≡ Menu

Sharing pengalaman mengunjungi dapur Golden Temple di Amritsar

Bulan April 2018 ini, saya bersama beberapa teman Infofotografi ke Amritsar, India. Disana kita jalan-jalan, foto-foto sambil belajar tentang budaya orang-orang beragama Sikh di daerah Punjab, India bagian utara. Liputannya saya pernah sharing di artikel ini.

Nah, salah satu pengalaman yang menarik adalah kunjungan kita ke ruang makan dan dapur di dalam Golden Temple. Merupakan tradisi sejak era penemu agama Sikh, Guru Nanak untuk memberikan makanan (vegetarian) gratis kepada pengunjung Golden Temple. Makanan diberikan kepada siapa saja, tidak peduli agama, suku, ras dari pengunjungnya, sesuai dengan prinsip agama Sikh yang mengedepankan equality (persamaan). Pembagian makanan gratis ini dinamakan Langar.

Kami cukup kaget dengan jumlah orang yang sedang makan di ruang makan utama yang dapat menampung 5000 orang sekaligus. Kegiatan makan ini berlangsung terus menerus sehingga dalam sehari bisa mencapai 50.000-100.000 orang.

Lalu kami juga mengintip dapurnya dimana suasananya ramai, dan agak berantakan, tapi orang-orang disana selalu bergerak dengan cepat mempersiapkan makanan untuk pengunjung yang terus menerus berdatangan.

Kebersihan faktor yang cukup penting dan selalu dijaga oleh sukarelawan disana.

Katanya piring dan sendok dari stainless steel ini dibilas sampai 5 kali untuk memastikan kebersihan. Dalam foto diatas, sukarelawan sedang menunggu kiriman alat makan untuk dibilas. Setelah dibilas, di oper untuk disusun di rak. Kalau sudah capek, bisa duduk sebentar untuk melepas lelah.

Sukarelawan disana berasal dari berbagai generasi, dari muda sampai tua. Pengalaman melihat langsung Langar di Golden Temple. Saya terkesan akan kekompakan mereka dalam melayani dan keteraturan mereka dalam mengantri dan menempatkan diri di dalam ruang makan yang besar.

Pengunjung Golden Temple sangat antusias melihat kami yang membawa kamera dan memotret kegiatan mereka. Salah satu keluarga meminta kami untuk memotret foto keluarga mereka setelah mereka menikmati makan sore mereka. Pada dasarnya mereka sangat ramah dan gemar dipotret, maka itu India merupakan negara yang sangat menarik untuk dikunjungi penggemar fotografi, terutama yang menyukai foto human interest.

*foto-foto diatas keseluruhannya dengan mengunakan Leica Q

Demikianlah sharing saya kali ini. Bagi yang ingin belajar fotografi, atau ingin ikut trip fotografi, silahkan memeriksa jadwal dan destinasi di halaman ini, dan jika ingin info tambahan atau mendaftar, bisa hubungi Iesan di 0858 1318 3069 (WA)/ email ke infofotografi@gmail.com

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment