≡ Menu

Mengenal fitur AF fine tune / microadjustment di kamera DSLR

Pernahkah anda merasakan hasil foto yang didapat dengan kamera DSLR seperti kurang fokus sedikit dan tidak tahu apa penyebabnya? Bisa jadi ada masalah dengan akurasi auto fokus di lensa yang dipakai, sehingga walau kamera sudah bunyi ‘beep’ (tanda fokusnya sudah didapat) tapi ada sedikit meleset sehingga kurang terasa crisp (tajam). Hal ini kerap dialami oleh pengguna kamera DSLR karena mekanisme AF yang terpisah membuat ada peluang untuk sedikit meleset (miss focus), sedangkan kamera dengan cara live view atau AF deteksi kontras seperti kamera mirrorless tidak mengalami fenomena seperti ini (DSLR bila pakai live view juga terhindar dari issue ini).

Ceritanya saat kamera DSLR sedang mencari fokus, modul AF akan mendeteksi selisih fasa dan memerintahkan motor AF di lensa untuk berputar. Masalahnya tanpa deteksi kontras di DSLR membuat kamera (dan juga kita) tidak benar-benar tahu apakah fokusnya sudah pas banget atau belum. Bila belum pas, maka fokusnya akan sedikit jatuh ke belakang (back focus) atau ke depan (front focus). Misal kita arahkan titik fokus ke mata orang, saat dilihat hasil fotonya ternyata matanya kurang tajam dan justru telinganya yang tampak tajam, itu tanda lensanya ada masalah back focus.

Mendapat akurasi fokus yang pas sesuai keinginan ternyata sulit sekali untuk keadaan seperti ini, lensa 100mm dengan bukaan f/1.8 di kamera APS-C.

Mendapat akurasi fokus yang pas sesuai keinginan ternyata sulit sekali untuk keadaan seperti ini, lensa 100mm dengan bukaan f/1.8 di kamera APS-C.

Untungnya kasus seperti ini tidak banyak dirasakan dalam keseharian kita. Biasanya akan lebih dirasakan oleh yang pakai DSLR full frame dengan lensa tele bukaan besar seperti f/1.4, walau tidak menutup kemungkinan DSLR APS-C dengan lensa bukaan sampai f/4 juga mengalaminya. Bagaimana mencari tahu apakah lensa kita ada masalah seperti ini? Bisa coba tes foto ke focus chart seperti dibawah ini, arahkan fokusnya ke tengah (angka 0) dan lihat daerah DoF-nya seperti apa. Gunakan bukaan terbesar dari lensa yang kita mau uji ya.

Lensa 17-70mm diputar ke fokal 50mm mengalami back focus di bodi Canon 70D.

Lensa saya tipe 17-70mm diputar ke fokal 50mm bukaan f/4 ternyata mengalami back focus di bodi Canon 70D.

Apa solusinya bila lensa kita mengalami front/back focus? Paling mudah ya menghindari pakai bukaan terbesar, cari aman aja dengan main f/5.6 atau lebih kecil, walau itu tidak menyelesaikan masalah. Untuk solusi yang lebih tepat ya lakukan kalibrasi AF lensa, idealnya lensanya perlu dibawa ke servis resmi lensa masing-masing. Repot? Memang. Tapi ada kabar baik bagi pemakai sebagian DSLR Canon/Nikon, bila di kameranya ada fitur AF fine tune (Nikon) atau AF microajustment (Canon), maka kita bisa beritahu kamera untuk sedikit menggeser fokus lensa ke depan atau belakang. Ingat fitur ini bukan untuk diutak atik tanpa pemahaman yang baik, karena salah-salah malah kamera kita auto fokusnya jadi kacau.

Tapi untuk sekedar menambah wawasan anda, saya akan share pengalaman dengan lensa 17-70mm yang saya pakai, ternyata ada sedikit masalah yaitu agak back focus di fokal tele-nya (di posisi wide fokusnya pas/normal). Untuk mengatasinya saya coba manfaatkan fitur AF Microadjustment yang ada di kamera Canon 70D. Saya masuk ke Menu lalu mencari Custom Function (C.Fn) lalu akses yang baris kedua C.Fn II yaitu Autofocus :

IMG_20151217_110604688_HDmR

lalu dari sekian banyak pilihan disana cari AF Microajustment dan akan terdapat tiga opsi seperti berikut ini :

IMG_20151217_110625310_HDR

Karena masalah saya hanya untuk lensa spesifik (bukan semua lensa) maka saya pilih opsi yang nomor 2 (Adjust by lens). Lalu setelah itu tekan tombol Q dan muncul tampilan seperti ini :

IMG_20151217_105310184

karena masalah lensa saya hanya di fokal tele (50mm hingga 70mm) maka dalam hal ini saya pilih yang T (tele) lalu tekan OK dan muncul tampilan berikut ini :

Disinilah pengaturan untuk kompensasi front focus / back focus, geser sesuai kebutuhan dan perlu coba-coba juga. Saya set ke -5 dan sekarang fokusnya sudah bisa akurat.

Disinilah pengaturan untuk kompensasi front focus / back focus, geser ke minus untuk back focus dan ke plus bila front focus.

Dalam kasus saya, setting diatas sata set ke -2 lalu dicoba foto lagi test chart dan mulai ada kemajuan, dan saya coba -5 dan di posisi itu fokusnya sudah bisa akurat.

Canon 70D adalah salah satu DSLR Canon yang menyediakan fitur AF microadjustment, dan saya rasakan ada manfaatnya untuk kasus-kasus seperti ini, karena bisa meningkatkan ketajaman foto kita dengan berbagai lensa yang dipakai. Setting ini menjadi salah satu setting Canon 70D yang saya anggap penting, dan itu sebabnya dulu waktu akan membeli antara 70D atau 760D akhirnya saya memilih 70D saja.

Oya, saya juga sudah membuat buklet PDF berisi 10 (sepuluh) setting penting 70D yang menjelaskan fitur dan tipsnya. Buklet ini berisi 17 halaman yang saya buat dari pengalaman pribadi dan bisa anda unduh dengan cukup membayar seharga 25.000 saja. Transfer bisa ke Enche Tjin di BCA 4081218557 atau Mandiri 1680000667780 dan kabari setelah transfer dengan SMS ke 0858 1318 3069.

————————————————————————————————————

Untuk belajar setting dasar kamera DSLR atau mirrorless, ikuti kelas Kupas Tuntas kamera Digital. Untuk mendalami penguasaan auto fokus termasuk mencoba AF fine tune ini bisa ikut kelas Mastering Teknik Fotografi. Simak jadwal kelas selengkapnya di halaman ini.

About the author: Erwin Mulyadi, penulis dan pengajar yang hobi fotografi, videografi dan travelling. Sempat berkarir cukup lama sebagai Broadcast Network TV engineer, kini Erwin bergabung menjadi instruktur tetap untuk kursus dan tour yang dikelola oleh infofotografi. Temui dan ikuti Erwin di LinkedIn dan instagram.

{ 9 comments… add one }
  • Indra Hendrian Sahita December 5, 2019, 11:13 am

    Master… Problem Canon 70D saya begitu,, pada saat menggunakan finderview selalu misfocus meski saat bidikan sudah fokus, sedangkan saat menggunakan liveview hasilnya bagus/sesuai.
    Sudah coba menggunakan lensa lain ( Sigma ), tapi tetap saja hasilnya demikian.
    Apakah permasalahan ini bisa diselesaikan menggunakan fitur microadjustment ?

    • Erwin Mulyadi December 5, 2019, 3:50 pm

      Dalam beberapa kasus, bisa. Tapi kalaupun tidak bisa, ya kita masih punya opsi live view. Memang dalam hal akurasi fokus, live view pasti lebih akurat daripada yg cara lama.

  • Lulut April 8, 2019, 2:26 am

    sy pke 24-105 L series stlh sy pke di 750D maupun 7D hslx tdk bs fokus kira2 yg hrs di kalibrasi lensax aps kmrx om….trm ksh

  • Melson August 4, 2018, 10:26 am

    Di antara website/ artikel tentang photography,
    Disini website paling banyak membantu saya dalam belajar photograpy.
    Kebayang ga, di forum photography, orang noob kaya saya malah jadi bahan ketawaan dan cemoohan orang lain yg sudah lebih dlu belajar. Maaf curhat ngoahaha.

    Thank you koh, akhirnya masalah missfocus saya sudah teratasi

  • Ogienz July 17, 2018, 12:14 am

    om Erwin dan om Enche..kamera saya Canon 60D dengan lensa Canon 50mm, Tamron 18-200mm juga Tamron 70-300mm. Saat manual melalui viewfinder sudah fokus banget begitupun cara liveview hampir semua bukaan. Hasilnya kadang meleset (missfocus). Bagaimana ya om, kalibrasi di 60D dengan cara di atas? Atau mungkin kondisi fisik mata saya yang sudah berkurang. Karena saya kalau membaca teks misal brosur dgn huruf sekitar 6-10 pt agak kabur (ngeblur) saya tidak berkacamata. Terimakasih.

    • Erwin Mulyadi July 17, 2018, 10:33 am

      Bedakan ulasan AF fine tune di artikel ini dengan teknik manual fokus. Kalau manual fokus hasilnya meleset memang itu kendala umum, apalagi jendela bidik DSLR kan kecil. Lebih disarankan pakai kamera yg ada focus peaking-nya untuk membantu, atau kalau tidak ada ya pakai live view lalu di enlarge / magnify supaya lebih jelas.

  • Akmal January 16, 2018, 7:43 am

    Koh entje saya pake afs 35mm f1.8 nikon d90 dengan spot matering..saat titik fokus saya geser ke pojok fokus malah tetap di tengah..tolong solusi donk
    Trims

  • Arsa July 30, 2017, 3:57 pm

    Om, erwin n om enche… mau tanya ni…
    Dnger2 kalo di body nikon d7000 n d7100 sering mengalami masalah missfocus, sya sendiri merasakan sering terjadi missfocus (backfocus) di d7100 (dgn lensa tamron 17-50 f2.8 non is) sya jika objek berada terlalu jauh dr kamera… tmen sya jg blng katax pada seri d7xxx nikon emang gt, bahkan wlw makek lensa nikon lama sprti afd 50mm f1.4 jg sring miss focus. Apakah dgn af tuning bs memecahkan masalah ini? Terima kasih…

    • Enche Tjin July 31, 2017, 11:06 am

      Kalau lensanya fix lebih mudah, tapi kalau lensanya zoom sulit/mustahil dengan AF fine tune saja. Sepertinya mesti di kalibrasi autofokus lensa+kameranya.

Leave a Comment