≡ Menu

Tren dan rumor berbagai sistem kamera pre-Photokina 2018

Kontras dengan Photokina dua tahun yang lalu (2016) dimana yang bikin gempar kamera mirrorless dari Fuji dan Hasselblad  yang berformat medium format, tahun 2018 ini kamera berformat full frame mirrorless yang akan menjadi primadona karena Canon & Nikon akan berpartisipasi di format ini.

Full Frame (35mm format)

Nikon dan Canon sudah mengumumkan sistem kamera full frame barunya, yaitu Canon EOS R dan Nikon Z. Tapi kabarnya Panasonic akan ikutan, meskipun mungkin baru bulan Maret tahun depan baru siap. Karena the big boys (Canon & Nikon) bergabung di mirrorless full frame, hal ini memperkuat Citra full frame sebagai kamera pro yang serius.

Sedangkan Sony dan Leica masih belum ada rumor akan merilis kamera baru di format ini. Biasanya Sony mengumumkan kamera di akhir tahun, mungkin menghindari kompetisi dengan pengumuman-pengumuman merk lainnya. Kemungkinan jika ada Sony A7S III yang berorientasi ke video. Sedangkan Leica mungkin baru tahun depan mengumumkan Leica SL II dengan sensor beresolusi lebih besar.

Dengan masuknya raksasa Canon, Nikon, Sony dan Panasonic ke format mirrorless full frame ini, maka hanya tiga perusahaan yang belum punya kamera berformat full frame yaitu: Fujifilm, Olympus dan Ricoh (Pentax).

Medium Format

Tahun ini kemungkinan besar Leica akan umumkan kamera medium format baru, pembaharuan dari Leica S (007). Kamera ini dirumorkan memiliki sensor 64MP.

Fuji juga akan meluncurkan kamera medium format berbentuk ringkas, seperti Fuji XE-3 yang lebih besar. Sensor yang digunakan tetap 50MP. Dikabarkan harganya akan lebih murah daripada kamera medium format lainnya (mungkins ekitar US$4500). Nama kameranya Fuji GFX 50R.

APS-C

Format APS-C harusnya merupakan format paling populer karena harganya kebanyakan 5-15 juta, tapi di Photokina kali ini malah hanya sedikit gemanya. Fujifilm baru-baru ini meluncurkan Fuji X-T3 yang makin ngebut. Belum ada rumor dari merk lain, tapi mungkin saja Sony mengeluarkan kejutan dengan mengeluarkan Sony A7000 atau A6700.

Micro four thirds

Olympus mungkin akan mengumumkan pengembangan Olympus OMD EM1 III, dan Panasonic mungkin akan mengumumkan Panasonic G95, penerus G85 yang memiliki processor dan sensor G9 & GX9.

Rumor-rumor diatas akan saya buktikan nanti di perjalanan saya bersama Iesan ke Photokina, Cologne, Jerman 26-28 September 2018 yang didukung oleh Huawei P20 Pro. Ikuti di instagram @enchetjin dan @infofotografi_official

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 8 comments… add one }
  • bayu September 21, 2018, 8:57 pm

    Sepertinya semua brand kamera fokus ke fullframe untuk kamera mirrorless. Kenapa ya?

    • Enche Tjin September 22, 2018, 10:27 pm

      Supaya pengembangan teknologi kedepannya bisa lebih bagus, terutama sistem autofokusnya dan kecepatan foto berturut-turutnya. Selain itu juga menguntungkan bagi brand, karena citra full frame bagus.

  • Setyawan Aang September 21, 2018, 10:31 am

    Berita terbaru,
    Panasonic Sigma dan Leica telah bersepakat bergabung dalam satu format mount untuk kamera mirrorless full frame. Mereka bertiga akan menggunakan mount format full frame nya Leica (SL fullframe). Terjawab sudah format full frame kamera barunya Panasonic (ternyata akan menggunakan full frame SL mount) dan tentu kedepannya juga akan mengembangkan lensa 2 untuk format SL. Sementara itu belum ada kabar dengan Sigma, apakah hanya memproduksi lensa2 mount SL atau juga kamera. Sepertinya mereka bertiga bersatu padu membuat kekuatan dalam menghadapi perang format fullframe di kamera mirrorless ( sony dan canon dan nikon). Dengan bergabungnya mereka, akan mempercepat ekosistem mereka format SL (terutama lensa). Menjadikan mereka ancaman baru bagi Sony (dimana ekosistem nya sudah cukup lengkap) dan tentunya langkah berat bagi canon dan nikon sebagai pendatang baru di mirorless full frame.

    • Enche Tjin September 22, 2018, 10:29 pm

      Kuda hitam baru. Kita akan tau tgl 25 September mendatang.

  • Kris September 19, 2018, 8:06 pm

    Maaf mgkn mksdnya 26-29 september ya kak?

    • Enche Tjin September 19, 2018, 10:30 pm

      Iya September, trims, sudah dikoreksi 😀

  • Cipto September 19, 2018, 3:16 am

    Koh Enche mau datang ke Cologne akhir bulan ini? Saya juga ada rencana ke Photokina, tp hari Sabtu nya… Mungkin bisa ketemu.. 🙂

Leave a Comment