≡ Menu

Mencoba foto hitam putih kamera ponsel Huawei P20

Keunikan kamera ponsel Huawei dari P9, P10 dan P20 dibandingkan dengan pesaingnya adalah modul kamera dengan sensor monokrom 20MP dengan bukaan f/1.6 dan image sensor berukuran 1/2.6″.

Kamera dengan image sensor monokrom (tanpa warna/hitam putih) jarang ditemui di era kamera digital, kalaupun ada, harganya tidak murah, diantaranya Leica M Monokrom (lebih dari 120 juta) dan Phase One Achromatic (lebih dari 700 juta).

Kelebihan image sensor monokrom pernah dibahas di artikel ini. Singkatnya, image sensor monokrom memungkinkan tangkapan gambar yang lebih tajam, lebih minim noise dan dynamic range yang lebih baik dibandingkan dengan sensor gambar warna dengan filter bayer dengan ukuran sensor yang sama.

Leica M Monokrom

Meski kamera ponsel Huawei ini tergolong kecil ukuran sensornya, tapi hasil monokromnya dari seri P9 (2016) sampai P20 (2018) selalu membuat saya berdecak kagum. Berikut beberapa jepretan saya beberapa waktu yang lalu saat mencoba Huawei P20 Pro:

Apa yang menarik bagi saya adalah kemampuannya menangkap tekstur, perbedaan gelap terang, dan ketajamannya jika di zoom 100% masih tetap tajam, dan resolusinya 20MP cukup besar untuk cetak cukup besar, yaitu 60 x 40 cm. Maka dari itu saya harapkan Huawei tetap mempertahankan modul monokrom ini di seri kamera ponsel di masa mendatang.

Dari melihat hasil foto hitam putih dari kamera ponsel saja sudah sedemikian bagus, apalagi kalau hasil foto dari kamera Leica M Monokrom atau Phase One Achromatic ya? Hehe..

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 4 comments… add one }
  • Paul Yahya June 28, 2018, 8:51 pm

    brg sekecil gini menarik skli kemampuannya yah pak Enche ..!!
    Yu ada peluang u bandingkan dgn hasil ex iphone10 ?
    Harga cukup upper level yah pak .. sekitar AU$1000 disini

    • Enche Tjin June 29, 2018, 9:11 am

      Iya pak, kategorinya premium. Saya belum pernah bandingkan dgn iPhone X, tapi secara spec dan testing dari dxomark huawei lebih unggul.

  • Akhir Yuliono June 28, 2018, 10:29 am

    Super
    Total

Leave a Comment