≡ Menu

Liputan Seminar Print dengan Wesley Wong

Tanggal 29 Juli 2017 yang lalu, Infofotografi.com bekerjasama dengan Wesley Wong Soo Ming, EPSON, EIZO dan X-Rite mengadakan acara Printmaking Seminar  di kantor sales and service EPSON INDONESIA di CIBIS 9, Jakarta Selatan. Acara ini menarik 25 peserta yang hadir untuk mengetahui proses pencetakan foto berkualitas tinggi.

Acara unik ini berawal dari percakapan saya (Enche Tjin) dengan Wesley Wong seputar tren fotografi digital saat ini, yang mana banyak penggemar fotografi jarang mencetak foto atau kecewa hasil cetak foto mereka kurang baik. Setelah perencanaan beberapa bulan, akhirnya Wesley, seorang master printer, terbang dari Kuala Lumpur, Malaysia ke Jakarta secara khusus untuk berbagi ilmu tentang bagaimana proses mencetak foto dengan kualitas baik.

Dalam seminar ini, Wesley dengan semangat menerangkan tentang pentingnya mencetak foto sebagai hasil akhir sebuah foto sebagai karya seni. Tapi untuk mendapatkan hasil cetak yang baik dengan warna yang akurat, tentunya diperlukan alur kerja (workflow) yang baik, dimulai dari foto (capture), editing (post-processing) sampai cetak (printing).

Seminar yang  awalnya direncanakan berlangsung dari pukul 13.00 sampai 17.00 WIB, akhirnya selesai 18.00 WIB.  Meskipun demikian, Wesley tetap dengan semangat berbagi pengetahuan dengan peserta yang keseluruhannya tampak antusias menerima pengetahuan yang bagi sebagian besar peserta merupakan hal yang baru.

Dalam acara seminar yang interaktif ini, Wesley banyak bertanya dan menerima pertanyaan peserta. Tidak hanya itu, Wesley mengajak peserta untuk ikut terlibat dalam proses kalibrasi printer dengan X-Rite ColorMunki dan juga memotong kertas hasil cetak.

Sesi acara yang paling menarik bagi peserta tentunya adalah evaluasi foto peserta oleh Wesley dengan mengunakan monitor EIZO 27″ CG277 yang beresolusi tinggi dan memiliki gamut warna lebar ini sangat memudahkan Wesley untuk menemukan kekurangan foto dan membetulkan-nya untuk hasil cetak foto yang maksimal. Setelah dikoreksi, foto-foto peserta pun dicetak satu persatu dengan printer large format EPSON P6000 dan kemudian ditanda-tangani oleh pemilik foto masing-masing dengan gembira.

Dalam seminar ini, Wesley berhasil membuka mata peserta tentang bagaimana membuat hasil cetak yang baik dan memecahkan berbagai kesalahpahaman selama ini tentang cetak foto. Saya berharap, Wesley berkenan untuk berkunjung kembali ke Indonesia untuk berbagi ilmu lagi di masa depan.

Terima kasih kepada peserta, Virdy, Agung, Lina, Martin dan Priska dari EPSON Indonesia, Siti Rohana dari EIZO, Martinus dan Herman dari X-Rite, Eko dari Oktagon dan semua pihak yang telah membantu kesuksesan acara ini.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 2 comments… add one }
  • Iwan August 23, 2017, 7:01 am

    Ko Enche kalau dibuat semacam kursus atau workshop reguler mengenai tahapan proses printing yang benar seperti workshop di atas sepertinya akan menarik. Cuma mungkin peserta / peminatnya tidak sebanyak kursus fotogafi pada umumnya dan sepertinya biayanya pun akan mahal, karena perlu printer khusus dan biaya untuk mencetak (kertas foto, tinta dll). Tetapi bagi saya ini ilmu yang sangat menarik untuk diketahui lebih mendalam. Mungkin bisa juga kursus tsb bekerjasama dengan perusahaan printer ternama tsb (Epson dll) dan sekalian mereka mempromosikan produk2 printer fotonya. Syukur2 ada peserta kursus yang langsung tertarik dengan produk2 tsb (printer foto), terlebih jika mendapatkan harga2 spesial. Setidaknya dibenak para peserta kursus ada nama brand tsb dan pasti akan jadi pertimbangan utama saat mereka dikemudian hari memutuskan untuk membeli printer foto kertas foto dll.

    • Enche Tjin August 23, 2017, 9:56 am

      Terima kasih sarannya, saya teruskan ke pihak Epson dan Wesley 🙂

Leave a Comment