tajam yang cukup luas.

Kamera memilihkan shutter speed 1/60 detik, ISO 320 untuk foto pertama dan 1/80, ISO 250 untuk foto kedua.

Ikuti pelatihan fotografi dan tour fotografi Infofotografi.com. Periksa jadwalnya di halaman ini.

Tour fotografi  terdekat adalah ke Lasem (Mei) dan ke Hoi An, Vietnam (Agustus).

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment