≡ Menu

Hands-On Review Nikon AF 80-400mm f/4.5-5.6D di Leica SL

Lensa super telefoto zoom dengan rentang sampai 400mm biasanya populer untuk foto subjek yang jauh seperti pemandangan, satwa liar atau sport. Kali ini saya berkesempatan mencoba lensa Nikon AF 80-400mm f/4.5-5.6D generasi tahun 2000-2013, yang saya pasangkan ke kamera Leica SL dengan adaptor F-mount Nikon ke Leica L. Selain bisa dipasang langsung ke kamera DSLR Nikon, lensa ini juga bisa diadaptasikan ke kamera mirrorless lainnya.

 

Karena saya tidak memasang lensa ini di kamera DSLR Nikon maka saya belum mencoba kinerja autofokus dan efektivitas vibration reduction (stabilizer)-nya.

Lensa ini mengadopsi filter umum 77mm, dan beratnya 1.2 kg tanpa tripod collar dan 1.34 kg dengan tripod collar.

Ketajaman fotonya lumayan bagus, tapi terus terang hasil foto sebenarnya lebih tergantung pada teknik foto dan editing masing-masing. Dengan disiplin teknik yang baik tentunya bisa mendapat kualitas foto yang baik juga.

Lensa ini sudah berhenti diproduksi, karena telah digantikan dengan Nikon AF-S 80-400mm f/4.5-5.6 ED VR yang baru. Tapi jika ingin berhemat, lensa bekas berkisar antara 7.5-10 jutaan. Harga lensa generasi baru sekitar US$ 2300 (Rp 35 jt), tetap pakai filter 77mm tapi lebih berat yaitu 1.57kg

Beberapa foto yang saya buat saat trip foto @infofotografi_official ke Pangalengan antara lain:

Bagi yang ingin membeli lensa ini silahkan menghubungi Iesan di WA 0858 1318 3069. Harganya Rp 7.5 juta saja. Boleh via Bukalapak bagi yang ingin nyicil 🙂

Foto-foto diatas dibuat di daerah Pangalengan, Bandung Selatan. Bagi yang ingin ikut trip foto juga jangan sungkan-sungkan untuk menghubungi kami. Trims.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 5 comments… add one }
  • Bayu September 17, 2018, 1:20 am

    Saya baru memulai fotografi. Sepertinya panggilan hati saya jauh lebih condong tertarik menekuni fotografi lanskap dibandingan human interest, wildlife apalagi sport. Saat ini saya masih menggunakan lensa kit dan kedepannya ingin membeli lensa yang jauh lebih baik untuk fotografi lanskap. Setahu saya lensa sudut lebar lebih banyak digunakan namun di sini lensa tele juga om Enche sebutkan. Btw sebagai pemula yang baru akan menekuni fotografi lanskap sebaiknya beli lensa sudut lebar atau tele terlebih dahulu? Mana yang lebih berguna dan banyak kepakai untuk lanskap terutama bagi pemula seperti saya?

    • Enche Tjin September 17, 2018, 9:10 am

      Sudut lebar dulu 🙂

      • Bayu September 17, 2018, 10:41 am

        Untuk fotograper lanskap profesional seberapa sering intensitas mereka menggunakan lensa tele dibandingkan lensa sudut lebar?

        • Enche Tjin September 17, 2018, 1:04 pm

          Setau saya hampir 90% makanya saya penasaran pakai tele tapi ternyata bagus juga he he he.

          • Bayu September 18, 2018, 10:33 am

            Terima kasih atas jawabannya om Enche. Saya saat ini berkesimpulan bahwa kecenderungan/ trend photograper lanskap (lensa wajib dimiliki) adalah lensa wide sedangkan lensa lainnya akan/ bisa dipakai oleh photograper lanskap seiring berjalannya waktu sebagai lensa tambahan. Btw saya suka tone warna lfoto2 di atas.

Leave a Comment