≡ Menu

Leica Thambar-M 90mm f/2.2 : Lensa legendaris untuk portrait soft-focus

Hari ini, Leica mengumumkan lensa Leica Thambar-M 90mm f/2.2 yang ditujukan untuk fotografer portrait. Desain lensa ini bukan lensa baru, tapi merupakan desain tahun 1935. Leica Thambar saat itu diproduksi hanya 3000 unit saja. Karena sudah berusia hampir 80 tahun, sulit menemukan lensa Leica Thambar yang bebas dari jamur/fog, dan masalah lain. Karena karakternya unik, maka Leica memproduksi kembali lensa ini. Sebelum Thambar, Leica juga membuat kembali Leica Summaron 28mm f/5.6 yang sangat mungil akhir tahun 2016 lalu.

Soft focus Portrait oleh Eolo Perfido

Seperti namanya, yang berasal dari kata Yunani “Thambo” yang berarti blur/kabur, karakter lensa ini adalah mampu membuat pemandangan atau portrait yang dreamy seperti pada lukisan impresionisme. Kadar kelembutannya bisa dikendalikan dengan memilih bukaan lensa. Semakin besar semakin soft fotonya.

Di era kamera film, lensa ini biasanya digunakan oleh fotografer portrait yang sangat piawai. Namun saat ini, untuk mengunakan lensa ini sudah lebih mudah karena kamera digital Leica M10  atau Leica SL sudah memiliki live view, sehingga fotografer bisa melihat efek sebelu memotret dari monitor LCD atau jendela bidik.

Aksesoris tambahan yang bisa dipasang di depan lensa juga bisa digunakan untuk menghalangi cahaya yang masuk dari tengah lensa, membuat keseluruhan foto lebih blur jika diinginkan.

Contoh hasil foto dengan lensa ini oleh Jolie Luo

Desain lensa dari casing sampai elemen optiknya hampir sama persis, bedanya adalah elemen lensanya dilapisi single coating supaya saat backlight, flare/suar  tetap ada sehingga membuat efek yang dramatis, tapi tidak menghilangkan detail.

Spesifikasi lensa Leica Thambar M 90mm f/2.2

  • Elemen/group : 4/3
  • Maksimum jarak fokus lensa : 1 meter sampai infinity
  • Compatible: Leica M mount
  • Filter: 49mm
  • Berat: 500 gram
  • Dimensi: 90mm/110mm dengan hood
  • Diameter: 57mm
  • Harga: US$6450

Informasi lebih lanjut: Interview tentang Leica Thambar, Contoh hasil foto oleh beberapa fotografer.


Sudah punya kamera dan lensa? Ikuti kursus, workshop atau tur Infofotografi.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 3 comments… add one }
  • ion z October 21, 2017, 9:45 am

    halo …
    ko enche atau pak erwin.
    saya termasuk salah satu pembaca infofotografi sudah bbrpa tahun.
    saya mau bertanya apa sudah pernah meReview lensa canon EF 24-105mm f/3.5-5.6 IS STM ?
    dan bagaimana menurut ko enche / pak erwin. tentang lensa tersebut??
    dan bila di bandingkan dengan lensa canon EFs 18-135 f/3.5-5.6 IS STM..
    mengingat lensa efs 18-135 memiliki keuntungan dari segi jangkauannya (zoom).
    terima kasih

    • Enche Tjin October 30, 2017, 7:25 pm

      Saya belum pernah mencobanya. Jika dibandingkan saya rasa kualitasnya mirip dengan 18-135mm. Saya pikir memilih yang mana tergantung dari kamera apa yang digunakan. Jika sensornya full frame maka cocok yang 24-105mm, demikian pula sebaliknya, jika APS-C cocoknya 18-135mm.

  • Riez October 18, 2017, 6:29 pm

    Wow.. lensa rasa mobil hehe

Leave a Comment