≡ Menu

Leica CL atau Leica Q?

Saat saya posting foto gambar klenteng Boen Tek Bio, Tangerang di Instagram yang kebetulan saya foto mengunakan Leica CL dan lensa 18-56mm, ada yang menanyakan tentang apakah lebih baik Leica Q atau Leica CL dengan lensa 18mm, karena harganya tidak terpaut jauh.

Leica CL + Leica TL 18mm f/2.8

Secara desain, kedua kamera sangat berbeda sebenarnya, Leica Q punya sensor full frame, lensa 28mm f/1.7 macro, dan ada stabilizer di lensanya. Ukurannya cukup besar untuk kamera compact dan berat total dengan lensanya 640 gram.

Sedangkan Leica CL bersensor APS-C, karena itulah, ukurannya lebih kecil dan lebih ringan (403 gram + 80 gram (lensa 18mm f/2.8)) dan bisa tukar ganti lensa (compatible dengan lensa TL dan SL). Untuk lensa-lensa lainnya bisa dengan mengunakan adaptor yang sesuai.

Yang mana yang lebih good value for money

Diantara kamera-kamera Leica yang ada, saya menilai Leica Q sangat good value for money. Karena jika kita membandingkan Leica M dan lensa 28mm f/2 kalau ditotal mungkin harganya lebih dari 150 juta, tapi harga Leica Q kurang dari setengah harga Leica M+28mm tersebut saja dan sebagai bonus, Leica Q bisa autofokus 😀

Tapi bukan berarti Leica Q pilihan yang terbaik untuk semua orang. Dari pengalaman saya, memilih kamera atau lensa berdasarkan harga (good value for money) tidak langsung berarti akan puas memakainya, karena saya tau beberapa teman yang membeli Leica Q karena mengganggap Q murah dan keren, tapi setelah mencoba beberapa kali malah merasa gak cocok dan menjualnya. Sebaliknya banyak juga yang sangat puas karena merasa cocok atau merasakan kualitas gambarnya diatas harapan.

Leica Q silver edition

Jika saya sendiri diminta untuk memilih salah satu dari keduanya tanpa mempertimbangkan harga, saya pilih Leica CL karena fleksibilitas untuk bisa ganti-ganti lensa, wide, menengah, zoom, fix karena sifat saya yang suka mencoba berbagai jenis fotografi.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 4 comments… add one }
  • ahmad hifni September 13, 2018, 2:57 am

    untuk masalah nois gimna om di leica cl apa sama sperti leica Q

  • ewin April 19, 2018, 12:25 am

    permisi, saya mau nanya om, lensa yang cocok buat leica CL yang kualitas nya tajam & bokeh tapi lensa nya tidak besar. (buat streetphotography/traveling) kira-kira lensa yang mana ya om? saya sebelumnya pakai leicaQ terbiasa dan nyaman dengan bukaan1.7 nya.

    • Enche Tjin April 19, 2018, 3:01 pm

      Leica TL 23mm f/2, kalau yang bokehnya keren 35mm f/1.4, cuman agak besar. Kalau yang kecil 18mm f/2.8.

Leave a Comment