≡ Menu

Apa keistimewaan Panasonic GX9 dan buat siapa kamera ini?

Panasonic baru saja mengumumkan kamera mirrorless bergaya rangefinder baru yaitu Panasonic GX9. Dari bentuk dan spesifikasinya, sepertinya merupakan kamera penerus GX8 dan GX85 sekaligus.

Dari sejarahnya, Panasonic GX1 (2011) dan GX7 (2013) merupakan kamera mirrorless populer dari Panasonic yang dibuat ringkas untuk kebutuhan travel dan street photography. Saat Panasonic mengeluarkan penerusnya GX8 (2015), ada kubu yang suka, tapi banyak yang tidak suka juga karena ukurannya jauh lebih besar dari GX7, lalu Panasonic membuat Panasonic GX85 (2016), tapi kamera ini dirasakan “downgrade” dari GX8 karena resolusi sensornya turun dari 20MP ke 16 MP dan beberapa pengurangan yang lain.

Baru di awal tahun 2018 ini, GX9 hadir dengan mengkombinasikan beberapa fitur yang disukai di GX7-GX8 dan mengemasnya dengan ukuran yang lebih compact dan dilengkapi dengan teknologi sensor dan processor baru.

Beberapa fitur unggulan Panasonic GX9 adalah:

  1. 20MP micro four thirds sensor tanpa low pass filter
  2. Jendela bidik yang bisa ditekuk ke atas (ala GX7 & GX8)
  3. Dual IS (Built-in body dan lensa) maksimum 4 stop
  4. 4K Photos
  5. Video 4K, 30p
  6. Layar touchscreen
  7. Filter B+W L Monochrome D (baru dengan simulasi grain)

Di luar, GX9 dibundel dengan lensa Panasonic 12-60mm f/3.5-5.6 dan dijual dengan harga USD $1000. Untuk pasar Indonesia belum diketahui apakah akan dijual dengan paket lensa tersebut, atau dengan lensa lainnya, atau body only.

Dibandingkan dengan Panasonic GX85, GX9 memiliki sensor baru dan jendela bidik yang dapat ditekuk ke atas. Dibandingkan dengan GX8, GX9 kehilangan weathersealing, dan jendela bidiknya lebih kecil dan kualitasnya dibawah jendela bidik dengan teknologi OLED, tapi foto yang dihasilkan akan lebih tajam berkat sensor dan processor baru plus stabilizer baru yang lebih berkualitas.

Di pasar kamera DSLR/mirrorless yang ramai dengan kamera untuk travel dan street photography, saya berpendapat bahwa GX9 paling cocok bagi pengguna kamera Panasonic GX1 & GX7 yang sedang mencari kamera pengganti yang mirip secara fisik dan fitur, tapi memberikan kualitas gambar dan kinerja yang lebih baik.

Selama ini memang ada Panasonic GX8 dan GX85, tapi mungkin kedua kamera belum menawarkan peningkatan yang signifikan, GX9 kemungkinan akan lebih memuaskan. Terlebih lagi harganya tidak terlalu mahal, setidaknya jauh lebih murah daripada kamera top Panasonic G9 atau GH5. Satu-satunya yang saya sayangkan adalah kamera ini tidak weathersealed, sehingga tetap harus hati-hati di musim penghujan seperti saat ini.


Infofotografi menyediakan panduan e-book untuk kamera Panasonic GX85. Bagi yang berminat atau membutuhkan panduan untuk kamera lain boleh mampir di halaman e-book kami.

Bagi yang ingin mengikuti acara belajar fotografi dan trip, boleh periksa jadwal disini.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 9 comments… add one }
  • regen August 5, 2019, 4:40 pm

    Om .. klo m50 dibanding gx9 lebiih oke mana ? lebih banyak di pake untuk kebutuhan video
    tks

    • Enche Tjin August 5, 2019, 5:29 pm

      Masalah dengan GX9 untuk video adalah gak ada mic jack input, dan layar tidak bisa diflip ke depan, maka itu M50 lebih bagus, tapi kalau suka Lumix karena ada stabilizer dan 4K mantap, maka saran saya type G85.

  • thomas January 10, 2019, 11:20 pm

    Koh, awalnya saya bermaksud beli gx85 buat foto dan video travel bareng keluarga. Setelah saya coba beberapa kali hasil foto tajam, warna buagus dan video sama sekali tidak goyang. Tapi sayangnya jendela bidiknya tidak nyaman sama sekali.
    Setelah baca review diatas, saya jadi kepikiran nambah budget buat beli GX9 dengan kelebihan sensornya yg sudah 20MP, jendela bidik bisa ditekuk dan ada manual EV. Pertanyaan saya apakah jendela bidiknya masih seburuk GX85?

  • Nanda May 23, 2018, 5:18 am

    Om maaf nih pertanyaannya agak menyimpang dari yg diatas. Menurut om kamera lumix gf10, canon eos m10, sm sony a5100 bagus mana secara keseluruhan? Hasilnya bgus mana untuk video dan fotonya kalo dipakai travelling dan ngevlog gitu. Trimakasih

  • Poernomo March 15, 2018, 3:04 pm

    Gimana kalau nunggu GX9 bentar lagi kok … 😀

  • Reny February 15, 2018, 9:22 am

    Om numpang nanya.. saya pengin kamera yang kualitas foto dan video 50/50 ..
    Banyak yang kasih saran sony a6300 sama lumix g85
    Kalo om jadi saya bakalan beli yg mana ?
    Budget cuma 20jt pas..

    • Enche Tjin February 15, 2018, 10:14 am

      Kalau prioritasnya motretnya kebanyakan di kondisi low light dan foto action (subjek bergerak) Sony A6300 lebih unggul dalam hal autofokus dan ISO tingginya. Sedangkan kalau Panasonic G85 unggulnya punya stabilizer di body kameranya, jadi sangat stabil saat motret atau merekam video subjek yang relatif diam.

    • Poernomo March 15, 2018, 3:04 pm

      Gimana kalau nunggu GX9 bentar lagi kok … 😀

Leave a Comment